Memaknai keterbatasan …

 

Apa yang di cari dari kehidupan ini.. tentu saja kebahagian hidup hingga mencapai ajal. Pembuktiannya manusia selalu berdoa tentang hazat hidupnya. Bahkan manusia mencari segala hal, agar apa yang ingin di capai bisa terlaksana. Pengambaran tentang hal ini, bisa kita liat dari setiap kisah manusia. Untuk mencari sesuatu yang menurut manusia adalah inti kebahagian. Seluruh akal,pikiran dan tenaga di habiskan waktunya untuk mendapat akan apa yang diiginkan. Dalam proses itu manusia memakai instrumen instrumen untuk mewujudkan itu semua.Walau pencapaian apa yang menjadi keinginan tidak selalu bisa di dapatkan 100 persen. Tentu saja ada titik yang membuat manusia tidak selalu bisa mendapatkan apa yang di cari. Itulah keterbatasan manusia. Memaknai keterbatasan tentu selalu ada makna yang perlu di gali dan terus di cari . Apa yang di maksud memaknai keterbatasan.

Ketika manusia dalam perjuangan kehidupan mencari apa yang menjadi keinginannya . Pasti akan mengalami banyak hal ataupun bisa saja datang secara tiba-tiba, semua itu mungkin saja terjadi. Karena setiapa individu selalu berbeda pasang surutnya kehidupan. Seringkali kita tidak yakin tentang pencapaian yang telah terjadi. Namun di sebrang sana manusia juga terlalu percaya diri dengan apa yang telah di capai. Sesuatu yang akan di capai bagi orang lain adalah merupakan sesuatu yang teramat sulit. Dengan sumberdaya dan kapasitas yang dimilikinyapun dengan dukungan semua yang ada tetap saja apa yang menjadi keinginannya tidak terjadi. Namun bagi yang lain pencapaian yang telah di capai di capai dengan hal yang mudah. Bahkan keinginan yang diinginkan banyak orang sekalipun bagi yang lain tidak diiginkanpun bisa terjadi. Itulah hidup.Memakainai kehidupan selalu ada dua sisi berbeda . Disinilah letak lika-likunya hidup ia akan pasang surut, meninggi kadang menurun lalu semangat lalu nanti jadi menjadi loyo. Manusia sudah berusaha namun tetap tidak mewujudkan apa yang menjadi keinginanya. Disinilah letaknya selalu ada keterbatasan karena apa manusia tidak mampu membuat jadi tapi hanya berusaha mewujudkannya itulah keterbatasan manusia.

Memaknai keterbatasan selalu mempunyai nilai yang positif . Ketika manusia merasa punya keterbatasan maka lunturlah kesombongan manusia ia tak mampu mewujudkannya namun ada ketergantungan dengan yang lain. Dengan keterbatasan manusia perlu tetap berintropkesi dan berdoa . Disinilah ada harapan dalam diri , ada doa yang di ucapkan kepada siapa kita berharap kepada Allahlah kita berdoa dan berharap. Jadi benar apa kata pemilik blog ini bergerak tak pernah mati maka bergerak adalah sebuah kewajiban.