Informasi atau sekedar katanya


Pada saat berita yang berisi keterangan – keterangan yang didapat dari berbagai sumber, media cetak ,media online ataupun dari media elktronik(Tv ,radio dll) ataupun dari cerita orang.Sebagian besar perlu ditelaah lebih lanjut kebenaranya.keterangan – keterangan tersebut perlu diolah menjadi bentuk lain yang lebih berguna sehinga dari keterangan tersebut bagi penerima bisa dijadikan acuan untuk mengambil keputusan.

Contoh:
-Saat ini potensi kerawanan di Tahun Pemilu 2009 ini cukup besar

-Konflik horizontal dikalangan masyarakat cendrung dominan mendekati pemilu

Itu adalah informasi yang bersifat umum dan masyarakat cendrung bersifat apatis(cuek,alah itumah biasa,masa bodo,ah bukan ditempat gue) Tetapi bila informasi ditelusuri secara jeli dan melalui proses panjang dan memang dialami bagi masyarakat berarti , informasi seperti itu perlu menjadi warning bagi masyarakat.Seperti apa yang dikatakan.

Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

Informasi yang bisa dipertangungjawabkan harus memenuhi beberapa kriteria

– Informasi harus bersifat objektif (tidak mengada ngada) ada fakta ,data sumber yang valid bisa dipertanggungjawabkan

– Sumber informasinya, masalahnya,persoalannya apa yang terjadi dan siapa yang berkaitan dengan informasi tersebut atau telibat,lokasi ,waktu ,
kenapa , dan bagaimana
– Prosesnya (secara serampangan atau sistematis)
– Analis suatu masalah ,gambaran lengkap mengenai informasi tersebut ada atau tidak sinyal dari suatu kejadian

– Urgent ,nilai penting informasi tersebut harus bermanfaat buat orang lain atau institusi
– konfirmasi ,informasinya perlu di cros chek dengan penyedia jasa informasi atau orang yang mengunakan informasi yang sama

informasi

Itulah kawan .semoga dipemilu yang sebentar lagi mendekati kita berharap tidak terjadi apa yang kita tidak inginkan.

Hidup sudah susah kenapa harus menyusahkan diri


36 respons untuk β€˜Informasi atau sekedar katanya’

  1. Informasi dan katanya bila disampaikan dengan meyakinkan pasti siapapun mempercayainya. Apalagi yang bicara itu adalah para sesepuh, para tokoh, para normal, dsb. Jika sudah begini… susah jadinya, tapi bila rakyat diberi penjelasan bagaimana berpikir secara rasional, analitis dan kritis, pasti rakyat dapat membedakan mana informasi yang sebenarnya dan mana yang katanya.
    Semoga cepat sadar.

  2. iya, ngapain susah2…
    kalo informasinya banyak dipelintir…

    trus, ngapain juga susah2 milih…

    :peace:p

  3. Pemilu tinggal 35 hari lg ya,, yah mudah2 an pemilu esok bs lancar tanpa ada masalah dari dlam kpu maupun luar, bentrokan antar pendukung. Untung dah nggak ada kampanye yg ugal2an lg ya..jdnya nggak bising..hi5

  4. ya sekarang gampang bgt tuh cari informasi.. sampe bingung sendiri gara2 kebanyakan informasi he..he..

  5. bad news is good news.
    itulah hukum yang berlaku dalam media masa.

    berita yang negatif bagi media adalah berita yang menarik karena laku keras..
    dan tak semua berita itu benar..

  6. Mo dibawah kemana negara kita yak??? Kok tiap pemilu rasanya gk ada perubahan…. mudah2an adja negara kita bisa berubah kearah yang lebih baek. Merdeka………

    Salam kenal, jangan lupa mampir

  7. Bingung nih mas, tulisan yg ini diterbitkan tanggal 14 juli 2009, tapi kok keduluan komentarnya. Ada yg bulan maret 2009. Kok bisa gitu? Atau ini recycle ya?

    =====================================================================================================

    @ kawanlama95. emang benar sob, ini pernah di publish di blogku yang lain tapi di blog ini di posting lagi maaf semoga bermanfaat

  8. Waaaakaaakaakakaak.. pusiiiiiiiiiiiiiiing dah.. hahaha..
    Salam Sayang

    ===================================================================================================
    @kawanlama95: kenapa pusing kang?

  9. amieeennnn…..
    semoga deh, tak ada yang terjadi
    kalo pemilunya menganut sistem pemilu damai
    harunsya setelah pemilu akan terus dan selalu damai
    salam,

    ==========================================================================================================

    @ kawanlama95: bro pemilunya uhdah selesai , ya dikau sudah bisa menilainya bukan. jangan lupa ya oleh2 nya dari makasar
    kirim yang banyak oke

  10. kata siapa hidup susah om, hidup biasa-biasa saja kok. hehe

    setuju sama sampeyan, kadang informasi sekarang harus bener-bener disaring, soale kalo ndak ati-ati malah bisa dijerumuskan informasi yang sudah diatur untuk kepentingan tertentu.

    ====================================================================================================================
    @kawanlama95 : hidup susah kata yang bilang susah, bener mas. ya emang , gitu dah

  11. Bener mas, bahkan di dalam Al Qur-an sendiri 4JJI sudah menyatakan bahwa jika datang kepada kalian sebuah berita, maka TABAYYUNlah (telitilah) dahulu, hanya aku lupa nama surat dan ayatnya. Apalagi itu kabar/info dari Yahood! πŸ™„

  12. Pemilu Milik kita ayo diamankan bersama-sama jangan bikin rusuh, siap menang tentunya juga sebaliknya musti siap menerima kekalahan

  13. Hidup sudah susah kenapa harus menyusahkan diri? sepakat pakdhe..

    btw warna font-nya nyulek mata…saya kira monitorku yang udah lumutan he..he..kenapa harus ijo ya?

  14. informasi itu harus bersifat kualitatif dan kuantitatif, kalo nggak terukur namanya desasdesus atau konon katanya.
    tingkatan informasi :
    urgent – important
    urgent – not important
    not urgent – important
    not urgent – not important

    yang disukai untuk bahan ngegosip tingkatan yg terakhir πŸ˜€

  15. wow, hijau menyala tulisannya, jadi silaw, paragrafnya tak beraturan. Kualitas pemilihan tema blog, pemilihan kata, kopas yang tidak sempurna akan mengurangi nilai informasi.

    @guskar: bukannya itu tingkatan ‘prioritas’?

  16. terima kasih untuk mas badar atas masukannya . ini ga copas mas tapi kalo copas dari blog aku yang sebelumnya iya. sebagian memang dikutip dari sebuah buku dan artikel lain dan di diolah sedikit . soal hijau iya memang . terima kasih mas

  17. yaaa.. aku kesini pas pemilunya da selese πŸ™‚
    jadi tin99aL menun99u hasiL,smo9a saJa informasi yan9 diberikan dari hasil quick count akurat πŸ™‚

  18. Saya setuju, informasi tidak bisa tampil sekadarnya, ia mesti di olah, di lihat dari berbagai sudut pandang, dari beragam sumber dan acuan.

    Tetapi, kadang ada berita yang diolah sedemikian rupa hingga ia bercampur aduk dengan opini, ini dia kelemahan yang mesti kita sadari.

    Salam hangat, kawanlama!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s