Ketika kematiankan datang,


Ketika kematiankan datang

Ketika kematiankan datang, setiap manusia menginginkan sebuah kematian yang berakhir dengan kebaikan. Itu mungkin cita-cita setiap orang beriman. Banyak kita lihat saudara-saudara kita mati dalam kesengsaraan, seorang tetangga mati kelojotan sehabis meminum minuman keras, ada juga sedang beler sedang di pengaruhi narkoba ada juga mati ketika sedang berbuat Zina dengan seorang Pelajur . Banyak pristiwa kematian di mata kita diakhiri dengan keburukan. Tentu ini menjadi pelajaran berharga buat kita semua. Agar kita manusia tidak terjadi pada kita.

Tentu saja bagi setiap manusia menginginkan kematian diakhiri dengan kebaikan. dan mungkin ini sebuah cita-cita yang tak pernah surut. apapun pekerjaan dan aktivitas kita. Seorang pembunuh sekalipun tentu menginginkan kematian yang diakhiri kebaikan. Seorang pelacurpun berkata. Sekarang biarlah saya bekerja sebagai seorang yang hina tapi saya akan tobat dan saya tidak mau mati dalam keadaan seperti ini.
Sebuah keinginan yang baik tapi …..

Banyak kisah – kisah menarik tentang pristiwa kematian, yang menjadi pelajaran kita semua. Namun apapun bentuknya pristiwa kematian tersebut tentu harus di persiapkan dengan matang. Bisa saja kita adalah orang-orang profisional dalam pekerjaan sehari-hari ataupun kita seorang perecanana yang hebat dan kita seorang yang ambisius dan idealis. Namun pertayaannya adalah , apakah kita telah mempersiapkan kematian kita yang mempesona. Seorang yang sudah sukses dengan rencana-rencananya dia seorang yang kaya raya sekalipun tanyalah kepadanya , Apakah anda mempersiapkan kematian anda? apa yang telah dilakukan dengan menuju kematian?

Aku bukanlah orang yang hebat dan kaya raya dan juga bukan orang yang populer, namun aku ingin menjadi orang yang cerdas
yaitu orang-orang yang mempersiapkan kematiannya. Semoga ini menjadikan pemikiran kita agar menjadi Mawas diri .
Tidak mudah rupanya menjadi orang baik tapi memulai adalah mudah bila niat dan kehendak ada . Semoga kematian kita menjadi indah dan mempesona

postingan ini di publish ketika kudengar lagu gugur bunga berkumandang dari audio laptop sang kawan , teringat sebuah kisah sedih sebuah tragedi memilukan , aku tak paham ketika  kematiankan datang, apakah kita diujung kebaikan apa diujung akhir yang buruk.


44 respons untuk ‘Ketika kematiankan datang,

      1. Sodaraku kemarin minggu malah tidur blabas sampai ngakerat mas, digugah udah diem.
        Btw ini benar apa memang disengaja ya :
        “ada juga sedang “beler” sedang di pengaruhi narkoba ada juga mati ketika sedang berbuat Zina dengan seorang “Pelajur” mohon dicek kembali mas. Wis sue aku ora dolan mrene.

  1. emmang kematian itu tidak bisa diperkirakan datangnya. maka dari itu harus dipersiapkan sekarng juga apa-apa yang harus dibawa kertika kematian datang. Persiapan akan kematian menjadi lebih penting daripada datangnya kematian itu sendiri.

  2. Hidup lebih ikhlas dari hari ke hari tentunya akan membawa kita kepada kualitas kehidupan yang lebih baik sehingga tentunya akan lebih baik pula dalam menghadapi kematian.

  3. ternyata proses kematian itu bermacam-macam…
    aku pilih yang baik aja…
    dan aku berdo’a semoga kematian kita semua menjadi kematian yg khusnulkhotimah…
    Amien…

  4. Assalaamu’alaikum

    Tulisan yang menyentuh hati dan mengesankan. Aku rela dan redha kalau saatnya sudah tiba.. tetapi kapan hadirnya kematian itu. Wallahu’alaam. min ‘ilmi Rabbi. salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  5. tulisan yang sangat kontemplatif. bagaimanapun setiap manusia menginginkan kematian yang baik, husnul khotimah. kalau soal persiapan, berarti harus sejak dini sekali, sebab tidak ada manusia yang tau kapan ajal menjemputnya.

    terima kasih untuk tulisannya yang mengingatkan.

  6. pada saat kita meninggal nanti, apakah:

    1. Dunia menjadi lebih baik karena kita pernah hidup?
    2. Dunia menjadi lebih baik karena kita meninggal?

  7. Hidup adalah sebuah tempat transit (berhenti sejenak) dari sebuah perjalanan yang panjang. Dan ujung dari perjalanan itu adalah kematian. Semoga husnul khotimah menjadi akhir perjalanan kita kelak… Aamiin 🙂

  8. Ketika kita lahir, orang2 semua tertawa tetapi kita sendiri yang menangis.
    Mudah2an kelak jika kita meninggal dunia, ketika semua orang menangis, kita justeru tersenyum karena kita meninggal dalam keadaan khusnul khatimah dengan membawa bekal terbaik yaitu iman dan takwa. Amin
    salam hangat dari Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s