Pertaubatan sebuah nurani akhir dari masa lalu


Alunan ayat-ayat suci Al-Qur’an terdengar cukup jelas dari masjid dekat rumahku, mengantarkan diri pada perenungan hakikat kehidupan yang hakiki. Sebuah kisah klasik anak manusia yang selalu menjadi kisah sepanjang masa, yaitu Pertaubatan sebuah nurani akhir dari sebuah masa lalu. Ketika masa lalu menjadi sebuah kenangan, dan kenangan itu membekas menjadi sebuah prolog dari sebuah kesadaran diri yang mengangungkan maka sebuah simbolisasi pertaubatan akan meluncur bagaikan anak panah yang keluar dari busurnya maka hakekat kehidupan yang hakiki telah di tabuh dari seorang manusia yang dikatkan beriman.Sebuah renungan romadhon dalam penghabaan diri kepada khaliknya .

Firah diri yang suci akan mengantarkan diri ini kembali kepada kesucian diri. dalam menuju proses tersebut memang tidak semulus, seperti orang membuang sampah,di lempar ke dalam  di tong sampah dan tidak semudah itu, sampah harus disapu dikumpulkan menjadi satu, sampah-sampah yang kecil harus dipungut agar tidak terlewat. setelah itu di cek lagi apakah semua sampah yang mau kita buang apakah masih ada apa belum. setelah semuanya terkumpul maka dibuanglah sampah tersebut. Begitu juga sebuah pertaubatan merupakan sebuah proses. Mengkristalisasikan energi pertaubatan tidak serta merta akan timbul  begitu saja. Ada rancangan hati yang ingin berubah namun sering juga proses tersebut tidak berlaku bagi Allah karena apa banyak kisah yang spektakuler sebuah pertaubatan terjadi karena sentuhan kecil dari sebuah titik nurani. Ketika hanya melihat orang berjalan ke Masjid dengan seyuman ikhlas. atau ketika seorang pemulung membaca Qur’an disela-sela istirahatnya ataupun hanya seorang tukang becak yang tak mau di bayar karena hanya ingin bersodakoh kepada penumpangnya karena ia tidak bisa bersodakoh dengan uangnya. Hal ini mungkin sepele tapi itu besar bagi orang yang sudah tersentuh hatinya.

Ketika proses itu berjalan, sebuah inisiatif harus dilakukan bagi orang – orang disekitarnya untuk membagi kebahagian dalam sebuah proses perubahan. Karena apa tidak semua pertaubatan akan mengalami kemajuan. Kenangan-kenagan yang tak terlupakan akan hadir menghibur dir, mengajak untuk kembali kepada masa lalu yang hitam pekat , hawa nafsu akaan terus menjadi teman hingga apa yang menjadi keinginan itu tercapai. Disinilah dorongan niat yang kuat akan membendung untuk menahan keinginan-keinginan yang diangap tak layak untuk  dilasaksanakan.sehinga pertarungan antara nurani dan nafsu akan terlihat smapai diujung kematian.Itulah yang dinamakan proses sebuah pertaubatan yang akan berakhir hingga sisa waktu kita habis ditelan bumi. Maka bergerak tak pernah mati adalah sebuah nurani yang terus dipupuk sampai darah ini berhenti.

Sahabat tentu ada kegelisahan bagi kita semua yang mengaku beriman dan tidak patut kiranya kita merasa nyaman bahwa diri ini sudah berubah. Apa yang telah berubah saudaraku bila kita tak mampu memaksimalkan ibadah kita di bulan suci ini. Masihkah kita mengawang-ngawang dilangit ketujuh hanya sebuah niat saja. Apakah kita tidak gelisah bahwa romadhon akan berakhir dan waktu sisa kita akan berakhir. dimanakah diri ini yang hanya berdiam diri saja. Munafikah kita bila kita adalah orang-orang yang cukup paham tapi dalam praktek sosial kita jauh pangang dari api. Hanya orang-orang yang bodohlah yang merasa nyaman terhadap diri. mari segera lakukan Pertaubatan sebuah nurani akhir dari sebuah masa lalu, bersegera menuju ampunannya. Dalam sebuah renungan romadhon dalam penghabaan diri kepada khaliknya .


