Mengapa menulis begitu sulit …. Sebuah kamuflase cinta


Mengapa menulis  begitu sulit … untuk dituangkan, dan ide itupun tak mampu untuk ditulis dalam kata-kata dan ketika kreatifitas itu tak muncul dalam pikiran kita. Begitu sulit untuk merangkai kata dengan indah walau sebait asa ingin selalu dihadirkan dalam sebuah tulisan. Menulis bagi  seorang yang baru belajar rupanya tidak mudah walau dibenak kepala sudah banyak ide yang akan dituangkan. Barang kali ada motto yang mudah kita cerna dan bisa membuat kita akan lebih cepat menangkap ide dan dituangkan dalam kata-kata yaitu; aku lihat aku dengar dan aku rasakan. Motto tersebut memang mudah untuk diucapkan namun sebuah tulisan tidak hanya sekedar mooto tersebut.

Setiap penulis atau yang baru sekedar menulis. Terkadang pemilhan kata – kata dalam setiap tulisan untuk memilih dan menyambungkannya  terasa kadang merasa jangal dan tidak tepat. Suasana hati ,tempat menulis dan keadaan lingkungan sekitar cukup mempengaruhi.Pada saat  menulis tiba-tiba keadaan sekitar berisik , sedang kesal, lagi bete ternyata itu lebih berpengaruh .Lah gimana yang sedang patah hati? apakah cukup sangup untuk menulis….. Wah kalo itu tanya saja yang sedang patah hati.

Suasana keheningan ,tenang sepi ,indah dan nyaman apakah juga bisa menulis dengan tenang.Bisa jadi bagi seorang yang baru menulis ini adalah suasana yang paling di nantikan tapi apa benar seperti itu ?

Ketika hati sedang jatuh cinta dan ternyata ide untuk menulis bisa begitu luar biasa dan kata-kata tertuang dengan apik dan indahnya ditulis kalo  yang nilai diri sendiri itu namanya Narsis ya atau lebay , aku tanya dulu kepada keponakan ku dulu . Norak banget ya ga tau. Tapi haruskah setiap mau nulis,  jatuh cinta dulu sama seseorang. Ya ga mungkinlah . Emang bisa jatuh cinta dulu terus bisa nulis dengan bahasa yang indah dan enak di baca. Kalo bisa gini mending jatuh cinta ajah terus ya. biar jago nulis. Tapikan sulit …

Atau kita buat saja sebuah kamuflase cinta, wah apaan tuh . Jadi seolah-olah kita jatuh cinta pada seseorang ataupun apa saja yang membuat kita begitu  mudah untuk menulis dan Cinta itu membuat diri ini tak kehabisan kata-kata ,dan tetap semangat untuk menulis dan terus bisa membuat ide kreatif dan mampu dalam suasana apapun bisa menulis dan tiada kata bete, males cape bosen ga ada ide ,bingung, dan seabrek kata -kata tak  tepat untuk ditulis. wah kalo ini terjadi bisa jadi penulis beneran neeh. Hebat dah, tapi apa mungkin  . Bisa ya Atau bisa tidak kalo memang bisa, ada yang mau membuatku jatuh cinta? dan tiada kata mengapa menulis begitu  sulit untuk dituangkan.


42 respons untuk ‘Mengapa menulis begitu sulit …. Sebuah kamuflase cinta

  1. kalo aku, suasana pada diri kitalah yg mendukung tulisan itu mengalir, seperti kalo sdg fall in love wah ide tulisan terus aja muncul, tp kalo lg patah hati tiba2 saja mandek gak ada ide buat nulis yg ada pingin tutup aja blognya hiks…

    1. __gakgituh jugakan….ituh namanya gak mikir panjang ia…pasti ada cara buat__
      __buat ngembaliin mood kita semua dalam menulis…semangaat ciiat 😉 __

  2. bagaimana kalo dicoba jatuh cinta dengan menulis..pasti bisa rajin nulis deeehh..anggap aja menulis itu wanita cantik..jadi kita belum tenang kalo belum mengunjunginya..hehehehe
    salam rimba raya lestari…

  3. Kalo lagi jatuh cinta si…, mau nulis 100 artikel semalam juga bisa boz…, hhhehe…, tapi kalo lagi suntuk.., mampet deh nih pikiran.

  4. masalahnya bukan di inspirasi atau ide, karena setiap haripun kita bisa menulis, tentang apapun. ini cuma masalah susunan/ sistematika kerangka tulisan aja, setelah itu baru pemilihan kata dan kalimat serta dukungan referensi. suatu saat kita pasti nemuin karakter khas tulisan kita sendiri. kalo pernah bikin tugas akhir, skripsi, atau semacam tugas karya ilmiah dari sekolah, rasanya menulis bisa asik2 aja brow. bagus atau engga nomor sekian, yg paling penting jadi diri sendiri dan berharap tulisan kita bisa bermanfaat bagi yg lain .. ^_^

  5. Cinta yak… sayah pernah jatuh cinta, namun tak bisa memilikinya karena sayah tak mampu untuk mengungkapkannya.. jadi sayah tak bisa menjabarkan cinta itu seperti ape????

