10 CARA MUDAH HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

PDF Cetak E-mail
Oleh Managemen Yasmin
Jumat, 23 Oktober 2009 13:49
Oleh: dr. Mohammad Ali Toha Assegaf
(Sehari-hari praktek di Rumah Sehat Afiat, Telp. 021-7547291)

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa sehat bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya bukanlah apa-apa. Rasulullah SAW berkata: Kebahagiaan adalah jika kamu bangun tidur dalam keadaan sehat dan kamu memiliki cukup persediaan untuk hidup hari itu”. Manusia modern berpikir tentang hidup sehat dengan cara yang terlalu canggih, akibatnya sebagian besar dari mereka beranggapan bahwa untuk menjadi sehat itu mahal dan sulit. Padahal banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang ternyata bisa membuat orang menjadi lebih sehat, bahkan menjadi sembuh dari sakitnya. Ada sepuluh hal yang akan diterangkan, lima dalam tulisan ini dan lima tulisan pada edisi berikutnya.

1. Kebiasaan Tidur Cepat Bangun Cepat
Nabi SAW. tidak melakukan aktifitas setelah shalat Isya’ kecuali bicara tentang hikmah dan pertanian. Setelah itu Nabi SAW. cepat tidur agar bisa cepat bangun untuk menjalani sholatul lail dan qiroatul qur’an. Kebiasaan membaca buku yang berat atau pun menonton cerita horor menjelang tidur, akan mengurangi kenyenyakan tidur kita. Maka saya selalu menganjurkan kepada para pasien untuk menyingkirkan TV dari kamar tidur, karena akan mengganggu kenyamanan kita atau pasangan hidup kita. Tidur yang tidak pulas, meski lama, akan membuat badan tidak bugar .

2. Syukur Nikmat
Firman Allah SWT: ”Dan, tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat  kepadamu, dan jika kamu mengingkari, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrahim : 7).

Dalam ayat ini Allah SWT menjanjikan kebahagiaan berupa tambahan nikmat bagi orang yang bersyukur, sehingga orang yang bersyukur akan mendapatkan lebih dari yang diharapkan. Kebahagiaan yang besar karena bersyukur ini akan meningkatkan kesehatan dengan makin baiknya regulasi hormonal rubuh kita. Firman Allah SWT: ”Bagaimana  Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri  lagi Maha Mengetahui”. (Q.S. An Sumb-Nisaa’:147).

Sumber : http://www.yasmin-barbeku.org/smart-healing.html

Iklan