Tobat yang berulang….


Tobat yang berulang …

Setelah memposting Sang residivis Taubat. Maka kali ini aku ingin posting tentang Tobat yang berulang Setiap diri kita selalu melakukan kesalahan dan seringkali kesalahan itu berulang dan terus berulang.Terkadang banyak diantara kita merasakan betapa sulitnya untuk bertaubat .Padahal Allah meyukai orang-orang yang bertaubat. Yaitu bersegera dalam ampunannya. Ada diantara kawan-kawan kita , sambil mabuk dia katakan. dosa gue dah banyak gue dah pernah tobat tapi gue mabok lagi , judi lagi , gue maen cewek lagi.gue balik lagi seperti dulu. nanti ajalah tobatnya kalo udah tua. Kasian , bener-bener kasian. Semoga kita semua dijauhkan dari perbuatan dosa yang berulang. Ya itulah Tobat yang berulang.

Di bawah ini hadit yang kuambil dari hadits riwayat Abu hurairah . Diterimanya tobat dari segala dosa, meskipun dosa dan tobat diperbuat berulang kali.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra:
Dari Nabi saw. tentang yang beliau riwayatkan dari Tuhannya, beliau bersabda: Seorang hamba melakukan satu perbuatan dosa lalu berdoa: “Ya Allah, ampunilah dosaku”. Allah Taala berfirman: Hamba-Ku telah berbuat dosa dan dia mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dosa atau akan menghukum karena dosa itu. Kemudian orang itu mengulangi perbuatan dosa, lalu berdoa lagi: Wahai Tuhan-ku, ampunilah dosaku. Allah Taala berfirman: Hamba-Ku telah berbuat dosa dan dia mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dosa atau menyiksa karena dosa itu. Kemudian orang itu melakukan dosa lagi, lalu berdoa: Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku. Allah Taala berfirman: Hamba-Ku telah berbuat dosa dan dia mengetahui bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dosa atau menghukum karena dosa itu serta berbuatlah sesukamu, karena Aku benar-benar telah mengampunimu. Abdul A`la berkata: Aku tidak mengetahui apakah Allah berfirman “berbuatlah sesukamu” pada yang ketiga kali atau keempat kali. (Shahih Muslim No.4953)

Semoga ini menjadi semangat kita semua yang selalu melakukan dosa-dosa kecil ataupun dosa – dosa besar dan teruslah bertaubat. Bila kita meyukai dosa dan sering , mengapa takut terus untuk bertaubat.Bukankah Allah rahmat dan kasih sayangnya Sang luas .Jika maksiat berulang mengapa takut untuk melakukan Tobat berulang .

dan Allah menganjurkan untuk kita manusia untuk terus bertaubat dan bergembira ….dengannya sesuai dengan :

Kitab Tobat

Anjuran untuk bertobat dan bergembira dengannya

  • Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra.:
    Ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: Sungguh Allah akan lebih senang menerima tobat hamba-Nya yang beriman daripada seseorang yang berada di tanah tandus yang berbahaya bersama hewan tunggangan yang membawa bekal makanan dan minumannya. Lalu dia tidur kemudian ketika bangun didapati hewan tunggangannya tersebut telah menghilang. Dia pun segera mencarinya sampai merasa dahaga kemudian dia berkata dalam hatinya: Sebaiknya saya kembali ke tempat semula dan tidur di sana sampai saya mati. Lalu dia tidur dengan menyandarkan kepalanya di atas lengan sampai mati. Tetapi ketika ia terbangun didapatinya hewan tunggangannya telah berada di sisinya bersama bekal makanan dan minuman. Allah lebih senang dengan tobat seorang hamba mukmin, daripada orang semacam ini yang menemukan kembali hewan tunggangan dan bekalnya. (Shahih Muslim No.4929)
  • Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:
    Rasulullah saw. bersabda: Sungguh Allah akan lebih senang menerima tobat hamba-Nya ketika ia bertobat kepada-Nya daripada (kesenangan) seorang di antara kamu sekalian yang menunggang untanya di tengah padang luas yang sangat tandus, lalu unta itu terlepas membawa lari bekal makanan dan minumannya dan putuslah harapannya untuk memperoleh kembali. Kemudian dia menghampiri sebatang pohon lalu berbaring di bawah keteduhannya karena telah putus asa mendapatkan unta tunggangannya tersebut. Ketika dia dalam keadaan demikian, tiba-tiba ia mendapati untanya telah berdiri di hadapan. Lalu segera ia menarik tali kekang unta itu sambil berucap dalam keadaan sangat gembira: Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan aku adalah Tuhan-Mu. Dia salah mengucapkan karena terlampau merasa gembira. (Shahih Muslim No.4932)

Bila maksiat berulang ... maka bertaubatlah walau Taubat yang berulang. Jangan takut….daripada mati akhir yang buruk. Semoga ini bermanfaat .Hanya sekedar menulis …dan mengingatkan kita semua.


19 respons untuk ‘Tobat yang berulang….

  1. manusia ga da yang sempurna kecuali sang pencipta….
    tobat harus diiringi dengan rasa ikhlas dan harus mempertebal iman dan taqwa…salam taubatan nasuha……

    ==============================================================
    @kawanlama95: Benar mas semoga kita semua bisa ikhlas dan memposting ini bisa saling mengingatkan

  2. lapar sekarang, makan aja.
    bikin dosa sekarang, tobat aja.
    dan alangkah lebih baik kalau tak mengulang dosa yang sama..

  3. Manusia adalah makhluk yang mudah lupa, kesalahan yang sama selalu dilakukan berulangkali…rasanya tobat yang berulang juga harus terus menerus dilakukan, agar kita selalu ingat bahwa ada Tuhan Yang Maha Pemaaf 🙂

  4. Jadi intropeksi sendiri tentang taubat ku yang pernah kulakukan namun selalu terjadi. Taubat lombok. Pas kena pedasnya bilangnya tobat-tobat. Tapi pas makan gak ada rasa pedasnya, malah mencari kesana kemari 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  5. Memang jauh lebih gampang kita menilai kebaikan dan kejelekan orang lain sebab untuk melakukan itu semua tidak membutuhkan peralatan tambahan kecuali orang itu buta, sedang untuk melihat kebaikan dan kejelekan diri sendiri kita membutuhkan alat yang namanya cermin

  6. terima kasih mengingatkan mas..
    sebagai manusia biasa tentu tak luput dari dosa ya, bener juga segeralah bertobat ketika menyadari telah berbuat sebuah kesalahan..
    dan lebih baik jangan sampai terulang..

  7. Tobat kata yg mudah di ucapkan tp trkadang susah utuk dilakukan. Terkadang mmg ada org yg berkali-kali melakukan kesalahan kmdn diulang kembali dan bertobat kembali, pertanyaannya sampai kpn itu akn dilkukan?. kl umur kita hy sampai disitu shg bloom sempat bertobat dah keburu dipanggil 4LL4H, hy penyesalan yg dapat kita lakukan. Tulisaanya bgs mengingtkan kita betapa pentingnya utk bertobat, semoga kita termasuk org yg menyesali kesalahan sehingga cepat bertobat, Mksh saudaraku.

  8. betul mas, manusia memang tempat nya salah, tak ada manusia yang bersih di atas dunia ne, makanya ALLAH selalu memberikan kesempatan untuk umatnya agar selalu bertaubat,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s