Kiat Menurunkan Berat badan


Kiat Menurunkan Berat Badan

Oleh: dr. Mohammad Ali Toha Assegaf
(Sehari-hari praktek di Rumah Sehat Afiat, Telp. 021-7547291)

Assalamu’alaiku Wr. Wb.

Saya seorang wanita berumur 24 tahun yang memiliki tinggi badan 70 kg. Saya merasa terlalu gemuk, sehingga sering menjadi tertawaan teman-teman. Saya sudah berusaha diet, dengan makan nasi hanya sekali di siang hari. Saya juga sudah diberi obat oleh dokter. Hasilnya, turun sedikit, tapi naik lagi. Tapi, akhir-akhir ini saya sering ngilu-ngilu pada persendian kaki dan lutut. Bagaimana caranya kiat  menurunkan berat badan sesuai syariat Islam. Atas jawaban dokter, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

WW, Jakarta

Saudari tidak perlu berkecil hati. Setiap keinginan Insya Allah ada jalan keluarnya karena Allah SWT akan menolong hamba yang datang dan meminta pertolongan kepada-Nya. Ada perkara penting yang terlebih dahulu harus dipahami dalam kasus ini. Inti program Kiat menurunkan berat badan adalah diet. Maksudnya, menjaga perut dari makanan yang tidak perlu. Jadi, bukan dengan memberikan obat untuk mengurangi nafsu makan. Karena ada orang yang kadang-kadang kurang nafsu makan, tapi tetap saja mengonsumsi segala makanan.

Ada juga obat diminum untuk mencegah penyerapan makanan. Namun yang terjadi tetap banyak makan, btetapi berat badan tidak naik. Ini karena makanan yang dimakan hanya bertujuan memuaskan nafsu saja kemudian dibuang percuma. Ini termasuk perbuatan mubazir yang dilarang agama.

Diet tidak bisa dilakukan semabarangan. Ini membuatnya kurang gizi dan diakhiri dengan cirrhosis hepatis, yaitu suatu keadaan dimana hati mengerut dan menimbulkan komplikasi serius yang tak teratasi. Menurunkan berat badan tidak bias dilakukan secara drastis, seperti yang ditawarkan beberapa salon di Jakarta.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menurunkan berat badan secara islami, anatar lain; pertama, program menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan bahan makanan tertentu tanpa menurunkan fungsi tubuh. Rasulullah SAW bersabda, “Tempat paling jelek yang diisi manusia adalah perutnya. Cukup baginya makan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya, jika tidak maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk nafasnya,” (HR. Turmuzi). Dalam hadis lain Nabi SAW bersabda, “Perut adalah tempat berdiamnyapenyakit dan menahan nafsu (diet) adalah pokok dari setiap obat, maka jadikanlah ini kebiasaanmu”. Jadi Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan sedikit. Tujuannya untuk mencegah kegemukan.

Kedua, lakukan olah raga rutin. Ini bertujuan untuk membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot dan menjaga fleksibilitas persendian yang akan mencegah terjadinya penyakit rematik. Awalnya olah raga dimulai 10 menit dan tingkatkan terus sampai 30 menit per hari dengan frekuensi minimal 3 X seminggu. Olah raga juga berfungsi untuk memacu jantung dan membakar lemak yang seringkali menyelimuti jantung orang kegemukan.

Ketiga, dianjurkan mengonsumsi ikan, brokoli dan kembang kol yang semuanya diyakini mengandung anti-oksidan untuk mengatasi radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang berperan besar menyebabkab berbagai penyakit metabolik, seperti kencing manis, liver, jantung dan ginjal. Keempat, minumlah teh hijau 2 X sehari. Hindari minuman cola dan kopi karena keduanya banyak mengandung kafein. Sementara, teh hijau banyak mengandung zat bioflavonoid yang merupakan anti-oksidan yang ampuh.

Kelima, tambahkan kacang kedelai karena banyak mengandung protein, asam lemak jenuh dan fitoestrogen. Fitoestrogen adalah estrogen alami yang membuat anda awet muda. Semoga ini bermanfaat.

Semoga Tulisan tentang kiat menurunkan Berat badan ini bermanfaat

Sumber :dr muhammad Ali Toha Aseggaf
( Penemu metode Smart healing, Praktisi, dan pengkaji kedokteran nabi)


21 respons untuk ‘Kiat Menurunkan Berat badan

  1. maaf ni baru sempat kunjung.., bingung Om orang yang gemuk ingin kurus yang kurus ingin gemuk…, mending seperti saya gemuk ga kurus ga yang penting sehat selalu…,

  2. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Yang saya butuhkan sebenarnya adalah tips meningkatkan berat badan atau tips biar agak gemukan dikit…
    hehehehe

  3. Berat saya 42 kg, orang bilang saya terlalu kecil. Kalo diturunin lagi, bisa gawat.

    Tapi artikel ini saya yakin banyak yang cari. Kini, lebih banyak orang yang obesitas sepertinya…

  4. Whats up very nice blog!! Man .. Excellent .. Wonderful .. I’ll bookmark your blog and take the feeds also¡KI am happy to find so many useful information right here within the post, we want develop extra strategies on this regard, thanks for sharing. . . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s