Pada saat berita yang berisi keterangan – keterangan yang didapat dari berbagai sumber, media cetak ,media online ataupun dari media elktronik(Tv ,radio dll) ataupun dari cerita orang.Sebagian besar perlu ditelaah lebih lanjut kebenaranya.keterangan – keterangan tersebut perlu diolah menjadi bentuk lain yang lebih berguna sehinga dari keterangan tersebut bagi penerima bisa dijadikan acuan untuk mengambil keputusan.

Contoh:
-Saat ini potensi kerawanan di Tahun Pemilu 2009 ini cukup besar

-Konflik horizontal dikalangan masyarakat cendrung dominan mendekati pemilu

Itu adalah informasi yang bersifat umum dan masyarakat cendrung bersifat apatis(cuek,alah itumah biasa,masa bodo,ah bukan ditempat gue) Tetapi bila informasi ditelusuri secara jeli dan melalui proses panjang dan memang dialami bagi masyarakat berarti , informasi seperti itu perlu menjadi warning bagi masyarakat.Seperti apa yang dikatakan.

Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

Informasi yang bisa dipertangungjawabkan harus memenuhi beberapa kriteria

– Informasi harus bersifat objektif (tidak mengada ngada) ada fakta ,data sumber yang valid bisa dipertanggungjawabkan

– Sumber informasinya, masalahnya,persoalannya apa yang terjadi dan siapa yang berkaitan dengan informasi tersebut atau telibat,lokasi ,waktu ,
kenapa , dan bagaimana
– Prosesnya (secara serampangan atau sistematis)
– Analis suatu masalah ,gambaran lengkap mengenai informasi tersebut ada atau tidak sinyal dari suatu kejadian

– Urgent ,nilai penting informasi tersebut harus bermanfaat buat orang lain atau institusi
– konfirmasi ,informasinya perlu di cros chek dengan penyedia jasa informasi atau orang yang mengunakan informasi yang sama

informasi

Itulah kawan .semoga dipemilu yang sebentar lagi mendekati kita berharap tidak terjadi apa yang kita tidak inginkan.

Hidup sudah susah kenapa harus menyusahkan diri

Iklan