59 respons untuk ‘Pertaubatan sebuah nurani akhir dari masa lalu

      1. __geseran boleh gak kang??brijuga pertammaax iaa 😉 __
        ___baca duluu dehh…selamat berpuasa ia sahabat2___

      1. Selamat idul fitri.
        Semoga kita semua keluar sebagai pemenang setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.
        Mohon maaf jika selama ini ada salah dan khilaf.
        Taqoballahuminna wa minkum. Minal aidzin wal faizin.

  1. Pertarungan antara nurani dan nafsu memang tidak akan pernah berhenti, hingga nanti jiwa dan raga ini berpulang kepada Sang Penciptanya.
    Munafik kah kita?? mari kita tanyakan kepada nurani kita masing-masing, pasti dia tidak akan pernah berdusta…

    Terima kasih sahabatku untuk renungan ini, mudah-mudahan kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bodoh…

  2. hati untuk merasa dan meraba, nafsu sebagai ujian, akal untuk berpikir menyeimbakan keduanya,..agama untuk petunjuk….

    mari bersama kita bawa susana ramadhan kedalam hari-hari sepanjang masa,. untuk nikmat-Nya tiada tara

  3. bulan yang penuh dengan ampunan akan segera berakhir, tiada yang lebih pantas yang kita lakukan selain bersegera menunju pertaubatan dari nurani yang paling dalam. Karena kita tidak memastikan bisa bertemu kembali dengannya.

  4. Baru bisa brkunjung…
    Slmt Hari Raya Idul Fitri 1430H, Mohon maaf lhir bathin.
    Smoga Pertaubatan nurani masa lalu kita membawa kita ke dlm fitrah manusia yg seseungguhnya..amin

  5. akh, merinding ngebacanya.
    berapa banyak yg menginginkan ramadhan ini tak berakhir?
    jarang!
    padahal ini jalan emas menuju keridha’an nya. btull tdak?
    *nyambung gak sih?*

  6. MAAF’S …
    …. belum genap satu tahun ngeBlog .. ternyata melahirkan ikatan bathin untuk saling mengingatkan, saling mendukung .. tp ada kalanya terbersit yang kurang baik, tertulis yg tak berkenan.. terekam jejak yang tak dikehendak ….

    TaqobaLLahu minawaminkum..taqobaLLahu ya karim..
    Minal aidin wa faidzin …
    Mohon maaf lahir bathin ..

  7. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Perlahan namun pasti postingan ini saya tulis,Kata demi kata dipersiapkan agar enak dibaca dan dihayati,Hari yang selalu dinanti sudah di hadapan,hari yang Akbar yang sangat didambakan setiap insan.Idul Fitri 1430 H telah tiba.Hari dimana kita kembali kepda Fitrah Nya.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Kami sekeluarga Mohon maaf lahir dan bathin,Apabila ada kata di postingan atau dikomentar yang kurang berkenan dihati Anda.
    Kami sekeluarga
    Dadang Supriadi
    http://dadangsupriadi.wordpress.com
    Wassalam.

    1. blog ini sama aja bos dengan yang dulu, cuma membiasakan menulis saja. wah aku bukan ustad kok orang isinya juga masih jauh dari yang diharapkan.

      Sepertinya aku sebentar lagi akan berkurang ngebloknya tapi diusahakan postingan tetap ada walau pake schedulu.Insya Allah

  8. haddiirrrrrr….

    Meniti ramadhan mengurai khilaf…
    Mengharap tiada tersisa khilaf dan dosa…
    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Syiyamana Wa Shiyamakum…
    Selamat Hari Raya Idul Fitri Sahabatku sayang…
    Mohon Maaf lahir dan batin….

    cu….

