Perkebunan Teh cianten


Perkebunan Teh Cianten

Lokasi : Desa Purasari Kec. Leuwiliang, Desa Purwabakti Kec. Pamijahan

Kali ini kawanlama95 mengajak rekan-rekan.Untuk rehat sebentar .kita berwisata keliling Bogor yang banyak pemandangan alam yang indah, Banyak situ atau kalo orang cibinong bilang setu. Ada air terjun , dan kali ini kita mengunjungi Perkebuanan Teh Cianten . Berikut cuplikan langsung dari cianten. Profil tentang perkebunan ciaten di ambil dari Dinas pariwisata Kabupaten Bgor.

Pengunjung dari arah Jakarta dapat mencapai perkebunan ini melalui jalan tol Jagorawi, keluar di pintu tol Bogor (Barangsiang), terus mengambil jalan ke arah Kampus IPB Dramaga, dan diteruskan dengan menuju ke Leuwiliang. Perkebunan teh ini berjarak sekitar 25 km dari Kec. Leuwiliang.

Perkebunan teh PTPN VIII Cianten memiliki luas lahan 857,7 ha pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl. Kondisi iklim relatif sejuk  dengan suhu berada di kisaran 190C – 300C, kelembaban antara 38 – 80%, curah hujan rata-rata 5,238 mm.

Perkebunan teh Cianten ini relatif jauh dari perkampungan penduduk, jarak terdekat dengan perkampungan penduduk + 7 km yaitu dengan Kp. Tanjungsari.

Di tahun 2010 ini, Perkebunan teh Cianten akan segera membentuk Divisi Agrowisata sebagai upaya mengelola potensi dan kekayaan wisata di tempat tersebut.

Potensi wisata yang ditawarkan oleh Perkebunan teh Cianten adalah keindahan alam dan kesejukan udara, air panas, curug (air terjun), track sepeda gunung dan tea walk. Di daerah tersebut juga terdapat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sayuran dan perkebunan yaitu PT. Megapolitas Karacak.

Aksesibilitas menuju perkebunan teh Cianten ini relatif baik. Kondisi jalan sepanjang       + 12 km dari Kec. Leuwilinag sampai Desa Purasari dalam keadaan baik dengan lebar jalan + 4 m. Sedangkan sisanya + 13 km dari Desa Purasari sampai dengan lokasi perkebunan dalam keadaan rusak namun masih dapat dilewati kendaran bermotor.

Apabila Anda memerlukan alternatif perjalanan wisata yang segar dan menantang, Anda dapat menjadikan perkebunan teh Cianten ini sebagai pilihan wisata keluarga. Rasakan pengalaman adventure dan pesona keindahan kebun teh dalam suasana pedesaan yang alami.

Bagaimana menurut rekan-rekan .Apakah tertarik dan ingin tau tentang Perkebuanan teh Cianten. Silahkan bertamsya bersama keluarga dan kawan-kawan. Ya rekreasi di Kabupaten Bogor memang meyenangkan. Semoga profil tentang Perkebunan Teh cianten ini bermanfaat.

Selamat berlibur …….

Perkebunan Teh cianten
Perkebunan Teh cianten

Foto-foto diambil dari mas google

Perkebuanan Teh Cianten
Perkebunan teh cianten

67 respons untuk ‘Perkebunan Teh cianten

  1. wah asik tuh, tahun lalu saya tinggal di pamijahan selama sebulan tapi belum sempat mengunjungi. baru sempat mengunjungi obyek wisata di gunung bunder aja

  2. duh,
    gelap gulita 😀
    listriknya byar pet 😀

    *makasih yak kunjungannya,
    sering2 maen kplanet saya 🙂

  3. hmm di medan siantar juga ada lho perkebunan teh. tapi gak tau apakah seindah perkebunan teh di bogor atau tidak.
    jadi pengen ke bogor nih. ^^

    salam kenal dari bintang air
    semoga diterima ^^

  4. Jalan-jalan ke perkebunan teh memang sama indahnya dengan jalan-jalan ke hutan. Soalnya serba hijau, suasana dan harum daun2 juga nikmat bener…

  5. yang lebih asyik walking track dari para bakti lewati hutan, trus camping di tengah kebun teh yang dialiri sungai dengan air siap minum, asyik bgt buat bareng kawan2 cewek cowok,..bakar api unggun di tengah kebun teh yang luas…dengan nuansa romantis keluar. gw dah tiga kali tapi selalu ngangenin…..

  6. wah… tulisannya menarik sekali.., kebetulan aku pernah melewati daerah perkebunan cianteun bulan maret 2010, sepulang survey dari pelabuhan ratu menuju cibadak sekitar jam 13.00 wib, kemudian aku melewati parakan salak sukabumi – kabendungan dekat kantor Taman Nasional Gunung Halimun Salak ( TNGHS ), kemudian melewati sisi pegunungan yang hanya bisa dilewati oleh 1 kendaraan saja, dengan sisi kanan kiri jalan yang sangat indah pemandangannya serta udara yang sangat sejuk. rintangan jalan yang kulalui cukup menantang, kebetulan aku membawa kendaraan off Road jadi tidak ada masalah… hingga tiba di perkebunan teh cianteun jam 17.00 wib. setelah rehat, foto2 dan menikmati indahnya pemandangan di sana aku melanjutkan kembali perjalanan menuju Jalan Cemplang di kota Leuwi liang bogor.. menuju kembali kerumahku di Bogor, bila ada waktu kita bisa melanjutkan ke perkebunan teh Nirmala di desa citalahab, disana pemandangannya lebih dahsyat lagi… serta kita bisa berkemah bersama keluarga, meniti canopy trail, sebuah jembatan yang terbuat dari kawat baja dengan ketinggian 20 meter , sambil mengamati owa jawa dan elang jawa, yang merupakan hewan langka yang dilindungi. ada juga daerah cisarua didekat desa pasir madang, yang dinginnya mirip cibodas dahulu kala…, kemudian ada curug seribu dengan ketinggian +/- 100 mtr an, yang masih alami dan asri di daerah cibatok, itulah sedikit potensi yang ada di daerah bogor barat kabupaten bogor, selain juga penghasil tambang emas dan timah terbesar di Jawa Barat.
    kalau ada yang berminat ber agro wisata kesana bisa share dengan saya.. 021-46-330–330

