Catatan BADAN INTELIJEN NEGARA: Penyadapan Telpon


Catatan BADAN INTELIJEN NEGARA: penyadapan telepon

Salah satu bahaya yang mungkin tidak disadari oleh pengguna telepon seluler ialah penyadapan. Banyak pelaku tindak korupsi tertangkap hanya karena telepon seluler. Tapi penyadapan juga dapat dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah kita harus mengetahui teknik-teknik menyadap telepon seluler agar kita dapat menghindarinya.

Penyadapan terhadap telepon seluler merupakan salah satu penemuan penting. Meningkatnya jumlah pelanggan ponsel di banding pengguna telepon kabel biasa membuat teknologi ini berguna bagi penegak hukum untuk mengusut berbagai kejahatan.

Namun di sisi lain, teknologi ini juga menjadi ancaman pelanggaran hak pribadi para pelanggan selular. Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja sebuah penyadap telepon selular?

Ada dua macam teknologi penyadapan ponsel. Yang pertama adalah penyadapan menggunakan alat tertentu, dan yang kedua adalah penyadapan menggunakan software tertentu.

Penyadapan menggunakan alat biasanya memanfaatkan teknologi bernama interceptor. Sebuah interceptor bekerja dengan cara menangkap dan memproses sinyal yang terdeteksi oleh sebuah ponsel.

Ia juga dilengkapi dengan Radio Frequency triangulation locator yang berfungsi untuk menangkap sinyal secara akurat. Ia juga dilengkapi dengan sebuah software Digital Signal Processing yang membuat pemrosesan algoritma bisa berjalan cepat dan mudah.

Sehingga, pengguna alat ini dapat menangkap sinyal dan trafik selular dan mengincar spesifikasi target tertentu. Jadi, alat ini bisa menyadap berbagai pembicaraan di ponsel-ponsel yang sinyalnya masih tertangkap di dalam jangkauannya.

Cara penyadapan lain bisa dilakukan melalui sebuah software mata-mata (spyware). Seperti halnya sebuah program jahat semacam trojan dan malware, spyware mampu melacak aktivitas ponsel dan mengirimkan informasi tersebut kepada pihak ketiga, dalam hal ini adalah si penyadap.

Oleh karenanya, aplikasi spyware menyebabkan baterai dan pulsa ponsel bakal cepat terkuras. Program ini dapat menonaktifkan program tertentu di dalam ponsel, bahkan menghapus informasi yang tersimpan dalam ponsel tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

PDA dan ponsel pintar merupakan sasaran empuk penyadapan, karena ia memiliki kemampuan untuk menerima informasi penting seperti e-mail informasi dari internet, pesan instan dan lain-lain. Apalagi, informasi-informasi penting seperti akun bank biasanya disimpan disini.

Tak hanya itu, konektivitas PDA dan ponsel pintar juga menyebabkannya lebih terbuka dari serangan trojan atau spyware. Oleh karenanya, perlakukanlah ponsel cerdas Anda seperti komputer. Pastikan ia memiliki antivirus. Jangan membuka pesan atau file yang dikirim oleh orang yang tak dikenal.

Sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk mengidentifikasi apakah ponsel kita sedang disadap orang. Berikut ini beberapa cara simpel untuk mengenali gejala-gejalanya.

1. Bila baterai ponsel Anda menjadi lebih cepat terkuras padahal jarang digunakan, Anda harus curiga. Sebab, sebuah software mata-mata (spyware) yang sudah tertanam di ponsel, biasanya akan mengirimkan informasi-informasi kepada si penyadap. Hal ini menyebabkan baterai ponsel akan lebih cepat terkuras.

2. Walaupun Anda tak menggunakan ponsel tersebut, bila disentuh, ponsel ini terasa hangat karena walaupun terlihat tak digunakan, ponsel ini sebenarnya bekerja, kemungkinan karena proses penyadapan itu sendiri.

3. Saat digunakan untuk menelepon orang lain, Anda mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, misalnya bunyi klik, derau, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume ponsel juga bisa bisa berubah-rubah sendiri

4. Bila terdengar bunyi yang tak wajar dari ponsel saat sedang tak digunakan, kemungkinan ponsel Anda sedang bekerja, berfungsi sebagai receiver atau transmitter yang sedang menerima percakapan telepon di area sekitarnya.

5. Beritahu kepada orang yang Anda percaya bisa memegang rahasia, tentang informasi tertentu. Bila kemudian orang lain mengetahui informasi Anda itu, tandanya, ponsel Anda sudah disadap orang.

Artikel tentang penyadpan ini. Milik Badan Intelijen Negara


155 respons untuk ‘Catatan BADAN INTELIJEN NEGARA: Penyadapan Telpon

  1. info yang menarik, walaupun mungkin Hp bunda gak ada yg bakalan menyadap ( emangnya orang penting ? ), paling tidak jadi menambah pengetahuan juga ttg sadap menyadap peralatan ini.
    Salam.

  2. Cara masang spyware itu gimana, Mas? Apakah seseorang itu harus menyentuh hp kita dulu supaya bisa memasukkan spyware ke hp kita?
    (pernah lihat cara penyadapan hp dg cara begini di pilem)

  3. bahkan di USA pun, seluruh percakapan telepon & HP Presiden, direkam. Hanya saja baru bisa dipublikasikan 30 tahun setelah Ybs tidak menjabat lagi sebagai presiden.

