Bekam,al-hijamah terapi sunah Rasul atau sebuah terapi drakula ?

Setelah Membaca sebuah status di Facebook.com yang Berisi :

Astaghfirullahal ‘adhiim, Agus Suyanto penterapi klinik stroke dan vertigo sabtu pagi 14 april dlm siaran di JAK tv menyebut terapi bekam sbg terapi drakula padahal bekam adalah terapi sunnah anjuran Rasulullah SAW. Ini penghinaan thdp tradisi pengobatan Islam.  Bila memang beritanya salah silahkan tolong di konfirmasi …

kami admin kawanlama95 jadi terinspirasi untuk memposting Bekam,al-hijamah terapi sunah Rasul atau sebuah terapi drakula ?. Berbekam atau disebut al-hijamah,kop, cantuk atau cupping di dalam buku Penyakit dan terapi bekamnya Dasar – dasar ilmiah terapi Bekam karya Dr Ahmad Razzak syaraf . Bekam atau hijamah, secara bahasa berasal dari kata al-hajamu yang artinya ‘mengisap ‘. Hajama asy-syai’a artinya mengisap sesuatu’Al-hajim dan al-hajjam artinya ‘yang mengisap ‘.karena itu, praktek pengisapan darah disebut al-hijamah sedangkan pelaku pengisapan di sebut al-hajjam.

Dalam Buku Pintar Sehat Islami karya dokter Mohammad ali toha Prinsip ilmiah berbekam adalah membuang toksin dan sel sel darah yang abnormalmaupun yang telah rusak akibat pengaruh radikal bebas Berbekam juga merangsang sumsum tulang untuk  memproduksi sel darah vital yang baru.

Betapa besarnya manfaatnya berbekam silahkan bisa baca selengkapnya di artikel mukjizat bekam di blog http://rumahsehatafiat.wordpress.com/. kami pribadi sudah merasakan betapa dahsyatnya terapi bekam. Jadi bagi yang belom pernah atau masih belom yakin silahkan berbekam kepada terapis terapis bekam.Membaca status di facebook tentang bekam adalah sebagai terapi drakula memang perlu di kaji . Padahal banyak hadits yang meriwayatkan tentang rekomendasi nabi tentang Bekam .

Hadist – hadist tentang Bekam :

Hadist Hadist Lainnya :
1. Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam) (Muttafaq ‘alaihi, Shahih Bukhari (no. 2280) dan Shahih Muslim (no. 2214)
2. Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al hijamah (HR. Ahmad, shahih).
3. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan.” (Kitab Mukhtashar Muslim (no. 1480), Shahihul Jaami’ (no. 2128) dan Silsilah al-Hadiits ash-Shahiihah (no. 864), karya Imam al-Albani)
4. Dari Ashim bin Umar bin Qatadah RA, dia memberitahukan bahwa Jabir bin Abdullah RA pernah menjenguk al-Muqni’ RA, dia bercerita: “Aku tidak sembuh sehingga aku berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Sesungguhnya didalamnya terkandung kesembuhan’.” (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Ya’la, al-Hakim, al-Baihaqi)
5. Kesembuhan bisa diperoleh dengan 3 cara yaitu: sayatan pisau bekam, tegukan madu, sundutan api. Namun aku tidak menyukai berobat dengan sundutan api ( HR. Muslim).
6. Penyembuhan terdapat dalam tiga hal, yakni meminum madu, sayatan alat bekam, dan sundutan dengan api. Dan aku melarang umatku berobat dengan sundutan api. (HR. Bukhori)
7. Dari Uqbah bin Amir RA, Rasulullah SAW bersabda: ” Ada 3 hal yang jika pada sesuatu ada kesembuhan, maka kesembuhan itu ada pada sayatan alat bekam atau minum madu atau membakar bagian yang sakit. Dan aku membenci pembakaran (sundutan api) dan tidak juga menyukainya.” (HR. Ahmad dalam Musnad-nya)
8. Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika ada suatu kesembuhan pada obat-obat kalian maka hal itu ada pada sayatan alat bekam.” Beliau bersabda: “Atau tegukkan madu.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar,karya al-Haitsami, III/388)
9. Dari Ibnu Abbas RA, Nabi SAW bersabda: “Orang yang paling baik adalah seorang tukang bekam (Al Hajjam) karena ia mengeluarkan darah kotor, meringankan otot kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekamnya.” (HR. Tirmidzi, hasan gharib).
10. Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah berbekam (Shahih Sunan Ibnu Majah, karya Syaikh Al-Albani (II/259), Shahih Sunan Abu Dawud, karya Syaikh Al-Albani (II/731)).
11. Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Kalian harus berbekam dan menggunakan al-qusthul bahri.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan an-Nasai dalam kitab as-Sunan al-Kubra no. 7581).
12. Dari Abdullah bin Mas’ud RA, dia berkata: “Rasulullah SAW pernah menyampaikan sebuah hadits tentang malam dimana beliau diperjalankan bahwa beliau tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh beliau SAW dengan mengatakan: ‘Perintahkanlah umatmu untuk berbekam’.” (Shahih Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albani (II/20), hasan gharib).
13. Pada malam aku di-isra’kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: “Wahai Muhammad suruhlah umatmu melakukan bekam.” (HR Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, Shahih Jami’us Shaghir 2/731)
14. Dari Ibnu ‘Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah aku berjalan melewati segolongan malaikat pada malam aku diisra’kan, melainkan mereka semua mengatakan kepadaku: ‘Wahai Muhammad, engkau harus berbekam’.” (Shahih Sunan Ibnu Majah, Syaikh al-Albani (II/259))
15. Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah aku melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan: ‘Hai Muhammad, perintahkan ummatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist, dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan’.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388)
16. Dari Jabir al-Muqni RA, dia bercerita: “Aku tidak akan merasa sehat sehingga berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Sesungguhnya pada bekam itu terdapat kesembuhan’.” (Shahih Ibnu Hibban (III/440))
17. Dari Anas RA, dia bercerita: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang diantara kalian yang akan membunuhnya’.” (diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas RA secara marfu’, beliau mensyahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212))

Benarkah bekam terapi drakula ?

Berdasarkan pernyataan agus suyamto seorang terapis di klinik stroke dan vertigo di jak TV pada sabtu pagi 14 april menyatakan bekam adalah sebagai terapi drakula perlu di cermati apakah dalam rangka penghinaan atau sekedar ucapan biasa. Tapi perlu di cermati . Namun bila di liat dari istilah drakula yang diambil dari wikepedia drakula adalah : Drakula adalah vampir penghisap darah yang merupakan tokoh utama fiksi ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan pada tahun 1897 .[1] Drakula adalah seorang bangsawan vampir yang diceritakan berasal dari kota Transilvania yang berada di Rumania.[1]Kelemahan Drakula ialah bawang putih, salib dan roti sakramen.[1] Dia lebih lemah pada siang hari namun sinar matahari tidaklah terlalu berbahaya baginya. Tokoh ini kemungkinan terinspirasi Vlad Ţepeş, pangeran yang memerintah Wallachia pada abad ke-15 dengan tangan besi.[1]

Bila bekam di samakan dengan drakula yang sama-sama menghisap darah . Apa pantas disamakan drakula bila di kaitkan tentang pengobatan yang sudah di anjurkan semenjak dari zaman rasul . Saya rasa hal ini sangat tidak layak di katakan bahwa Bekam adalah terapi drakula .