  6. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

  7. Pernahkah kita menyadari begitu besar CINTA ALLAH atas diri kita.. sehingga diliputinya kehadiran kita di sini dalam setiap tarikan nafas kita dengan NIKMAT ALLAH yang ruarrr biasaaaaa.. subhanalllaaaah tiadakah cukup alasan untuk membalas CINTA NYA.. dia menunggu dengan sabar dan DIA adalah KEKASIH SEJATI
    salam sayang untukmu

  8. Setiap orang pasti memiliki sumber pemicu nya masing-masing untuk dapat menstimulus supaya semangat menulis itu terus menyala, sehingga ide-ide yang masih berkeliaran di dalam kepala ini dapat dengan mudahnya dituangkan ke dalam bentuk sebuah karya yaitu tulisan. Ada kalanya pada saat jatuh cinta dan ada pula pada saat patah hati, bahkan seringnya pada saat hati ini sendu berlembar-lembar puisi pun dapat tercipta, he he pengalaman siapa hayooo:)…

    Tapi terlepas dari kondisi apapun itu, apakah jatuh cinta, patah hati dsb nya, selama jiwa kita telah terikat secara emosional dengan dunia tulis menulis, maka insyaALLAH semua ide itu bisa diekspresikan sehingga tercipta lah karya-karya yang berkualitas dan penuh hikmah *mungkin para penulis huebat tuh kayak gitu kali ya*. Jadi tak ada matinya, karena menulis itu sendiri sudah menjadi bagian dari diri mereka, bahkan mungkin sudah seperti udara dan air bagi manusia, dimana tanpanya manusia tak bisa lagi melanjutkan kehidupannya.

    Dan alangkah bahagia nya ya ketika menulis itu sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan lagi dari hidup dan kehidupan kita, tanpa memandang suasana dan kondisi apapun yang sedang menghampiri kita, dan menurut saya itulah sesungguhnya refleksi dari rasa CINTA kita kepada kegiatan menulis…

    Duh maaf nih kak, komennya terlalu panjang, dan kali ini komen nya pun agak2 so iye nih, yah setidaknya ini kan juga bagian dari latihan menulis, iya toh :).

  9. hahha.. bener juga sih.. kadang cinta membuat orang lebih creative mungkin karena kepalanya lagi dingin aja kali ya.. lagi seneng jadinya kan seneng ja dia lakuin apa aja.. 😀

  10. bisa karena terbiasa …analogi itu memang benar…tp sayangnya aku belum masuk daftar itu.
    menulisku masih tergantung mood…walaupun mood itu gak datang2…(halah…)

    salam mas’e

  11. Kalau memang kita harus jatuh cinta,
    smoga tidak terjebak oleh cinta nafsu…
    Hanya cinta Allah yang kekal abadi
    Salam kenal juga ya…

  12. apa ya… yang jelas menurut saya nulis itu dipengaruhi sama mood. biasanya kalo lagi badmood, saya males nulis, dan akhirnya cuman ‘nyampah’ di twitter :mrgreen:

    dan kalo mood-nya lagi dapet, biasanya nulis jadi lancar. tapi jarang juga sih dapet mood yang kondusif buat nulis.

  13. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Menulis memang mengasyikkan . Tapi saya sering kesulitan mengungkapkan ide-ide yang ada.Merangkai kata yang tepat supaya dengan mudah dimengerti dan tidak disalahpahami. Sudah puluhan tahun saya belajar menulis, tapi seperti berjalan di tempat saja. Untuk bisa menghasilkan sebuah tulisan di blog saja sulitnya bukan main.

    Untuk itulah saya sering lihat-lihat blog anak-anak muda, untuk belajar menulis yang baik.

    Terima kasih.

    Salam dari Cianjur

  14. __cinta cinta…bri lagi jatuh cinta..tapi cinta belum bisa mengerti..aio saling mengerti__

    __kang sahur dulu kali kang…selaamat berpuasa ia daribri 😉 __

  15. Hai kawanku, apa kabar?
    Tulisannya pas banget dengan keadaan saya sekarang.
    Uda 2minggu ga ada tulisan baru d blog saya. Alasan yg pertama tentusaja engga ada waktu, alias lagi sok sibuk =D

    alasan lain yaitu KERING IDE, dan susah merealisasikan ide dalam paragraf

    gini deh yang namanya pemula,

    =D
    semoga sehat selalu ya,
    salam persahabatan

  16. Ping-balik: Kawanlama95's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s