Doa ketika sakit

 

Sedih memang ketika kita menjenguk orang sakit terlihat terbaring di tempat tidur, duduk ataupun sedang tertidur pulas. Banyak hal yang bisa kita kerjakaan bila ada seseorang yang kita cintai sakit. Salah satunya adalah medoakan ketika sakit. Dengan berdoa kita mengakui kelemahan kita sebagai manusia dengan doa kita meminta pertolongan Kepada Allah Tuhan yang maha mengetahui apa apa yang tersembunyi di dalam lubuk hati kita.

Rasulullah Saw bersabda, Apabila engkau sakit, bacalah Bismillahirrohmanirrohim,” sebanyak 3 kali lalu bacalah ‘A’ udzu biizztillah wa qudratihii min syarri maa ajiduu wa uhaadhir,’ sebanyak tujuh kali sambil menyetuh bagian yang sakit.” (HR Muslim dan ahmad ) Artinya : ” dengan nama Allah¬† yang Maha Pengasih dan maha penyayang,” dan aku berlindung kepada Allah dengan segala kebesaraannya dan kekuasaaNYa dari yang kualami dan kuwaspadai.” Semoga kita mendapat manfaat dari doa yang diajarkan Nabi Saw .

Ada pula doa yang memberikan kekuatan doa yang memberikan kekuatan disaat kita mengalami kelemahan karena sakit . Suatu hari sahabat Rasulullah Saw, Qubashah bin Al-Makhariq berkata ,”Ya Rasulullah usiaku telah menua kulitku telah menipis,kekuatanku telah melemah, dan aku menjadi lunak di hadapan istriku.Ajarkanlah kata-katayang berguna dan rikaskanlah,” Nabi Saw bersabda Hai Qubashah bacalah,’Subhanallah wa bihamdihi subbhanallahil’adzim wa bihamdihi wa laa haula wa laa quwwata illabillahil ‘aliyyil adzim,’ (HR Thabrani).

Sumber: Buku pintar sehat Islami karya dokter Mohammad ali toha Assegaf ,pengkaji kedokteran nabi

Mari kita dokan saudara-saudara kita yang sedang terbaring karena sakit, semoga Allah beri kesabaran dan kekuatan dan disembuhkan penyakitnya