belajar dari kemiskinan di hari raya idul fitri


ketupatRasa bahagia meyeruak hadir dalam setiap insan , meyambut gema takbir berkumandang, di sela gemericik hati bernuasa indah mengalun di pagi hari. Ketika kemilau pagi meyapa dalam buaian kalimahMU, Allah . Aku terpekur memandang jama’ah dari berbagai sudut. Terlihat jelas , seyum-seyum yang bahagia hadir dalam semerbak kegundahan Saudara kita yang lain. Khutbah Idul fitri mengungkap realitas sosial masyarakat yang nota bene jauh dari apa yang dinamakan kesejahteraan . Miskin adalah sebuah fenomena klasik dari zaman kezaman . Ketika ini menjadi halangan untuk beribadah maka siapakah yang bertanggung jawab dari realitas sosial saat ini. kata yang tepat adalah adalah belajar dari kemiskinan di hari raya idul fitrisebuah kisah sedih menyambut kesabaran diri. oh empati sebuah keharusankah.

Berbagi adalah kata yang mudah diucapkan dan ditulis di berbagai blog. Ini sebuah niatan awal yang baik untuk setiap diri untuk mensugest kepada diri agar kita memikirkan apa yang menjadi kekurangan orang lain. Harta dan sejenisnya memang bukan teramat penting namun ia

menjadi penting bila mana karena hata tersebut bila ada menjadi tiada. Contoh pergi haji .apakah sampai bila kita tidak mempunyai dana bisa  ke mekah . lah kan daftarnya pakai dana.Sudahlah ini menjadi  sebuah kerangka berfikir agar kita menghargai apa yang dinamakan proses pencarian rezeki.

Aku jadi teringat ketika itu aku bertakbiran di kampus Unri di masjidnya hingga aku berlebaran disitu walau keluarga besar kawanlama95 memang cukup banyak di riau terutama Pekanbaru tapi aku lebih memilih untuk bertakbiran di masjid kampus unri yang telah sepi ditingal oleh mahasiswanya karena pulang kampung . kami hanya bertiga aku orang Bogor satu lagi dari Bandung dan satu lagi Tanjung pinang. Singkat cerita kami belom makan ketupat sampai jam 12 siang …. ywah ini sebetulnya hal yang kecil toh kami sebetulnya bisa makan di Rumah makan ataupun di family kami namun ada pada saat itu ada nuansa yang berbeda saat itu . tapi kami mencoba untuk sabar dan merenung dari situ timbul sebuah kata sependeritaan dan ternyata menambah kuat diantara kami .

Aku jadi teringat kembali ketika di salman ITB seorang mahasiswa yang terbengkalai skripsinya karena tak ada uang kiriman dari pihak keluarga. karena orang tua mereka tak mampu lagi untuk membiayai. Aku mendengar semua yang ia ceritakan hingga ia berkata ” saya sudah terbiasa tidak makan 2 hari namun hari ketiganya biasanya lemes . HMMM inikah contoh klasik sebuah kemisikinan di tengah-tengah kita.

Sahabat ….

ditengah keriangan ini tentu ada kegelisahan ada kesedihan,keharuan datang silih berganti hidup dan rodapun selalu berputar hingga ia akan berjalan sesuai irama langkah yang ia mau. Langkah itu terus berjalan sampai pada puncaknya perjalanan yaitu kematian yang tak tau kapan ia akan datang. Walau diri menghiba sedang jiwakan gelisa maka apa yang kita tuntut terhadap diri ini. bila diri tak bergerak menuju arah yang dikehendaki maka sebuah kata yang tepat di pagi ini adalah Bergerak tak pernah mati . Maka belajar dari kemiskinan di hari raya idul fitri adalah perlu dan penting ,agar kita lebih mawas diri dan mau melihat saudara kita yang kurang beruntung ,semoga menjadi renungan di hari ini.Amien


88 respons untuk ‘belajar dari kemiskinan di hari raya idul fitri

  1. wah keduak neeh

    Bang kawanlama95 kemana jalan-jalan pagi ini , Ke kebob raya Bogor yuuk atau setu cikaret atau situ gedong .ga usah jauh-jauh ya udah ke LIPI ajah dah kan enak neeh. pagi di cibinong kok dingin ya kaya di Bandung neeh

