Tips menghindari pencurian , berfikir menjadi pencuri


Beberapa hari lagi Romadhon akan hadir ,tentu saja di sambut dengan suka cita namun seringkali di bulan penuh kebaikan masih saja ada segelintir orang yang memanfaatkan hal-hal yang kita inginkan.Di berbagai tempat berdasarkan pengalaman kami saat ini .Tindak kejahatan di bulan Romadhon meningkat. dari pencurian di rumah-rumah, motor bahkan sampai perampokan.Untuk itu kita harus waspada dan waspada.

Untuk menghindari tindak pencurian kita harus berfikir seperti pencuri .

Pencurian umumnya di lakukan setelah pelaku kejahatan merasa yakin bahwa rumah yang menjadi sasarannya sedang kosong atau memberi kesan kosong dan mudah dimasuki kecil kemungkinan adanya tetangga yang mengetahui .Biasanya pencuri akan memperhitungkan kemungkinan resiko sebagai berikut:

a) Sebelum mendekati rumah sasaran

Jika jendela dan pintu – pintu rumah menghadap kedaerah dengan pandangan terbuka serta menunjukan ciri-ciri bahwa mungkin penghuninya ada di dalam ,dan memperkirakan kemungkinan diketahui atau tertangkap adalah besar , maka calon pencuri akan mencari sasaran lain .

b) Ketika akan masuk kerumah sasaran

Biasanya pencuri mempelajari jalan termudah dan tercepat untuk kedalam rumah tersebut serta tidak sulit akses untuk melarikan diri dari rumah tersebut.Dan memasuki rumah tersebut adalah langkah selanjutnya. Dan biasanya bila jendela dan pintu rumah terlihat di kunci dengan baik dan akan memakan waktu untuk mendobraknya ,biasanya pencuri akan pergi ketempat lain

c) Ketika sudah dirumah sasaran

Ketika didalam rumah sang pencuri biasanya sudah nekat dan tidak akan mundur dan bila ada yang menghadang biasanya akan dilawan dan sang pencuri di bayangi rasa takut sehinga dia akan nekat melakukan apa saja agar tidak tertangkap

Pastikan kendaraan anda dalam keadaan terkunci walau didalam garasi sekalipun, ingat kendaraan yang anda parkir entah itu di mall, di warung pingir jalan , di masjid di kantor -kantor harus memakai alarm dan kunci ganda sehinga anda merasa nyaman . Pastikan kunci pagar , rumah jendela telah tertutup rapat . perhatikan orang-orang yang sering bolak-balik di depan rumah ataupun orang melewati rumah anda beberapa kali dengan wajah yang berbeda. Perhatikan gerak-gerik mereka kalau sempat tataplah matanya ada yang aneh dengan sikapnyakah. ada hal yang ekstrem atau seperti orang lilnglung ataupun seperti orang yang berpenampilan meyakinkan.

bila anda punya tips untuk menghindari pencurian dirumah segera berkoment ria disini atau anda seolah-olah sebagai pencurinya (bagaiman bila anda sebagai pencuri) dan berkomentlah sesuka hatinya . kan seolah-olah .terima kasih atas komentnya.


52 respons untuk ‘Tips menghindari pencurian , berfikir menjadi pencuri’

  1. pencurian ada karena adanya kesempatan…jadi jangan biarkan diri kita lengah occccreee 😀

    salam kenal juga yaa…thx uda mampir 🙂

  2. HHmm..gimana yawh…
    Ga terlintaws sama sekali Mas untuk jadi pencuri(sok alim) hoohoho….
    Astaghfirulllah, semoga Allah menjauhkanku dari perbuatan2 yang tidak terpuji…

    Salam semangat terus yawh Mas…

  3. kalau pas mau mencuri di dalam rumah, terus ketahuan…. ya, pura2 sok kenal aja…
    “halo… sodaraku… wah, rumahnya ko lain ya? udah lama aku ngga mampir kesini, lho kok bengong? masih inget ga? ni kawan lama nih… ah, mentang 2 udah sukses lupa gitu aja, apa kabar….”
    hehe lebay ah…
    salam kenal ditunggu kunjungannya di blog saya…

  4. Info menarik. Sekadar tambahan, ada baiknya rumah tidak benar-benar kosong. bisa saja ada kerabat yang disuruh menjaga rumah saat kita pulang kampung,atau minta bantuan hansip (keamanan lingkungan) untuk menjaga rumah kita. Tentu ada sejumlah intensif untuk mereka.