  9. pesan yang penuh makna dan perlu renungan. Trims sekali.
    Melalui komen ini pula Saya pamit Mudik dulu ya.
    Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Taqqobalallahu minna waminkum.
    Mohon maaf lahir batin kang ya. Salam untuk keluarga. Tks

  10. Pertaubatan memang membutuhkan proses. memulai memang dari yang kecil hingga menjadi yang besar.
    dan untuk bertaubat memang harus ada niat untuk memulainya.
    kalo tidak dari yang kecil maka yang besar pun juga tak akan bisa.
    salam sukses selalu, selamat hari raya idul fitri ya sebentar lagi
    Iklan Gratis

  11. Selamat menyambut kemenangan lahir dan batin… Ramadhan memang akan segera usai, namun jiwa serta hikmah kesuciannya…semoga senantiasa hadir dalam hati, pikiran, dan rasa kita…
    Mohon maaf lahir dan batin…
    Salam hangat dan damai selalu…

  12. Kawan lamaku,
    Walaupun belumlama betul, aku datang membawa permohonan maaf jika diantar kita ada setitik noktah dosa, semoga bisa dimaafkan.
    Selamat Hari raya Idul fitri mohonmaaf lahir n bathin

    1. Selamat idul fitri.
      Semoga kita semua keluar sebagai pemenang setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.
      Mohon maaf jika selama ini ada salah dan khilaf.
      Taqoballahuminna wa minkum. Minal aidzin wal faizin.

      Jangan lupa zakat fitrahnya!.

  13. Assalamu’alaikum,
    Mari kita semua tobat Nasuha, tobat yang sebenar-benarnya tobat dan bertekat untuk tidak mengulangi kesalahan kita lagi. Kawanlama95, karena sebentar lagi Lebaran, saya mengucapkan Selamat idul Fitri, 1 Syawal 1430 H, Mohon Maaf Lahir Batin. (Dewi Yana dan Keluarga)

  14. Tak terasa ramadhan segera berakhir, para sufi pun menangis karena segera ditinggal ramadhan bulan paling bagus untuk menuju sang kekasih, kita yang lahir akan segera kembali kebatin kelak, segala yang lahir akan kembali ke batin, segala yg batin hanya milik Allah, segala dosa insya Allah akan dilebur, apabila ada salah salah kata dalam berucap maupun postingan maka itu hanya kesalahan kami belaka, segala kebaikan kebaikan yg tersirat hanya milik Allah semata. Akhirnya hanya bisa terucap selamat hari raya Idul Fitri 1430 H kepada mas kawanlama mohon maaf lahir dan batin, taqabalallahu minna wa minkum taqabalallahu yaa karim, minal aidzin wal faidzin

  15. hmm… dalaam banget
    renungan yg bener2 keluar dari sanubari…
    yang tak pernah lepas dari tatapan kasih sayangNya
    pertaubatan final.. tuk mencapai sebuah kesucian sjati
    di akhir ramadhan…

    Bahagia rasanya menatap hari yang Fitri
    tatkala pertaubatan itu sampai pada tujuannya
    Minal Aidzin wal Faizin.. sobat
    maap laer n batin

  16. Langit lebaran telah dibentangkan
    bumi lebaran telah dihamparkan
    kudoakan hatimu seluas langit dan bumi
    cukup untuk menampung dan mengampuni
    semua tindakanku padamu yang menyakiti

    Idul fitri telah menghampiri
    para pecinta Tuhan sejati
    yang sebulan memberi bukti
    dengan amalan tanda berbakti
    pada Ilahi yang Mahasuci
    Mohon dirimu sudi melengkapi
    dengan mengampuni segala salah
    yang kuperbuat selama ini

    ruanghati.com

    1. Sendiri??…
      Indah lagi hidup sendiri itu, seperti lagunya Oppie Andaresta “I am single and very happy” :). So, nikmati saja masa-masa kesendirian itu, karena boleh jadi suatu saat jika telah berdua, mungkin akan kangen pada masa-masa saat ini…

      InsyaALLAH suatu saat akan ada yg membangunkanmu kok. Minta tolong lah kpd ALLAH dengan shalat dan sabarmu. Ganbatte:)

    2. Bangun, bangun, bangun…..sahur sahur sahur…..Eh tapi pasti tak terdengar yah, lha wong ndak ada suaranya kok, cuma tulisan aja:D. Tapi kalo masak ya tetep sendiri yak:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s