Kemerdekaan Tanpa Cinta


Ketika hiruk pikuk kemerdekaan terdengar lagi.Suka cita menghamba kasih bergalun aku disini berjalan dalam Kemerdekaan Tanpa Cinta . Sebuah episode cinta dalam kesendirian. Betapapun itu sebuah fakta  tetaplah menjadi sebuah kebahagian bagi orang-orang yang mau berfikir. Entah mungkin sebuah perjalanan yang patut di telaah . Sebuah renungan dalam kemerdekaan Tanpa Cinta

Kemerdekaan Tanpa Cinta

Ketika Terbangun dalam hembusan mimpi
ia hanya sendiri tak ada orang di sampingnya
Adzan subuh berkumandang tak ada orang yang membangunkanya
Sepulang dari surau tak ada yang menyambutnya
Bahkan pintu rumahpun terkunci karena tak ada orang didalam

Melihat kabut dipagi hari tak jemu di rundung kesendirian
Butir asa melayang ketika kawan tak datang menghempaskan beribu makna
Dari butir padi hinga menjadi nasi tak dapat makan di bagi karena   sendiri  lagi
Berjalan … di Siang hari walau tak ada yang  mengikuti karena tak mampu di ikuti
Matahari tepat diatas kepala namun tak ada kawan tuk mengingatkan tuk   berhenti
Kembali lagi dalam jamuan   makan yang hanya di makan oleh  sendiri.. sepi
Petang kan disambut   hangat oleh getar hati melawan sunyi oh  diri
larut kemilau tak berpelangi  maknai diri melamun   sepi

Malam-malam yang panjang kawan
Gemericik air di danau kecil
Terpancar dari sinar rembulan
yang kini …
hanya sendiri dalam
Kemerdekaan Tanpa Cinta

(Mirzam 2009)


Setelah 64 Tahun kita merdeka

Apa kabar
Kemerdekaan
Dalam jiwa-jiwa yang beku penuh kepalsuan

Apa kabar
Kemerdekaan
Dalam satu tarikan nafas yang panjang
Penuh luka-luka dalam pengharapan

Kapankah kiranya kemerdekaan bangsa ini
membawa kesejahteraan
kmakmuran
dan negara kita bebas dari hutang…?!

(S ramilus 2009)


40 respons untuk ‘Kemerdekaan Tanpa Cinta

  1. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  2. yayaya.. hidup di zaman ini kala segala sesuatu menjadi persaingan individualistis.. tanpa disadari kita hidup telah kehilangan CINTA dan KASIH SAYANG.. selalu berjalan bertuhankan angan angan dan nafsu membara.. tiada menyadari KEKOSONGAN JIWA.. HATI YANG MEMBEKU.. sungguh mereka adalah manusia manusia yang tertipu..

    INGAT !!!!!
    Hanya CINTA dan KASIH SAYANG yang dapat menghidupkan HATI dan JIWA..

    Salam Sayang Selalu

  3. Hehehehe..

    MATAHARI SUDAH TERBIT DI ARAH BARAT

    segala macam kehidupan sudah terpacu ke arah sana.. bahkan lebih barat dari pada orang barat.. hahaha.. PARAH SEKALI..

  4. SEJUJURNYA dan SEBENARNYA :
    Banyak MANUSIA MANUSIA yang mulai merasakan kekosongan jiwa sewaktu dalam kesendirian.. tetapi mereka melupakan dan tetap terbawa arus..
    Salam Sayang

  5. Kesendirian tak mampu menjawab akan cinta
    kemerdekaan tak mampu mengurai dalam kesendirian
    sepi berbalut sunyi
    mengiris keheningan di tengah malam
    terbangun dalam mimpi
    mimpi indah tentang cinta
    Dalam
    Kemerdekaan tanpa cinta

  6. Terlalu banyak yg bicara tentang fakta… Namun jarang…fakta itu yg berbicara… Saatnya utk tunjukkan kenyataan yg sebenarnya… Buka mata.. Buka telinga… Buka hati… Hapus segala kebohongan serta kepalsuan… Kikis habis segala kemunafikan… Kembali budayakan rasa malu… Tegakkan cinta dan kasih sayang terhadap sesama… Salam hangat.. Salam damai… Selalu….