  5. Memang sebaiknya ada tindakan antisipasi,
    Rasulullah pun menganjurkan kita begitu,
    berusaha semaksimal mungkin utk penjaggaan rumah sebelum mudik,
    baru bertawakal, dan kalau memang tetap didatangi maling, mungkin itu adalah teguran dariNYa.
    salam.

  6. ngeri bayanginnya 😦
    aku slalu siap henpon yang bisa telpon, jadi kalo ada orang mencurigakan dateng ke rumah, aku bisa langsung telepon tetangga. Tapi tetep ngeri bayanginnya. Hiy.. seyem..

  7. wah… saya gak punya tips yang jitu nih… paling yang saya selalu lakukan adalah memasang lampu yang cukup terang di jalur masuk rumah, seperti pintu depan, jendela, dsb… sisanya, saya pasrahkan saja sama Tuhan… 😀

  8. Pencuri itu biasanya selangkah lebih maju. Moga aja pencuri2 itu gak baca postingan jenengan. Kalo sudah baca, nanti mereka ganti strategi dong… He.he.

    Ayo mas, sarapan dulu… 🙂

  9. Menganalisa kejadian pencurian dari sudut pandang seorang pencuri.. seru juga.

    Kalau pun saya terpaksa harus mencuri.. Saia hanya ingin mencuri hati calon istri saya saja lah :-))

  10. paling mudah adalah dengan tidak punya rumah
    hehehe
    klo jaman dulu ada etika tak tertulis antara pencuri dg aparat. seperti memasang tanda tertentu yang menunjukkan secara tersirat ‘jangan mencuri di rumah ini’
    tapi klo sekarang, kayaknya semua sama saja ya

  11. Ada pengamat yg berpendapat, teknologi kriminalitas selalu selangkah lebih maju ketimbang teknologi penangkalnya. Ini mungkin akibat dari cara berfikir causatif kita. Bertindak setelah ada kejadian.

    sudah saatnya kita berpikir preventif. maka berfikir menjadi kriminal, saya pikir cukup ampuh untuk menangkal tindak kriminalitas.

    kabarnya ide ini sudah menjadi bahan ajar baku di sekolah2 kepolisian.

    nice post, selamat pagi kawan lamaku!

  12. (1)Berjaga-jaga itu adalah upaya atau berusaha, itu memng salah satu langkah yang bijaksana. Berpasrah diri kepada Allah itu nomor satu, tapi jangan salah tetap kita harus waspada dan hati-hati.
    (2) Siskamling juga itu penting, bila belum ada maka kita harus memberikan masukan kepada pengurus RT setempat mengenai pentingnya hal ini.
    (3) Di komplek perumahan, pencurian dan perampokan sering terjadi si siang hari, ketika pera penghuninya kerja (suami-sitri), peringatkan pembatu rumah tangga agar tidak melayani tamu yang tidak dikenal.

    Itu aja barangkali …..

  13. wah apakah ada bloger yang pencuri , aku rasa tidak. paling -paling mencuri hatiku.

    Bapak-bapak ,ibu-ibu, adek2 ,eyang, mbak, tante .terima kasih ya . sudah.
    mau nambahin

  14. huehehhehhehe… mo’ jd pencoleng ahh sapa tau ajja malah gag di anggep spam sama tuan aksimet 😛

    met mejelang romadhon kang.. waspadalah!!!

  15. Berjaga-jagalah kita, karena pencuri akan datang disaat tidak adanya kebersamaan warga. karena memang tugas ini bukan hanya menjadi beban satpam,hansip atau polisi.

    Thanks atas infonya yang berharga.
    Salam kenal dan salam sejahtera,

  16. wuihhhhhhhhhhh paksain ahhh biar … klimaaaaaaxxx.. (dari hongkong :p) huehehehe.. uda ahh.. ntar malah kena gampar saiia nya iia kang 😦 ciao!!!

