Operasi Intelijen


Operasi Intelijen

Sejarah dunia mencatat bahwa berbagai peristiwa besar yang terjadi, dari peperangan sampai berdiri dan hancurnya suatu negara, tak lepas dari sepak terjang para agen intelijen. Dalam suatu operasi intelijen, mereka melaksanakan dengan penuh kecerdasan, kecerdikan, kelicikan, petualangan rahasia dan tipu daya.

Operasi intelijen selalu menyisakan misteri, karena dari perencanaan hingga pelaksanaan kerahasiaan selalu dijaga. Kita sebagai rakyat hanya mampu melihat asap tanpa tahu dimana apinya. Meskipun rahasia, dampak dari suatu operasi intelijen selalu mengemuka dan efeknya pasti terasa bagi perjalanan sebuah negara.

Pembunuhan politik, sabotase dan kudeta adalah bentuk operasi intelijen yang kentara. Sementara penggalangan, infiltrasi dan penciptaan kondisi langkahnya lebih halus, tetapi seringkali memberi dampak yang lebih dahsyat. Sering suasana chaos dan rusuh massal bisa menggoyang stabilitas sebuah negara yang ujungnya adalah revolusi dan reformasi.

Ruang lingkup operasi bukan hanya dalam satu aspek saja, melainkan multiaspek. Dari pembunuhan politik (assassin), hingga operasi penghancuran ekonomi (the economic hit man).

Mengetahui berbagai aksi teror dan kejahatan sangat bermanfaat untuk mengantisipasi aksi para agen intelijen. Karena taktik dan tipu daya teroris maupun dunia kejahatan tak lain merupakan bagian dari 1001 trik intelijen.

Tanpa kita sadari keberadaan para agen intelijen sangat dekat dengan kita. Mungkin mereka adalah orang-orang terdekat kita dalam kehidupan sehari-hari.

Para agen intelijen, baik dalam maupun luar, sangat berperan peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini di negeri kita. Kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen dan kasus Bank Century yang belum tuntas merupakan dua kasus dimana para agen intelijen berperan aktif. Jangan takut dengan para agen intelijen, tapi malah sebaliknya kita harus mengenal mereka karena bukan tak kenal maka tak sayang melainkan tak kenal berarti akan susah memenangkan
operasi-intelijen.


55 respons untuk โ€˜Operasi Intelijenโ€™

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

    Alamendah’s Blog turut mengucapkan berbela sungkawa atas meninggalnya guru bangsa; Gus Dur. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah swt. Amien

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!

    Tentang intelijen lagi, nih?. Saya punya teman yang menjadi intelnya polri. Gila, rambutnya panjang kali dan tattoan.

    1. kasian ya padahal kan tatoan dilarang dalam agama islam jadi kacian ya dosa telus. kenapa harus tatoan ya. di komplek tinggalku sepertinya Intelnya biasa aja, ga serem, culun , gaul

  3. Agen itu memang sangat dibutuhkan.
    Selamat tahun Baru 2010, ya.
    Semoga Allah Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.
    Salam hangat dari Pekalongan

  4. aha..spt nama acara di metro tv aja operasi intelijen.
    saya suka acara tsb.. peristiwa politik masa lalu di negeri ini tertuak di acara tsb. dan semua nggak terlepas dr peran intelijen.
    **jgn2 kegiatan ngeblog kita ini jg diintip oleh seorang intelijen ya ๐Ÿ˜›

  5. selamat pagi

    saya pake intel pentium 4
    *gak nyambung*

    memang intel itu serba misterius,
    jangan jangan,
    ada alien di sekitar kita, yang menyembunyikan keberadaan mereka.
    mereka adalah intel dari luar angkasa,
    yang sedang menyelidiki manusia bumi ๐Ÿ˜Ž

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  6. Bagaimana kita bisa mengenal agen intelijen, sementara mereka pasti menyembunyikan identitas diri mereka sebagai intel ketika berinteraksi dengan masyarakat umum, iya gak? *kayaknya sih iya hehehe*

      1. lha bukan intelejen dong namanya kalo ketahuan orang lain ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

        Atau jangan2 anda bagian dari intelejen? ๐Ÿ˜€

  7. betul itu, banyak intel yang sekarang berambut gondrong dan bertato
    apa memang harus begitu, untuk penyamaran??
    saya jadi bingung ๐Ÿ˜‰

    Salam kenal, terima kasih telah berkunjung ๐Ÿ™‚

  8. Halo, Kawan… Lama tak jumpa nih. ๐Ÿ˜€
    Disuguhkan pula dengan artikel menarik penuh manfaat. Sesuatu yang masih langka dan sangat perlu dipahami orang banyak. Trims, Kawan…

  9. peranan inteligen penting juga buat stabilitas pertahanana dan kemanan nasional. Meski di tahun -tahun belakangan ini beberapa oknum BIN terjerat kasus, tetap kita perlu lembaga inteligen ini

  10. lembaga inteligen? asalkan proses pengusutan kasus2 dilakukan proporsional dan jujur sih nggak masyalah. yang paling ditakutin kan masalah konspirasi berskala besar ๐Ÿ˜

    saya pikir beberapa sepak terjang operasi intelijen ini lumayan yahud, koq. termasuk operasi yang sukses mengeliminasi bomber yang bikin kita tidak nyaman dan aman tinggal di negara sendiri itu

  11. turut berduka cita atas wafatnya pahlawan bangsa.
    secara mengejutkan ternyata beliau berasal dari kota yang nggak seberapa jauh dari kota asalku (perbatasan sidoajo dan mojokerto),kalo saja saya berada dikampung…sudah pasti turut belasungkawa secara langsung.

    salam sejahtera

  12. Berkunjung di pagi hari. Silaturahmi kepada sahabat semua, selamat ya kita sudah berhasil memasuki tahun 2010, semoga di tahun 2010 ini penuh berkah dan rahmat dari sang maha agung, di jauhkan dari segala macam bencana di hindarkan dari segala macam mara bahaya, sehingga kita hidup penuh kedamaian,

  13. Assalamu’alaikum,
    Kalau menurut saya, pengunjung blog kawan lama 95, ramai, ini terlihat dari komentar yang masuk. Ohya, Selamat Tahun Baru ya… semoga ditahun ini, semakin bertambah ketakwaan kita kepada Allah Swt, dan semoga kita bisa lebih sukses dari tahun sebelumnya. Maaf, saya lama absen ngeblog, jadi baru sempat berkunjung sekarang. (Dewi Yana)

    1. yapzz….akhirnya harus mengisi kolom komentar ini dengan sehat :mrgreen:

      ketika semua peristiwa itu terjadi, sebagian orang pun menilai inilah dunia Inteligen, yang sangat sulit untuk di tatap secara ‘kasat mata’ akan tetapi saya juga setuju dengan pendapat Bang Azzam, kita harus lebih mengenal siapa mereka dan seperti apa sosok mereka, bukan begitu Bang ? ๐Ÿ˜†

      -salam-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s