    1. za numpang ngetop neeh di blog kite, sahabat2 ini sepupu saya numpang ngetop dia band dari Bandung kalo ada yang mau nangap kontak aja di fb nya ato hub kawanlama95.

      namgap emang wayan apa, sory za. lah ente tidur mulu gimana jalan 2 pagi nya.

      emang komentnya dimana seeh aku ga liat dikau buka laptop oh pake hp baru neeh

      1. Kemiskinan memang masalah bangsa,,
        Namun itu semua disekeliling kita,,pasti ada.
        Belajar dari kemiskinan adalah suatu hal yang perlu untuk mawas diri…

  2. Pagi2 mampir ke sini dapat pencerahan, iya kak intinya kita jangan selalu melihat keatas, tengoklah selalu kebawah…
    ok kak lari pagi yuuk ke kebon raya… 😀
    ups sory aku masih di palembang

    1. ya ampun de , palembang wong galo, dimana de , aku pernah di kertapati de tepatnya keramasan . empek2 aduh enak e , krupuk udang

      lari 2 boleh juga tuh, bareng ya. tapi jangan keceng2 larinya santai ajah ya

  3. Menurut Mario Teguh orang miskin harus benar-benar memainkan perannya dengan baik yaitu : gemar menolong, santun dan rajin bekerja. Jangan sampai miskin disemua lini.

    Selamat Idul Fitri 1430H. Minal aidin wal faizin.Mohon maaf lahir dan batin.
    Salam sehangat-hangatnya dari Surabaya

  4. miskin harta adalah hal yang wajar saja, karena kehidupan memerlukan keseimbangan ini; miskin-kaya. tapi, yang tidak boleh ada adalah kemiskinan jiwa… semoga kita tidak termasuk ke dalamnya… 😀

  5. Ketupat udah dipotong
    Opor udah dibikin
    Nastar udah dimeja
    Kacang udah digaremin
    Gak afdhol kalo gak Minal Aidin wal Faizin
    Taqobalallahu minna wa minkum

    Selamat idul fitri 1430 H

  6. Kaya dan miskin adalah sunnatullah. Yang terpenting yang kaya tidak pernah melupakan yang miskin. Berbagi, berbagi dan berbagi di hari yang fitri.
    Bukankah kita sudah diingatkan dengan zakat fitrah?
    Zakat fitrah (juga zakat lainnya termasuk shodaqoh) bukan sekedar prosesi pengiring lebaran, namun pembelajaran buat kita untuk saling berbagi dan menghargai.

  7. Saiful zainal sekeluarga Mengucapkan

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin
    “Taqabbalallahu minnaa wa minkum. Taqabbalallahu yaa kariim. Waja’alnallah. Wa iyyakum minal ‘aidiin wal faa iziin..
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

    Ditunggu kedatangannya di cibodas

  8. Tali benang di gae kloso
    moleh nang jowo numpak sepur argopuro
    pirang-pirang taon aku nduwe duso
    mumpung rioyo aku njaluk rondo sepuro 😆
    Taqobballahuminna waminkum taqobal ya kariem…….

  9. Indah sekali renungan ini..mengalir hangat tanpa menggebu-gebu..damai dan menyentuh..membawa pikiran membayangkan tentang belajar kemiskinan dihari raya..

  10. Ku jadi teringat,kemarin pas hari sabtu..ada tetangga yang datang kepadaku..ia meminta uang 10.000 padaku,,namun karena aku tak memegang uang sepeserpun waktu itu aku hanya terdiam,tak berjanji ataupun mengambilkan uang drmh..krn sdg ngecet mushola jd lupa..kasian juga..

  11. malem zamm.. 🙂

    ada banyak pelajaran yan9 diambil dari hari nan fitri ya..
    berba9i bersama sesama,mempererat silahturahim,indahnya kebersamaan.. 🙂

    trimakasi suda sin99ah dan tak bosan sin99ah di @ hutan..
    ada apa den9an makasar dan kampoun9 na9a di9arut zam?

    have @ 9ood time ya zam.. 🙂
    **mauteh maniez an9et nda? hehe.. lumayan wat men9han9atkan badan dimalam y9 din9n ini .

