kreativitas


Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru(inovatif)atau belum ada sebelumnya , segar ,menarik , aneh dan  mengejutkan,berguna dan dapat dimengerti.Kegiatan kreatif mengandung perubahan arah.Dalam hal pencarian ide ,kita berada untuk  menemukan ide ,gagasan,pemecahan masalah ,peyelesaian perkara atau cara kerja baru.dan ketika jalan buntu merupakan titik akhir  usaha kita maka bila kita melakukan hal yang sudah kita pernah kerjakan dan semuanya sudah di coba maka tiada kata lain berfikir secara kreatif adalah hal  yang perlu dilakukan.Ada Tahap-tahap kreativitas yang perlu dilakukan antara lain :

1. Persiapan (Preparation): Meletakan dasar.Mempelajari latar belakang perkara,seluk beluk,dan problematikanya
2. Konsentrasi (Consentration) : Sepenuhnya memikirkan ,masuk luluh,terserap dalam perkara yang dihadapi
3. Inkubasi (Incubation) : Mengambil waktu untuk meningalkan perkara,Istirahat,
waktu santai .Mencari kegiatan-kegiatan yang melepaskan diri dari kesibukan pikiran mengenai perkara yang sedang dihadapi
4. Iluminasi(Ilmunination): tahap mendapatkan ide gagasan ,pemecahan,peyelesaian,cara kerja,jawaban baru.
5. Verifikasi / Produksi (Verification/production) : menghadapi dan memecahkan masalah-masalah praktis sehubungan dengan perwujudan ide,  gagasan ,pemecahan,peyelesaian, cara kerja,jawaban baru,Seperti menghubungi, meyakinkan dan mengajak orang,meyusun rencana kerja, dan  melaksanakannya.

Sumber baca:  David cambpbell, Phd , mengembangkan kreativitas
Demikianlah tahap-tahap kretivitas yang perlu dilakukan, semoga bermanfaat


65 respons untuk ‘kreativitas

  1. kreatifitas… terkadang dipangaruhi oleh lingkungan. lingkungan yang toleran terhadap kegagalan biasanya menghasilkan individu-individu yang kreatif. sebaliknya, lingkungan yang mengharamkan kegagalan biasanya menghasilkan individu yang kurang kreatif, memuja status quo, dan takup pada perubahan.

  2. kreativitas ada tahapanya ya….
    kalau aku sih kalau lagi mood aj baru bisa ngembangin kreativitas hehew….
    salam kenal, terima kasih dah berkunjung….

  3. Kak, kok postingan nya tak berjudul?…Apakah ini salah satu bentuk dari kreativitas ? he he…:D

    Wah lengkap euy tahapan-tahapan nya, bisa buat contekan nih, kalau lagi buntu:). Namun terkadang kreativitas itu justru hadir ketika kita tak lagi dipusingkan oleh hal-hal yang sifatnya baku dan rutin, ketika fikiran kita bisa melangkah dengan ringan tanpa beban, maka di sanalah akan hadir kreativitas itu. Tapi itu mungkin sifatnya personal ya (kalau yg aku alami ya seperti itu). Semoga bisa terus berkarya dengan sejuta kreativitas.

    Ngomong2 yg namanya kreativitas itu bisa menular gak ya?:)…
    Misalnya kalau kita sering bergaul dengan orang2 yang kreatif, maka secara otomatis nanti kita akan kreatif juga:) *pertanyaan iseng, tapi wajib untuk dijawab:)*…

    1. apa yang membuat kita bergerak atau mengerjakan sesuatu bisa saja berawal dari lingkungan kita, karena memory otak akan merekam apa yang dilihat dengar dan rasakan. dan kretivitas itu bisa ditumbuhkan dengan cara ditularkan (kaya penyakita ajah ya) ya membangkitkan orang2 disekitar kita , memberikan contoh, dan memberikan tantangan tentunya. tapi yang jelas harus ada tujuan dan punya niat untuk kreatif.kadang dan sering kita sudah malas berbuat kreativitas. dan hari ini aku lagi malas untuk memposting ,karena apa .bisa jadi karena kurang kreatif. (wah munafik ya saya) dah dijawab ya. harus tadi malem karena lambrete abis netnya neeh.

