PENTINGNYA AIR BAGI KESEHATAN
Oleh : dr. Mohammad Ali Toha Assegaf
(Sehari-hari praktek di rumah Sehat Afiat, Telp. 021-7547291)

rumah sehat afiat
Rumah sehat

Air adalah kehidupan . Orang bisa tidak makan dalam jangka yang sangat lama namun tidak bisa kehausan dalam waktu lama . Allah SWT berfirman :
Wa ja-‘alnaa minal maa-i kulla syai-in hayyin, afalaa yu’minuun
Artinya :” dan kami jadikan dari air segala sesuatu menjadi hidup, maka mengapakah mereka tidak juga beriman” (Q.S. Al-anbiyaa : 30)

Firman Allah SWT tersebut diatas telah disampaikan oleh Rasulullah SAW sejak 15 abad yang lalu, mendahului temuan manusia bahwa memang air adalah komponen yang sangat penting bagi kesehatan. Baru kurang dari 2 abad yang lalu para peneliti kesehatan mengetahui bahwa 70% dari tubuh kita adalah air, bahkan otak kita 85% adalah air. Maka dari itulah jika seseorang mengalami kekurangan cairan, otak akan menjadi bagian yang paling menderita.

Dokter Batmanghelij, seorang dokter Inggris keturunan Iran yang sangat terkenal di dunia dalam bukunya Your Body’s many cries for water,/ Tubuhmu menjerit minta air, dalam berbagai penelitiannya mendapatkan bahwa orang yang bisa memenuhi kebutuhan airnya dan menjaga agar tidak dehidrasi akan menghemat pengeluaran kesehatannya sampai 30%.

Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa dehidrasi dapat menyebabkan lebih dari 80 macam penyakit serius diantaranya adalah kencing manis, ginjal, liver, kelebihan asam urat, kegemukan, rematik, Multiple Sclerosis bahkan kanker. Berapakah kebutuhan air murni bagi tubuh kita? beberapa kepustakaan menyebutkan 30 cc/kg bb/hr pada cuaca sejuk dengan aktifitas normal, volume yang dihitung adalah air murni, tidak termasuk jus, teh, cola, maupun kopi. Mereka yang aktifitasnya tinggi, misalnya olah raga, ataupun cuaca panas hendaklah menambahkan 20% atau menjadi 35 – 40 cc/kg bb/hr. Beberapa ahli juga menganjurkan agar mereka yang minum kopi hendaklah menambahkan minum air kira-kira sebanyak volume kopi yang diminum, ini karena kopi adalah light diuretic/sedikit meningkatkan volume air seni. Minum kopi juga meningkatkan jumlah kalsium yang keluar lewat air kencing, sehingga beberapa ahli kesehatan juga menganjurkan bagi mereka yang minum kopi hendaklah menambahkan susu untuk memberi tambahan kalsium, dan mencegah efek kopi terhadap pengeroposan tulang.

Air juga terbukti bisa menjadi obat bagi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh dehidrasi. Dokter Batmanghelij menjelaskan bagaimana penelitian dan pengalamannya dalam praktek membuktikan ada banyak penyakit yang dapat disembuhkan hanya dengan menambah konsumsi air. Beberapa pasien di klinik saya yang mengikuti anjuran memperbaiki konsumsi air mengalami perbaikan dalam kesehatannya yang ini dapat terlihat dari berkurangnya keluhan, dan sebagian tampak dari indikator laboratoriknya, antara lain pada pasien kelebihan asam urat, kencing manis dan arthritis.

Pada orang yang mengalami kekurangan cairan, yang paling menderita adalah ginjal dan otak. Penyakit batu ginjal dan penyakit kerusakan sel-sel otak/Parkinson diduga kuat dipengaruhi keadaan kekurangan cairan dalam jangka lama.
Nabi SAW mencontohkan perlunya mencukupi kebutuhan air, beliau minum pada setiap bangun tidur. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pada saat bangun tidur biasanya seseorang mengalami dehidrasi.

Para ahli kedokteran menganjurkan agar membagi minum air secara merata setiap jam atau 2 jam sekali, terutama bagi mereka yang memiliki problem dengan pencernaannya. Namun bagi mereka yang memiliki problem pada ginjal atau jantung yang mengharuskan membatasi masukan cairan hendaknya berkonsultasi ke dokter yang merawat, karena pembatasan cairan memang bertujuan untuk mengurangi beban pada alat tubuh/organ penting yang sakit.

Nah, pembaca, bagaimana? sudah tercukupikah kebutuhan cairan anda? silakan

Sumber :

Iklan