  7. Kemerdekaan tanpa cinta ? lagi putus cinta juragan ? bukankan kemerdekaan itu sendiri adalah cinta ? cinta akan kebebasan, cinta akan perdamaian ? …btw cinta jangan dicari, ia akan datang sendirinya…

  8. teringat seorang murid yang masih semangat sekolah walaupun sekolahnya jauh, gak pake kendaraan. subuh2 udah berangkat jalan kaki. pulang menunggu teman yang bersedia ngasih tumpangan.

    dia pernah mengajukan surat keterangan gak mampu, tapi gak tau kelanjutannya gimana…

    merdekakah dia? ah…entahlah. semoga Allah “membayar” dia berlipat-lipat sebagai “balasan” semangat mencari ilmu.

    merdeka!!

  9. __all you need is . . . .__
    ____bicaracinta bicarakarya dan estetika____
    __cinta juga belom datang kebri teman….salam distorsi__

  10. Duh, jadi sedih deh baca bacaan di atas…
    Bukankah cinta bertebaran di sekeliling kita, selama kita berusaha dan mau untuk membaca dan merasakan cinta itu dari kedalaman hati, maka insyaAllah kita tidak akan merasakan lagi Kemerdekaan Tanpa Cinta…

  11. Cinta ada dimana2.
    apalagi di alam kemerdekaan seperti sekarang.
    apapun yg kita jalani melewati hari2 ini , sesungguhnya krn adanya cinta.
    ”Semua karena cinta” ( lagunya Joy Idol )
    Salam.

  12. ** baLik la9i 😀

    sob,..
    semuana akan indah pada waktuna..
    saat ini adalah suatu fase dimana dirimu brada dLm kesendirian,kelak pasti akan ada yan9s etia mendampin9imu,membukakan pintu,menemanimu makan,ada disepanjan9 harina 🙂

    rajut kembali cintamu,ayoooo sman9aaaaaaadddddddd…!!
    heheh

  13. Sudah merasa merdeka terus manusia itu hanya mementingkan kesibukannya sendiri, dan memikirkannya yang terbaik buat dirinya sendiri, tanpa memikirkan dampak kepada orang lain ataupun negara yang akan terjadi. banyak orang yang melupakan bahwa kemerdekaan 64 tahun yang lalu adalah hasil dari persatuan!
    Butik Online

  14. sesungguhnya sangat menyedihkan bahwa bangsa indonesia ini begitu terkenal dengan hutangnya???padahal masih banyak keindahan alam yang begitu bisa di banggakan..
    sesungguhnya indonesia memang sudah merdeka,namun kemerdekaan seutuhnya rakyat indonesia belumlah tercapai…masih banyak kesengsaraan yang melanda..kapankah kita bisa merasakan kemerdekaan di mana kita bebas melakukan apa yang kita mau tanpa takut adanya perasaan bersalah atau perasaan takut saling menyakiti….semua masihlah sebuah tanda tanya???

  15. Assalamu’alaikum,
    Hidup di era globalisasi memang kadang membuat kita sibuk dan kurang perduli terhadap sesama, cinta dan kepedulian ter-alihkan oleh kesibukan dunia kita. Semoga dengan semangat hari kemerdekaan ini, kita bisa membangkitkan kembali cinta dan kepedulian thd sesama.
    (Dewi Yana)

  16. Assalamualaikum kak 🙂 dah mau ramadhan…”mohon Maaf lahir Dan bathin Yach” maaf kalo banyak salah dan khilaf..semoga semua kesalahan termaafkan. amin 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s