  12. Sahabat…aku tak bisa lagi berkata-kata banyak… Tulisanmu yg satu ini begitu menusuk relung batin… Rasa nyeri itu menyeruak masuk, bersama renungan akan derita serta nasib saudara2 kita yg masih kurang beruntung…
    Salam suci dari fitrahnya hati, utk Mas Amir Azzam…
    Met Idul Fitri…mohon maaf lahir batin…
    Salam hangat dan damai selalu….

  13. Mohon samudera jiwa kakanda, kita bisa saling merdeka-memerdekakan dan dengan begitu akan lebih lapang jalan tuk memperoleh pengampunan Allah.

    mohon maaf lahir bathin iia 🙂

    1. dan memang selayaknya kita mau menengok dari bawah, bahwasanya kemiskinan bukan barang langka yang harus disisihkan.. salute buat tulisan mu yang ini sobat..

      silahkan mampir di gubuk reotku :mrgreen:

      -salam- ^_^

  14. ya..betul sob…miskin harta kita pernah mengalaminya dan bahkan sedang mengalamainya…tp jgn sampai miskin hati..
    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin sob…..maafkan jika komenku kadang tidak berkenan

  15. Sebelumnya:
    Kesalahan perlu ditanggulangi melalui intervensi hati. Perlu kepedulian bersama untuk memaafkan kesalahan yg terlanjur terjadi.
    SELAMAT IDUL FITRI 1430H. Mohon bukakan pintu hati, tuk maafkan smua kesalahan kami.

    Sesudahnya:
    betul mas, jika menengok orang2 yg kekurangan saya juga merasa trenyuh. Ingin hati membantu, tp hanya bantuan kecil yg bisa diberikan

  16. Dalam perspektif tertentu, ramadhan mengajarkan kita dua hal penting :

    1. menahan lapar dahaga, untuk merasakan (agar dipahami) betapa malang nasib orang yang tak mampu memenuhi kebutuhan makan dan minum.

    2. menahan birahi, untuk memahami betapa malang nasib orang-orang yang belum kawin tapi justru disaat mereka sudah sangat membutuhkannya (kebelet).

    Selamat ‘Idul Fitri kawan
    Semoga hari yang mubarak ini mampu mengembalikan kefitrahan dan kedamaian di hati kita semua.

  17. Pernah salah tulis, salah kutip atau salah dalam berkomentar, dibukakan keikhlasan untuk memaafkan semua kesalahan yang telah dibuat.
    Selamat Idul Fitri 1430H

  18. ya saya udah miskin banget mas hehehehe
    mohon maaf lahir dan bathin mas semoga dihari kedepannya kefitrian kita terus terjaga. amin
    salam hangat selalu

  19. Salam Takzim
    Dihari-hari silaturahmi perkenankan mengujungi blogger Indonesia, dengan membawa do;a semoga diberikan kesehatan kepada penghuni blog kawanlama95, walau peluh mengalir di hari ini
    Salam Takzim Batavusqu

  20. belajar darin kemiskinan itu tak harus menunggu lebaran, bisa dipelajari secara terus agar kita senantiasa bersyukur…

    minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin

  21. Sunguh lelah menunggu romadhon kembali, namun bila syawal datang maka kegembiraan datang . namun tidak semua bergembira di hari raya karena selalu saja ada kisah duka di balik kegembiraan orang lain. semoga tabah bagi yang menghadapinya. Amien

    1. Memang lelah om, 11 bulan kedepan ramadhan tiba, ketika belum cukup mengumpulkan amal keceriaan syawal menghantarkan minal aidin wal faidzin
      Salam Takzim Batavusqu

  22. Ia, bener mas…
    Kita harus belajar dari mereka..
    Jangan liat keatas, kita harus liat ke bawah…
    Masih banyak yang masih kurang beruntung dibandingkan dengan kita….

    Selamat lebaran mas, maaf lahir batin 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s