Menghindari pencurian laptop


Menghindari pencurian laptop adalah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan, tetapi seringkali hal karena tak meyulitkan kita sehinga  sering kali kita lalai menjaganya. Padahal kalau sudah hilang betapa kesalnya kita, sedih bercampur marah hingga terkadang stress juga menhadapi hal ini.Apalagi banyak data -data kita yang tersimpan. Dari kumpulan tulisan, materi seminar, tugas kantor , laporan, hingg hal-hal yang sifatnya sangat rahasia. Wah kalo udah gini siapa yang nga nyesel dah.

Di daerahku tepatnya Cibinong sudah 3 kejadian laptop hilang dicuri oleh orang-orang tak bertanggung jawab alias di gondol maling. Itu informasi yang kupunya. Bisa jadi blebih dari tiga yang di curi. Dan apakah ini sebuah trend di daerahku. Sebab seringkali terjadi bila ada

sebuah kejahatan di daerahku dari pencurian biasa , penipuan berkedok hadiah, penipuan pembelian mobil, sampai motif meyelesaikan kerusakan  telpon rumah . Itu biasanya akan menular ke daerah lain tapi masih di wilayah cibinong. Bahkan perampokan bersenjatapun pernah seperti itu.

Berdasarkan pengalaman yang tercuri laptopnya berciri :

– Merasa bahwa tempat yang di taruh laptopnya aman, seperti di kantor, di kampus atau di tempat2 umum

– Bila laptopnya di taruh di dalam tas ia merasa orang yang melihat tidak tahu bahwa didalam tas tersebut adalah laptop

– Bila ia bekerja di dalam kantor ada jam-jam tertentu di dalam ruangan tersebut kosong , karena sholat ke mushola/ masjid dan ruangan

tersebut bila kosong tidak pernah di kunci

– Satu ruangan tersebut adalah satu bagian , divisi atau sejenisnya, dan terkadang rapat khusus di ruangan meeting sehinga harus menungalkan

ruangan.

– Laptopnya di taruh di meja belajar/ meja tamu di ruang depan seperti ruang tamu dan terlihat dari depan rumah dan terbiasa pintu rumah di

buka serta sering di tingal ke ruangan dalam biasanya kedapur , ke kamar tidur atau ke wc.

– Ketika sedang sholat di masjid tas yang berisi laptop tidak ditaruh disamping persis atau depannya atau berjauhan ketika ia sedang sholat

Untuk menghindari pencurian tersebut sebaiknya penguna laptop harus berhati-hati dan harus memastikan bahwa tempatnya aman dan jangan

sering2 meningalkan benda ini dan sebaiknya bila tidak digunakan ditaruh di tempat yang tertutup dan bila di tempat umum sebaiknya pastikan benda ini terlihat atau dalam jangkauan kita .

Moga ini bisa menjadi acuan kita untuk tetap berhati-hati dan bisa menghindari pencurian laptop.Bila ada yang mau ditambahkan terhadap postingan ini, itu yang kami harapkan Terima kasih


46 respons untuk ‘Menghindari pencurian laptop

  1. __bulan puasa masih ada aja ia kriminal..herandeh..__

    __bismillah alhamdulillah ia”kamisiap kembalikefitrah”__

    __akang dan kel semoga sampai kefitrah dengan niat baik dan keihlasan..amin__

  2. Sebaiknya disediakan brankas didekat laptop.
    Habis pakai tinggal dimasukin ke brankas trus di kunci n kuncinya di taruh di depositnya bank pemerintah.
    jangan lupa nyari banknya yang dekat sama kantor polisi ataupun kantor koramil.

  3. kehilangan memang sangat menyakitkan,tidak hanya laptop..hp ataupun yg lainnya juga sangat rawan di ambil orang. Jadi kita harus tetap waspada.
    selamat pagi 🙂

  4. satu kata, Teloder eh teledor… mungkin itu kali ya yg harus dimusnahin dari peradaban sifat manusia… saya juga kadang sengajain meninngalkan barang berharga dimana saja, padahal engga ngejamin itu adalah tempat yang aman…

  5. Kalau di kantor atau di rumah kita merasa repot untuk memindahkan laptop dari meja ke tempat lain yg tersembunyi, karena tidak berapa lama akan digunakan lagi, maka bisa disiasati dengan mengunci laptop itu, ada kunci khusus buat laptop kan (kalau di kantor kami seperti itu), jadi setelah dikunci tuh laptop akan terikat ke meja sehingga tidak bisa diangkat dari situ.