  7. Enam bulan lalu saya melintasi jalur Lewiliang – Karacak – Puraseda – Cianten – Perbatasan – Cipeuteuy – Kabandungan – Per3an Chevron – Kelapa Nungggal – Cikidang. Kondisi jalan dapat dikatakan ok utk dilewati baik mobil atau motor. Yg rusak berat hanya jalur Perbatasan – Cipeuteuy, dan yg agak berbatu adalah Cipeuteuy – Kabandungan. Total perjalanan dr Lewiliang sampai Cikidang bisa ditempuh kira-kira 2 jam.

    Bbrp hari lalu, tanggal 8 July 2010, saya mencoba kembali jalur ini, pakai Terios. Waduhh .. Jalur Puraseda – Cianten yg melewati hutan rusak parah (aspal terkikis) berbatu-batu, berlubang2 cukup dalam. Karena rusak parah, melewati track puraseda – Cianten ini kira2 ditempuh 1 jam lebih.

    Setelah itu jalur Cianten – Perbatasan – Cipateuy masih dikatakan kondisinya sama seperti dulu.

    Jalur Cipateuy – Kabandungan – Per3an Chevron ada pengasphalan, jadi bbrp hari kedepan akan lebih

  8. baik

    Per3an Chevron – Kelapa Nunggal bagus. Dari Per3an Kelapa Nunggal belok kanan sekitar 6km akan ketemu jalur Cibadak – Cikidang – Pelabuhan ratu. Mulus habis

  9. Sayangnya Jalur Puraseda – Kebun Cianten yg merupakan akses urat nadi utama Kebun Cianten Leewiliang dalam keadaan rusak parah dan tidak diperbaiki. Padahal truk2 dan kendaraaan dari perkebunan juga menggunakan jalur ini

    Jika ada waktu, saya ingin mencoba jalur lain ke pelabuhan ratu, menurut info bisa juga ditempuh juga lewat Leuwiliang -Nanggung – Nirmala dan akhirnya bertemu di Cipeuteuy Kabandungan

    Menurut Info jalur lewat Nanggung dan Nirmala jauh lebih baik dari jalur Cianten, tapi saya agak ragu dari Nirmala – Cikaniniki – Cipeteuy?? Jika ada yg tahu mohon infonya

    1. Wah ini Info menarik, saya baru dengar ada jalur lewat Nanggung dan Nirmala (sempat dengar ada jalan baru yg biasa digunakan warga)..tp setahu saya dr Cikaniki ke kebandungan mah jalannya lebih parah dr Cianten-Cipateuy…..Penasaran nih, besok pagi saya cari info & coba jalurnya. THX

  10. Kebetulan saya lahir dan di besar kan di sana.indah memang di sana terlebih sebelum jl d aspal.tdk banyak org yang tau da,erah itu
    Tapi skr malah banyak pasangan muda mudi yang menggunakan kesempata kebun teh sebagai t4 buat mereka untuk berbuat yang
    Seharusnya gk mereka lakukan……
    Kadang sedih juga hati saya…
    Mereka tdk merasakan betapa pedih nya hati kami..
    Mereka tidak mengerti apa itu arti dari ke,indahan yang sudah tuhan kasih.

  11. Memang indah pemandangannya lebih mantap daripada puncak… saya warga jkt sudah sering n ga bosen2 datang kesana..

  12. mas,kalau ada kesempatan kesana lagi mampir ya,rmhku tepatnya di cianten herang,tanya rmh mama yuyun aja pasti semua tau,masa kecilku disana tapi sekarang aku tinggal di bogor,duuh jadi kangen n sedih euyyy pengen pulang kesana,tp kondisinya tdk mungkin krn aku sedang hamil anak ke 3.

  13. daerah purasari teh hujan wae eung mun kasorenakeun teh,,,
    jaba jalanna ruksak keneh,,,
    mudah2an lurah ayeuna bisa ngabenerkeun jalanna…

  14. aduh jadi kangen ma kebun cianten….pengen camping lagi disana. bagi teman yang mau camping di cianten….kasih tahu aku ya ke no 085283365396

  15. kapan yua urang bisa ka cianten deui……..
    coz skarang mah gie sbuk kerja mungkin tahun baru kali ya???

  16. sebelum ke jasinga ada pertigaan ke arah karacak…..dari situ terus jalan kurang lebih 12 km lagi…………….

  17. cianten one’s of beatiful tea estate …
    mdh2an jalannya sgr diperbaiki, jd mkn banyak yg bisa menikmati keindahannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s