Intelijen


Apa yang dimaksud dengan intelijen?
Intelijen mengacu pada perhatian dan pemahaman
negara terhadap lingkungan strategisnya, yang
diperoleh melalui pengumpulan dan analisa informasi
yang bersifat rahasia maupun terbuka (open-source).
Selain itu, intelijen dapat juga berarti:
» organisasi yang menghasilkan pengetahuan
tersebut;
• kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh
organisasi-organisasi tersebut;
• proses organisasional yang mengarahkan
kegiatan-kegiatan tersebut; dan
» produk yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan
tersebut.
Apakah tujuan dari badan intelijen?
Badan intelijen:
» memberikan analisa dalam bidang-bidang yang
relevan dengan keamanan nasional;
» memberikan peringatan dini terhadap krisis
yang mengancam;
» membantu manajemen krisis nasional dan
internasional dengan cara mendeteksi keinginan
pihak lawan atau pihak-pihak yang berpotensi
menjadi lawan;
» memberikan informasi kepada operasi militer
dan perencanaan pertahanan nasional;
» melindungi informasi rahasia, baik sumber dan
kegiatan mereka, maupun dari lembaga-lembaga
lain; dan
» dapat bertindak secara rahasia untuk
mempengaruhi hasil dari suatu kejadian untuk
kepentingan nasional.
Apakah kegiatan dari badan intelijen?
Pengumpulan adalah tindakan untuk memperoleh data.
Termasuk di dalam hai ini adalah penggunaan sumber Intelijen

Sumber :  ipublicationdocument_singledocument

24-09-09


35 respons untuk ‘Intelijen

      1. intelijen suka ngintipin orang mas…hehehe..tapi intel memang dibutuhkan..buktinya zaman rasulullah juga ada intel buat mengintai musuh..

  1. Inteligen emang dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai emungkinan yang bakal terjadi. Namun terkadang kekurang profesionalisme membuat intelegen melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma dan hukum.

  2. intelijen…. aduuh gk ngerti aku kak….

    tauknya intel itu indomie telur…. kalo inteljen… indomie telur pake wijen… internet.. indomie telor pake kornet…

    hehehehehehee gak nyambung yak kak…. *jangan dipentung..*

  3. intelejen dalam kasus secara umum memang dibutuhkan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan tidak boleh diketahui oleh umum tentang apa yang sedang terjadi.
    Namun sayang beberapa kali operasi intelejen bocor, oknum yang membelot, serta kegiatan merusak, jadi bingung deh sebenarnya tugas intelejen itu apa dan bagaimana

    1. wah kalo aku mah bukan intel jadi ga misterius, sebab semua identitasku ada didunia maya lengkap sape fotoku aja ada tuh. cuma yang mampu merespon semua informasi yang aku buat di dunia maya. biasanya adalah ahli di bidang informasi atau IT atau bisa jadi intel beneran. dari no hp, foto, rumah, minat dan bakat, aktivitas, pekerjaan, pokonya ada semua.

      berarti aku ga misterius kan? he he he

      1. Dan sayang nya aku bukanlah orang yg ahli di bidang informasi atau IT, dan aku juga bukan intel beneran. Jadi buat aku kakak tetap misterius xixixixixi…*enggak mau kalah*

  4. » dapat bertindak secara rahasia untuk
    mempengaruhi hasil dari suatu kejadian untuk
    kepentingan nasional.

    Ini nih yang menyeramkan, apakah bener2 untuk kepentingan nasional? atau hanya pihak2 tertentu saja??

      1. iyalah secara dirimukan meman9 tin99aL dikoMpLeks tentarakan 🙂

        naah klu dia neeh cuma atu2 na dsanah,tapi nda ber9auL ma tetan99a..
        tapi biar ajah dech nafsi nafsi 🙂

  5. aku pernah dengar intelegen juga mau berbuat apa saja demi informasi yang dicari, jadi tukang es, tukang rongsok dll. hati2 tuh sama tukang rongsok, jangan2 intelegen beneran, dan jangan2 intelegen jadi2an alias sedang mengawasi kelengahan kita ….

  6. yah inteligen juga memegang kendali penting stabilitas suatu negara, asal jangan dikotori oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk kepentingan politik

  7. intelijen…
    harusnya mereka kumpulan orang-orang pinter, ya kan?
    tapi kenapa dalam tindakannya terlalu mementingkan logika?
    tidak pernah disertai dengan hati yang merasa pada kebenaran.
    seolah otak dan hati mereka ditutup olehNya…

    huh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s