  17. blue kagak mau ach
    blue mau ikutan bocahbancar saja heheeh……
    salam hangat selalu

    tapi kalau pencuri hati seseorang …………………….mau mau mau bangety heheheh…….

    love abang dech

  18. Mantap juga nich tips-nya.. Kalo gak punya apa2..kira2 masih mau dicuri gak yaa…hehe
    Makasih kawan..udah ngingetin kita… Salam hangat.. Dan salam damai selalu…

  19. Mencuri itu kan perbuatan yang dilarang…tapiii, kalo mencuri hati kakak boleh? hehehe:). Oh iya tambahan nih kak..Kalau semua prosedur untuk pengamanan secara fisik sudah dilaksanakan, maka terakhir adalah setiap kali kita akan mengunci pintu/jendela rumah, pintu mobil atau pintu-pintu yang lainnya, INGAT lah untuk selalu membaca BISMILLAH, sambil di hati kita niatkan untuk menitipkan semuanya kepada ALLAH. InsyaAllah itu akan memberikan ketenangan pada hati kita, sehingga kita terhindar dari rasa was was dan fikiran yang negatif. InsyaAllah..

  20. Selamat malam Kawan, baru saja sekitar 1 mingguan saya papasan dengan pencurii sana akhirnya saya yang sudah membobol semua pintu-pintu rumah, dari kejadian ini saya ambil hikmahnya, sekuat apapun pintu kita masih bisa dijebol dengan alat-alat besi, tapi jika pengawasnya yang Maha Pengawas ( Allah ) maka akan amanlah hati dan rumah kita. Allah dapat ,memrintahkan Malaikatnya untuk menjagai rumah kita dari pencuri. Persoalannya adalah sejauh mana diri kita mampu menghadirkan atmosfirnya Allah. Hidup ini hendakknya kita jalani dengan penuh kehati-hatian, dan dengan adanya pengawasan Allah tsb kita akan lebih mampu untuk menjaga diri dan rumah kita dari segala keburukkan isi dunia ini. Terima kasih tulisannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  21. Pasrah atau tawakal kita lakukan setelah segalanya kita amankan, kunci2 sudah terpasang dengan baik.
    Jangan seperti contoh sahabat nabi, tawakal onta.
    Salam. 😎

  22. tips menghindari pencurian:
    -jangan mau dicuri
    -jangan mau mencuri

    tambahan:
    -relakan yg sudah dicuri (utk yg pernah dicuri dan tak ingin yg kedua kali)
    -relakan hukum (hukum langit dan hukum negara) bekerja sewajarnya

    awalnya saya ingin bercanda, tapi setelah saya baca lagi komen ini, sepertinya ada benarnya–dengan makna yg tersirat. hhehe..

  23. ini pengalaman pribadi ? 😛
    tipsnya ok dan tips tambahan di komeng juga sudah melengkapi. kita tinggal berdoa semoga hal2 seperti itu tidak terjadi pada diri kita.

  24. Mencegah lebih baik daripada kejadian….:D Mas ga salah tu penulisan titik sama koma… abis spasi kok titik atau koma…. titik dulu baru baru dikasih spasi…. bener ga? atau saya yang salah… Maaf lho kalau ngritik…

  25. td pagi skitar jam 05;30 rmh sy hampir kemasukan maling,untung ketahuan pas dia mau mencongkel pintu di garasi rmh sy… stelah kejadaian td sy trus search bgaimana cara mengantisipasi dtang nya maling ke rmh.. topik ini membuat sy banyak belajar untuk lbih antisipasi lg.. thanks (^_^)

  26. Sudah beberapa minggu ke dpan warga di daerah sya sering sekali terjdi kemalingan,bhkan yg aneh setiap melakukan aksiny&slesaipun selalu tidak tertangkap&meninggalkan bekas,sprti pintu rusak,dsb,hampir setiap mlm,berbgi cra sprti di adakn pos ronda pun,msh tetp aja tidak tertangkap.bagaimana tip untuk menangani kasus sprti ini,yaitu PENCURI TIDAK BERWUJUD,TPI NYTA MENGAMBIL BARANG,
    Terima kasih , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s