Mengatasi Penyakit Muscular Dystrophy (MD)

Di bawah ini adalah Tanya jawab seputar Penyakit Muscular Dystrophy (MD) yang kami ambil dari sabili.co.id yang di asuh Oleh dokter Mohammad Ali Toha assegaf pakar kedokteran nabi.Berikut tanya jawab cara mengatasi penyakit Muscular Dystrophy :

Assalamu’alaikum Wr Wb

Saya seorang system analist computer yang bekerja di Hongkong, usia saya 24 tahun. Saya mengalami masalah serius bahwa sejak 4 tahun ini otot-otot betis dan paha saya melemah, jika berdiri agak lama saya akan terjatuh dan jika naik tangga maka paha dan betis saya sakit. Saya telah berobat ke beberapa pusat pengobatan di London dan Sydney tapi mereka semua menyatakan bahwa saya mengalami muscle dystrophy suatu penyakit genetic yang tidak bisa disembuhkan, dan cenderung progresif. Pertanyaan saya masih adakah kesempatan penyembuhan dengan metode pengobatan Nabawi ini? Bagaimana caranya? Mohon saran dokter. Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih. (Ridwan-Jakarta).

Wa’alaikumussalam Wr Wb

Segala puji hanya bagi Allah SWT, shalawat dan salam bagi junjungan kita Nabi besar Muhammad saw beserta keluarganya, karena atas jasa beliau saw ajaran Islam yang mulia ini sampai kepada kita sekalian. Semoga keselamatan dan kedamaian Allah limpahkan kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa mengikuti petunjuk Allah dan rasul-Nya.

Muscular dystrophy (MD) adalah termasuk penyakit pada otot yang terkait pada gen (diturunkan) seseorang dimana serabut otot mengalami kerusakan yang mengakibatkan gangguan fungsi otot. Otot terutama otot penyangga melemah secara progresif (makin hari makin lemah). Pada akhirnya karena kerusakan jaringan otot yang luas maka jaringan lemak dan jaringan ikat mengambil alih posisi serabut otot, sehingga orang menjadi kegemukan.

Beberapa jenis muscular dystrophy menyebabkan kerusakan otot jantung, otot-otot polos dan beberapa organ utama tubuh, jika ini yang terjadi maka bisa mengancam kehidupan seseorang. Pada kasus ini penderita mengalami kelainan genetik yang ditandai adanya kekurangan protein otot yang disebut dystrophin.  Sampai saat ini dunia kedokteran belum menemukan obat yang bisa menyembuhkan muscular dystrophy, biasanya pengobatan ditujukan untuk menghambat agar penyakit tidak makin buruk, dan mengurangi keluhan-keluhan pasien pada sakitnya persendian dan tulang belakang, serta gangguan pernafasan. Ada banyak jenis dari muscular dystrophy dengan gejala dan tanda yang bergantung type dari penyakit ini, namun secara umum gejala dan tandanya adalah sbb.:

  • Kelemahan otot
  • Tidak ada koordinasi gerakan otot
  • Pincang jika berjalan/Progressive crippling, otot mengkerut dan hilang keseimbangan tubuh sebagian pasien bahkan terjatuh jika berdiri agak lama.

Ada banyak type muscular dystrophy dan untuk masing-masing type mulai terjadinya pada usia yang berbeda-beda. Menurut saya Anda menderita Becker’s muscular dystrophy karena terjadi pada usia remaja dan Anda juga masih bisa jalan dan beraktifitas meskipun secara terbatas. Biasanya becker’s muscular dystrophy ini kurang progresif.

Jika Anda menanyakan apakah mungkin disembuhkan maka saya katakan bahwa ikhtiarnya ada namun kesembuhan ada ditangan Allah. Karena Rasulullah saw mengatakan bahwa semua penyakit ada obatnya kecuali penyakit tua dan penyakit yang diturunkan Allah atas seseorang sebagai penghantar kematiannya. Adapun pengobatan yang saya anjurkan adalah:

  1. Perbaiki pola hidup menjadi pola hidup yang sehat.
  1. Perhatikan benar-benar kebutuhan makan dan minum secara seimbang, kurangi berat badan, jangan kegemukan.
  1. Kendalikan stress dengan baik, jika keadaan stress maka ambillah sikap rileks sejenak. Lakukan aktifitas out of box yaitu kegiatan yang sama sekali lain dengan kegiatan yang sedang kita lakukan. Shalat sebenarnya bisa jadi adalah kegiatan out of box yang sangat positif asalkan dilakukan dengan tidak tergesa-gesa.
  1. Lakukan bekam. Titik bekam yang dipilih adalah titik kahil, munkib, ahda-ain, titik jantung, titik hati dan titik pertengahan betis
  1. Obat herbal yang bisa menolong

– Habbatus sauda 3 X sehari @ 2 kapsul/700 mg

– Pegagan 2 X sehari @ 1 cangkir

– Ramuan Propoten 2 X sehari @ 1 kapsul. Propoten adalah ramuan saya yang multi guna dan sudah saya pakai pada pasien-pasien sejak 1997, dan telah membantu pengobatan banyak orang.

  1. Kembangkan sikap sabar – syukur – ikhlas, yang ketiganya akan menjadi ketrampilan hidup yang menyehatkan. Bagaimana penjabarannya dan bagaimana caranya ? sudah pernah saya jelaskan di majalah Sabili ini.

Demikianlah Ridwan bahwa penyakit anda adalah penyakit yang tergolong progresif, artinya makin hari makin memburuk, oleh karena itu perlu penanganan yang serius dan kontinyu, silakan periksakan diri anda secara teratur kepada dokter. Wallahu a’alamu bish shawab.

Diasuh Oleh: Dr Moh Ali Toha Assegaf, Penanggungjawab Rumah Sehat Afiat dan Pengkaji Kedokteran Nabi. Dokter juga menjabat Direktur RSCM Jakarta. Praktik: Jl Limo Raya Ruko Griya Cinere II/No 3, Depok, Telp. 021-7547291.