Beban masa lalu


Setiap orang pernah mengalami masa lalu baik yang mengebirakan ataupun yang meyedihkan. Barangkali anda orang yang sangat beruntuk pada saat ini.Tapi ada juga yang kurang beruntung saat ini.’ Dulu saya pernah kaya tetapi sekarang miskin ‘ itu sepengal kata dari seseorang. “aku

seorang pengusaha dan usahaku banyak di berbagai kota ,namun saat ini sedang bangkrut. entahlah mungkin diantara andapun seorang yang sudah bercerai dengan istri anda atau suami anda.Bisa jadi anda seorang pemuda gagah yang punya banyak pacar namun saat ini justru di tinggal pacar. wah dulu mobil saya aja ada 4 sekarang cuma satu inipun cuma mobil angkot yang sudah butut. HMMm semua orang memang punya beban masa lalu yang cukup rumit.

Beban masa lalu, terkadang sulit keluar dari ingatan kita karena memang memory otak kita tidak bisa di hapus dengan tiba-tiba dan beban masa lalu seringkali membuat manusia untuk tidak bisa bergerak dan menimbulkan efek depresi, sunguh sebuah hal yang tak di inginkan. Beban masa lalupun membuat diri sedih berkepanjangan karena ingatan terhadap hal-hal yang meyenangkan dan kita menginginkan kembali kepada masa lalu yang serba berhasil . keberhasilan itupun bila ingin kembali tidak semudah apa yang di khayalkan , apalagi bila diri tak mau bergerak. uhh sebuah hal yang utopia. Bila ini terjadi jadilah manusia yang panjang angan-angan.

Sekitar dua tahun yang lalu aku dikenalkan oleh seorang mantan direktur yang punya karyawan +- 200 orang .Kehidupan direktur yang serba ada dengan fasilitas yang memadai serta gaji yang cukup besar . Kalau ngeliat rumahnyapun seperti istana di negri impian. Namun apa yang terjadi persaingan bisnis dan karakter pribadi yang suka foya-foya serta sering menjadi pria dengan beberapa wanita simpanan membuat dirinya terlalu terpesona dengan nikmatnya dunia yang hanya sementara. Beriringnya waktu hancurlah kehidupannya dari rumah tangga sampai hartapun ludes berangsur-angsur dengan hutang perusahaan yang cukup besar dan intrik intrik Pesaing bisnis hinga akhirnya Bangkrutlah dengan tidak meningalkan harta yang bisa menjadi tumpuan hidupnya. Dengan motor bututnya ia berhenti di kenalkan oleh Bosku . Kulihat motornya seperti

motor tahun 90an awal . oh kasian kataku dalam hati. Padahala orang yang kuhadapi adalah Mantan direktur sebuah Perusahaan .

Sikap kita saat ini mempengaruhi hari kita dimasa depan. Anda seorang yang punya jabatan atau seorang yang kaya raya dengan mobil banyak dengan mobil dengan keluaran terakhir. ataupun rumah anda seharga 3 m, 2 m atau bisa jadi orang yang sangat kaya ataupun sedang meyongsong kekayaan anda . Hmm bisa jadi Saat ini adalah yang terbaik untuk kita sehinga kita hanya menjadi orang biasa. dan yang terbaik adalah menjadi orang yang bersyukur. Mari tetap semangat dan jangan berubah dari kebaikan anda sebab bisa jadi itu yang menunjang kesuksesan anda . Semoga beban masa lalu bisa menjadi Inspirasi kita semua .Amien


29 respons untuk ‘Beban masa lalu

  1. sian9 sob 🙂

    masa lalu adalah ba9ian dari masa depan,tanpanya tak bisa melalui rentan9 waktu
    setiap oran9 punya fase yan9 beda dlm men9hadapi hidup
    jan9an dijadikan beban,tapi ambil hikmahnya,jadikan plajaran untuk selanjutnya,bukan b9itu zam 🙂

    btw zam,banyak ban9ed yah pen9alammnya *takjub..

    have nice Lunch yaa 🙂

      1. maaf yaa.. waktu baca prolog saya mau ketawa.. ga tau yaa kenapa gituh. mungkin karena salah ketik tuh, beruntuk… ternyata beruntung maksute. semangat banget sih ngetiknya..

        sutralah, yang lalu biar berlalu, jadi spion aja. harta bisa habis, yg penting iman tetep di hati sampe mati.. supaya inget lautan jgn sampe lupa daratan :p gag nyambung…

  2. Bukankah ALLAH memang selalu mempergilirkan roda kehidupan ini…Dan dimana pun tempat kita saat ini, yang terpenting kata guru ngaji adalah mensyukuri apa yg ada di tangan kita, dan yang nyata di hadapan kita. Kecewa itu manusiawi pastinya, asalkan itu jangan sampai menghentikan langkah kita untuk mempersembahkan yg terbaik dalam cerita hidup yg hanya sekali ini.

  3. beban, gak masa lalu, ga masa sekarang, ga masa depan, sikapilah dengan 1 prinsip : hidup hanya 1 kali, jangan kau tambahi dengan beban yang akan mempersingkat hidupmu… masalah, beban, derita, hanya akan jadi cerita kelak saat kita tua, jadi bahan tertawa, jadi kenangan yang indah.. yakinlah

    Salam kenal dari dudi jaya, from tasikmalaya

  4. seorang sahabat pernah menasihati saya, sedetik yang kita lewati, tak kan terbeli dengan dunia dan isinya, seeorang yang tidak bisa mengendalikan masa kininya, maka ia akan dikendalikan masa depannya.

  5. kejadian-kejadian di masa lalu memang terkadang sulit untuk dilupakan bahkan mungkin akan sangat membekas di ingatan….
    tapi sekali lagi kesalahan-kesalahan di masa lalu bukanlah untuk disesali tapi harus direnungi dan ditelaah lagi agar tidak terulang di ke depannya..

  6. apapun yang terjadi di masa lalu akan tetap menjadi kenangan. Apakah kenangan yang menguatkan atau kenangan yang melemahkan tergantung kita sendiri yang membawanya.

  7. hidup memang kayak roda
    berputar tanpa henti
    saat di atas… jangan sombong
    saat di bawah… jangan sedih
    suatu saat… pasti akan ada kondisi yg berimbang

  8. wah, terkadang kenikmatan dunia memang membuat kita lupa segalanya…

    semoga itu menjadi masa lalu yang bisa membuat kita lebih bijhak untuk menjalani kehidupan di masa depan….

  9. kawan
    Jangan jadikan masa lalu sebagai beban
    jadikan masa lalu sebagai pelajaran
    agar kita bisa bisa menapaki kehidupan
    dengan aman dan nyaman di masa depan
    masa yang penuh harapan dan pengharapan
    raih jati diri
    tetap berlindung pada ilahi
    hidupmu pasti bahagia

  10. Yang penting saat ini saya menikmati jalan hidup saya.
    saya adalah perencana masa depan saya.
    tapi toh nantinya Allah yang akan mengabulkan atau mencarikan jalan lain.
    Yang penting realistis dan hati2…

    salam kenal 😀

  11. Nice article 🙂
    Seorang Al Ghazali berkata “Yang paling jauh dari diri manusia adalah masa lalunya, sementara yang paling dekat dari manusia adalah kematiannya sendiri”.

    salam kenal 😀

  12. hitam dan putihnya masa lalu jadi cermin buat saya, bahkan bisa menjadi sebuah inspirasi. itu memang sebuah proses perjalan hidup, dan sebagai tanda bahwa tidak ada sesuatu yang langgeng dalam hidup ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s