  4. Jadi begitu ya cara kerja penyadapan. Dari artikel di atas kayaknya gak semua hp menjadi objek penyadapan deh. Ada hp tertentu yang sengaja menjadi target penyadapan.

    kira-kira siapa juga yg berminat menyadap hp saya ya… gak ada kayaknya tuh…

  5. wow, artikel bermanfaat nih..
    Sebelumnya saya juga heran, bagaimana caranya menyadap hasil pembicaraan yang begitu banyak seperti yang dilakukan KPK, kupikir minta rekamannya ke pihak operator 🙂

  6. Salam hangat untuk para sahabat
    Semoga kita selalu bersemangat
    Merangkai kata menyusun kalimat
    Persaudaraan bloger indonesia semakin kuat

    sedj

  7. software penyadap harus terpasang pada ponsel pengguna untuk bisa melakukan transfer / receiver data. Bagaimana kalau software tersebut tertanam pada penyedia jasa (telkom, indosat, excelcomindo) malah lebih berbahaya lagi.

    *membaca artikel di atas sayakok menemukan pengulangan paragraf*

  8. waaaahhhh..batre ponselku sering drop, kadang² panas walopun g di pake..jangan² aku di sadap??? biarlah tak apa di sadap..asal jgn di puter di depan MK saja hehehe…
    nice info kang

  9. artikelnya bermanfaat bgt..saya jadi tau system penyadapan…untunglah hp saya jadul banget, keknya software² baru g akan bisa masuk hehehe..lagian buat apa nyadap saya, lha wong yg tlp saya aja g ada hihi..
    trimakasih infonya mas, bermanfaat bgt.

    salam, ^_^

  10. Posting yang sangat informatif. Tapi untunglah, aku bukan orang terkenal atau gimana yang obrolannya layak disadap.. thanks God! 🙂
    Thanks for sharing, yah…

    1. kalo mau nyadap ga harus orang terkeanl loh, bisa aja nyadap hp pacar sendiri ato istri , iyakan. atau rekan bisnis. anak buah kita, atau atasan kita . bisa aja mas

  11. Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

  12. Dengan hormat disampaikan bahwa BlogCamp ( http://abdulcholik.com ) masih dalam tahap perbaikan karena roda pendarat mengalami gangguan.he he he.
    Beberapa tehnisi sedang kerja keras untuk mengembalikan kondisinya.
    Saya sementara berada di Posko Bhirawa ( http://mbahcholik.info ) dan saat ini sedang menggelar promosi kaos loreng.
    Silahkan para sahabat berkunjung sebelum waktu promosi habis.
    Salam hangat dari Bhirawa.

  13. malam Bang Azzam…. 😀

    waduh Inteligen lagi nihh ?? 🙄 hufhhh ko bisa ya Bang nyimpen software seperti itu *untuk hp ku murahan jadi ga ada fitur menarik yang bisa menyimpan software* :mrgreen:

    selamat malam & selamat beristirahat Bang

    -salam-

  14. Waduh serem.. untung aku bukan orang terkenal, dan ga penting baget kayaknya, jadi ngabisin waktu doang nyadap2 aku.. hehehe ^_^

  15. ketika sang surya pagi sinarnya terlindungi oleh gumpalan awan, sejuknya pagi membuat raga enggan tuk beranjak dari peraduan, namun hati terbesit untuk memberi ucapan kepada para sahabatku tersayang, sekedar sebuah harapan, selamat pagi, selamat memulai pengembaraan di hari yang penuh harapan ini, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita tuntunan dalam setiap langkah,

    dituliskan bersama tetes embun bagi semua sahabat

    Ruanghati.com

  16. Assalamu’alaikum, Alhamdulillah, saya bukan orang penting, jadi tidak perlu khawatir disadap. Yang penting kita jalani saja hidup dengan baik dan benar, cari rezeki dengan cara yang halal, tidak terlibat dengan orang2 yg berbuat salah, InsyaAllah kita akan jauh dari penyadapan. (Dewi Yana)

  17. Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

  18. selamat malam kawan…

    sadap menyadap sampai segitunya mas. tapi saya yakin, baterai hp saya cepat habis karena sinyal di tempatku sulit…. 😆 halaaah..siap juga dan untuk apa hp ku di sadap… 😆

    tehnologinya memang sudah luar biasa kawan. artikel yang mantaaap 🙄

  19. Assalamu’alaikum, apa kabar kak? lama nih aku gak komen hehehe…

    Kalau penyadapan kan aktivitas yang tersembunyi, nah kalau kita merekam pembicaraan orang di telfon dengan sepengetahuan ybs, itu namanya apa yah? hehe boleh gak???

  20. Harusnya kan orang2 penting aja ya yg disadap?? tp pernah lho ada kejadian di sekitar saya, ada seseorg yg curhat dan mengaku telp.nya disadap teruz org yg menyadap telp blk ke org yg disadap n’ menasehati orang yg kena sadap tsb. ternyata si penyadap mendengarkan percakapn yg tidak baik dan menasehati spy tdk lg berkata-kata kasar heheh.. sy menahan tertawa mendengarnya, ternyata ada jg ya penyadap yg nasihat-menasihati dlm kebaikan..

  21. saya duluh sudah pernah mencoba ini..menyadap hanpone (tapi sayang kurang maksimal) soalnya hanya menggunakan bloetooth (saat pengguna sedang telpon)..tapi jika saat pengguna hp tersebut sedang smsan, (misal : si A sms si B.. sms si A terkirim ke si B dan juga terkirim ke saya).. maaf lupa sotwarenya, yang jelas ini disebut software bimbingan orang tua untuk memantau pergaulan anaknya melalui telpon seluler.

    salam

  22. Nice info, tapi untungnya saya bukan termasuk yang membutuhkan sadap menyadap telpon..
    Bisa parno kalo diturutin…hehe

  23. mau tau hp anda kena sadap apa gak….?
    tekan *#61#
    kalo ada penerusan panggilan ke no ttt, hati2lah..
    kalo penerusan panggilan tidak aktif, nah….aman….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s