    Nah kalau di dalam perjalanan (di dalam bis) yang berdesak-desakkan saya biasanya meletakkan tas gendong laptop tersebut di sebelah depan, bukan digendong di punggung, sehingga kita lebih leluasa mengontrolnya.

    Ya intinya selalu waspadalah di setiap tempat dan waktu.
    Dan satu lagi saya fikir ini juga sangat penting, perbanyak lah bersedekah, karena dengan banyak2 bersedekah akan menjauhkan kita dari musibah salah satu nya dari pencurian. InsyaALLAH.

  6. Saya setuju
    sering2 meningalkan benda ini dan sebaiknya bila tidak digunakan ditaruh di tempat yang tertutup dan bila di tempat umum sebaiknya pastikan benda ini terlihat atau dalam jangkauan kita .

  7. temennya temen saya (?!) pernah kecolongan leptop pas di KRL jabotabek, padahal disitu ada penelitian ilmiahnya yang kudu segera dikumpul 😦

    kalo saya sih belum pernah dan semoga ndak bakal pernah ngalamin laptop ilang… lha perjuangan untuk mendapatkannya saja susah minta ampun 😉

  8. Kehilangan Laptop pernah juga Aq alami,,, kejadiannya pas di rumah sendiri dulu di Bgr. dibobol lewat jendala rmh.. pas maseh ada laptop di meja..
    Salam Hangat.
    Salam Hangat

  9. wwooo… kebetulan neeh.. rencananya abis lebaran nanti, aku mw beli tanktop… ups.. laptop… 😛

    dan.. sepertinya ini tips yg bermanfaat deh…
    makasih kawanlamaku… hehe.. 🙂

  10. Nah kalau di dalam perjalanan (di dalam bis) yang berdesak-desakkan saya biasanya meletakkan tas gendong laptop tersebut di sebelah depan, bukan digendong di punggung, sehingga kita lebih leluasa mengontrolnya
    hiii..hi..

  11. makasih kang atas tips nya, karena saya salah seorang yang pernah kehilangan laptop…. saya berharap yang lain hati hati, dan semoga kejadian yang menimpa diriku tidak terjadi kepada teman teman semua.

  12. mgg lalu laptop tmn sy di cipete dicolong, siang2 bolong gt, emang pas pintu rmhnya lupa blm dikunci, pdhal diluar ada tetangga yg liat org msk dikira tamu tmn sy, ngga kliatan bawa apa2… yah org bisa diselipin dibalik jaket yah…bablas deh… kasian jg apes dia. posting bgs sob, buat ngingetin teman2 bloger lbh ati2 taruh laptop. ok

  13. Salam
    ya..ya..ya… waspadalah waspadalah, kejahatan bukan hanya niat tapi juga ada kesempatan so..menghilangkan atau meminimalisir kesempatan itu, itu yang terpenting, bukan begitu? 🙂

  14. Modusnya memang macem2 bahkan semakin cerdik akal maling2 itu. Hati2 kalau di terminal lalu shalat di mushala dan tiba-tiba ada orang yg meminta jamaah dan kita suruh jadi imamnya. Amankan dulu barang kita di depan barulah shalat, karena beberapa kasus setelah shalat dimulai teryata orang2 tersebut hendak engamankan barang kita, bukannya jadi makmum………..

  15. Pastinya orang yg kehilangan itu…akan selalu was2, karna banyak data yg hilang…terutama jika itu menyangkut data rahasia pribadi atau tempat dia kerja…
    Sungguh saran yg bagus, Kawan… Makasih utk tipsnya…
    Salam hangat dan damai selalu…

  16. Waduh, emang pencuri itu biasanya orang yang lebih pintar dari orang yang telah dicurinya, buktinya nggak ketahuan, betul gak…!!!!!

  17. mang bahaya kadang2 ninggalin laptop gitu aja, bahkan di tempat kerja sendiri, solanya pernah ada kejadian di suatu kantor ada 2 laptop yang digondol maling dalam 1 hari
    Dan yang lumayan bahaya waktu ninggalin laptop di mobil, kalo atasan saya dulu biasa simpen dibagasi, soalnya belum lama temen keilangan laptop dari dalem mobil

  18. – Laptopnya di taruh di meja belajar/ meja tamu di ruang depan seperti ruang tamu dan terlihat dari depan rumah dan terbiasa pintu rumah dibuka serta sering di tingal ke ruangan dalam biasanya kedapur , ke kamar tidur atau ke wc.

    > Wah, ini saya nih…laptop 24 jam diletakkan di ruang tamu hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s