  4. selama ini diriku berpikir kalau kreativitas itu adalah mak bedunduk, tahu2 muncul tanpa ada proses di belakangnya. ternyata ada tahapan2 untuk memunculkan kreativitas itu. bahkan ada tahapan untuk nyantai dulu sebelum menuangkan gagasan kreatif itu. mantabs.
    patut dicoba, tapi harus cari bukunya dulu, soale harus nyari contoh soalnya dulu utk ditiru 🙂

  5. kreativitas itu ….
    hilangkan sipat kokoromoyan sudah kokoro (sengsara) kerjanya cuma moyan (berjemur = MOTO = Moe Tonggong= menjemur punggung)
    tumbuhkan sipat KUKURUMUYAN… (kreatif dan inofatif)

  6. ya ini postingan yang bener-bener mencerahkan
    trims atas tahap-tahapnya mas karena jadi kreatif memang susah minta ampun

  7. Salam
    Oh gitu ya, ta kira kreativitas kek ilham, kek inspirasi yang suka datengnya dadakan, tapi biasanya dateng kreativitas itu dalam suasana under pressure (aku siy) atau jangan2 itu bukan ya 🙂
    Be creative ..be alive.. Hmm..keknya siy he..he.

  8. Yang aku gak ngerti, ada sebagian orang yang menolak suatu UU dengan alasan ‘memasung kreatifitas’. Hah? Apa iya kreatifitas bisa dipasung? Setahu saya, justru kreatifitas itu lahir dari keterbatasan. Disebut kreatif karena bisa berkarya sedemikian rupa di tengah keterbatasan.

    Contohnya striker – dalam sepakbola – kreatif, manakala mendapat pengawalan ketat dari back lawan, tapi bisa berkelit dan mencetak gol.

  9. klo kesini kok selalu mendapatkan yg Pass…untuk option yg kedua diriku masih butuh pelatihan yg lebih giat….
    Kadang klo ide datang tp tidak bsa konsen dan fokus idenya pun hanya sia sia…..
    terimakasih kawanku

  10. kreativitas ang akang milikilah yang sangat hebat menurut blue……blue hanyalah scuilnya dari postingan abang
    salam hangat selalu
    justru blue sellau ingin belajar sama abang dan sahabat yang lainnya

  11. manusia mempunyai otak kiri yg berfungsi untuk memproses daya pikir yang mungkin jauh di luar ke mampuan otak kanan.dari sana lah tercipta hasta karya manusia atau bisa di bilang kreativitas…

    salam mercu

  12. kreatifitas adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghasilkan sebuah karya yang bisa bermanfaat…dan tentunya kreatifitas setiap orang juga berbeda-beda…tergantung pola pikir setiap individunya…

    teruslah berkreatifitas kawanku…postingan ini sangat bermanfaat sekali…

  13. __david cambell kan pemain bola…eh itumah sol campbell ia..hahay__

    ___kreatifitas gaktahunya ada prosesnya juga ia kawan..___

  14. Sepertinya itu tidak jauh-jauh dari pengertian istiqomah Kawan. Mulai dari niat yang kuat, berusaha menggapai sekuat tenaga, berdoa dan pasrah (sabar). Yang lebih penting lagi semua tahap harus disertai keyakinan.

  15. kalo kretaifitas di mata saya adalah suatu bentuk pencurahan isi hati seseorang..menangis itu kreatif, tertawa juga..namun perlu juga dibatasi jangan sampai kekretaifan itu berlebih seperti aksi vandalisme, perampokan, pencaloan..karena hal2 itu juga suatu bentuk kreatifitas bertahan hidup..
    dalam rimba raya lestari…

  16. ngeblog adalah salah satu kreatifitas mas… dengan ngeblog kita bisa berkreatifitas menulis..yg mungkin tidak bakalan ditulis dalam buku diari….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s