Profil Kabupaten Bogor


Kabupaten Bogor adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cibinong. Kabupaten Bogor secara geografis terletak antara 6.19- 6.47 lintang selatan dan 1061′-107103′ bujur timur. Wilayah Kabupaten Bogor di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tangerang (Banten), Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Karawang sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Lebak (Banten) dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Luas wilayah Kabupaten Bogor 2.371,21 Km2 yang terbagi menjadi empat puluh Kecamatan dan 17 Desa/kelurahan.

Di sektor pertanian, kabupaten yang dalam wilayahnya terdapat kota depok dan kota bogor ini, menggantungkan hidupnya dari tanaman bahan makanan. Komoditi pertanian yang dihasilkan Kabupaten ini antara lain Padi sawah, padi gogo, Jagung, Kacang Tanah, Ubi Kayu, Ubi Jalar, Wortel, Bawang Daun, Ketimun, Kacang Panjang, dan Cabe.

Penyumbang kegiatan ekonomi kedua di Kabupaten ini adalah sektor peternakan. Setiap tahunnya perkembangan produksi ternak di kabupaten bogor terus meningkat. Adapun komoditi yang dihasilkan antara lain Sapi, Kerbau, Kambing, Domba, Ayam Ras, Ayam Buras, dan Itik.

Kabupaten bogor memiliki potensi wisata yang sangat besar. ada sembilan lokasi unggulan yang menjadi andalan pemda kabupaten, yaitu Telaga Warna (Kecamatan Megamendung), Prasati Ciaruteun (Kecamatan Cibungbalang), Goa Gudawang (Kecamatan Cigudeg), Perkemahan di kawasan Gunung salak (Kecamatan Cibungbalang), Taman Safari Indonesia (Kecamatan Cisarua), PT Perkebunan Nusantara XII Gunung Mas (Kecamatan Cisarua), rumah makan disepanjang jalan raya puncak (Kecamatan Cisarua), air panas Ciseeng (Kecamatan Parung), dan Taman Rekreasi Lido (Kecamatan Cijeruk).

Wilayah Timur Kabupaten Bogor merupakan kawasan favorit pengembangan wilayah pemukiman Jakarta saat ini. Alasan utama hal tersebut adalah karena telah dibukanya jalur jalan baru dari Cibubur menuju Bandung melewati Gunung Putri dan Cileungsi. Jalur ini belum memiliki nama resmi, sedangkan nama yang secara umum digunakan masyarakat adalah Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi. Sejak dibukanya Jalan Alternatif tersebut, kompleks pemukiman moderen dengan skala besar segera bermunculan sehingga harga tanah di kawasan ini menjadi salah satu yang termahal di Bodetabek.

Sumber Data:

Jawa Barat Dalam Angka 2007

(01-7-2007)

BPS Provinsi Jawa Barat

Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124

Telp (022) 7272595, 7201696

Fax (022) 7213572


25 respons untuk ‘Profil Kabupaten Bogor

    1. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
      Tambahan info;
      Kaupaten Bogor (kalau gak salah) memakai Lutung Surili (Presbytis comata) sebagai satwa (fauna) identitas Kabupaten Bogor dan Nenas Subang (Ananas comosus) sebagai flora identitas.

  1. wah subur sekali tanahnya ya mas, hingga banyak hasil bumi yang di hasilkan. saya pernah dengar sih, Bogor juga cukup besar penghasil padinya. sebutannya saja kota hujan, wah nggak ada kekeringan di sana ya kawan.

    salam.

  2. HHmm…Ada apa gerangan ini mas Kawanlama95 memposting berita mengenai Bogor…??? Mau jadi Bupati kah hohohohoohho 😀
    Just Kidding 😀
    (Atau sedang mereview jalur alternatif nya ya)
    Salam semangat selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s