Suatu ketika kami di datangi seorang kawan yang sedang tugas akhir (skipri) dan sang kawan mempunyai kesulitan dalam observasi penelitiannya.dan penelitiannya bertemakan tentang Rumah makan.Disni kita tidak membahas tentang skripsinya namun aku hanya bercerita tentang observasi yang kulakukan karena kawanku tak ada waktu untuk melakukan observasi.

Data yang perlu diambil adalah:

– Latar belakang sejarah berdirinya rumah makan
– Omset harian , plus pelayanan
– Sumber bahan baku
– Ukuran tempat, parkir ,dan apakah Strategis atau tidak
– Serta taste masakan tersebut dan perbandingan dengan yang lainya
– Sumber daya manusia (karyawan/pegawai)

dan beberapa hal yang tidak disebutkan disini
dan ada pesan-pesan sponsor oleh kawan yang punya hajat membuat skripsi ini adalah kalo bisa jangan sampai ketauan sama yang punya rumah makan, bahwa sedang di observasi.Yang paling mengembirakan adalah kami di bayar untuk ini.Ya ialah kalo nga, dikasih duit masa pake duit sendiri.

Wah kalo gini kaya dektektif dah, kaya di film-film tapi film apa ya , ada yang tau ga. gua ajah ga tau.

ketika pertama kami observasi layaknya seorang pelangan yang sering makan dan kebetulan kami memang sering makan ditempat itu.tidak sulit aku melakukan itu. Seisi ruang aku amati berapa ukuran Rumah makanΒ  tersebut tau ga aku sampe pura -pura jalan berapa langkah dari depan sampe belakang. semua kutanya sambil makan sama pemiliknya. tanpa banyak tanya eeh ga taunya sang pemilik cerita dari awal berdiri sampe semuanya di ungkap kalo gini enakan semuanya kudapat tanpa harus bertanya kaya reporter TV.

dan selanjutnya ke rumah makan kedua, ah ini alhamdulilah mudah. karena yang punya adalah teman kawanku juga, semua kubabat habis. sampe tuntas.

Ketiga hampir sama dengan yang pertama
keempat idem
kelimaΒ  ini yang tersulit tidak ada sepatah katapun yang dari sang pengawai dan yang empunya rumah makan. wah aku hampir kehabisan akal, padahal aku sudah mempunyai rumus a-z dan akhirnya aku lupa dan sang pemilik aku tanya mengenai untuk pemesanan gimana caranya dan aku seolah-olah akan pesan.

dan akhirnya setelah agak bertele-tele akhirnya semuanya ku kuras rahasianya.Selesai dah

===============================================================================================
Kawan…

Semua orang bisa melakukan itu semua, dan yang terpenting adalah ketika melakukan itu harus ada perencanaan. sudah menentukan langkah yang diambil dari A-z , mengatisipasi bila apa yang direncanakan diluar dugaan. kejelian dalam melakukan momentum komunikasi sangat bagus.Lihatlah sikap mereka ketika 20 detik pertama apakah antusias apa tidak.lakukan komunikasi yang efektif bila target memang suka hal tersebut. berikanlah pertanyaan pancingan bila hal itu perlu dengan bahasa tubuh yang tidak di buat-buat. Menjaga jarak pertanyaan bila target merasa taknyaman.
berikanlah pujian atau institusinya agar terlihat cair.Buatlah diri kita seyaman mungkin.dan bila kita terdesak lakukan tehnik pengarahan pembicaraan ketopik lain. dan berhentilah.

bagi kawan-kawan yang membaca ini. memang postingan ini dibuat sesederaha mungkin biar gampang bacanya, nga usah yang tinggi – tinggi.

Silahkan koment apa aja, kalo ada pengalaman mengorek informasi tapi sang target tidak tahusedang dikorek infonya ,gimana pengalaman anda.berbagi dengan kami . koment anda bermanfaat bagi kami . terima kasih

Iklan