Buntut kasus lampung , BALI SIAP KELUAR DARI INDONESIA


Buntut kasus lampung, BALI SIAP KELUAR DARI INDONESIA

Beberapa waktu lalu kami  mendapat pesan BLackberry broadcast  messenger (BBM) mengenai kasus lampung yang menyatakan Bali siap keluar dari lampung. Bahkan Bali siap keluar dari NKRI . Berikut Isi pesan BBM tersebut :

Menyikapi permasalahan yg timbul di Lampung, Gubernur BALI & Seluruh masyarakat BALI menyatakan sikap, jika Lampung menghendaki orang BALI keluar dari Lampung, maka bukan hanya dari Lampung, bahkan orang Bali siap keluar dari Indonesia. (Memisahkan diri dari NKRI).
Indonesia di kenal selama ini di Mancanegara karena keindahan alam BALI, dan adat istiadat serta sopan santun orang BALI, bukan keindahan alam & adat istiadat LAMPUNG!
Pernyataan sikap ini dikatakan oleh Gubernur Bali yg mewakili semua masyarakat BALI saat menghadap ke DPR-RI pagi tadi di Jakarta.

Menanggapi proses damai di Lampung selatan yg tak kunjung menemui titik terang, karena ternyata orang Lampung menghendaki orang Bali keluar dari tanah Lampung.
Dan jika BALI benar-benar keluar dari Indonesia, tidak dapat dibayangkan apa yg akan terjadi?
Bukankah kita satu?Satu Nusa satu Bangsa, INDONESIA!

Kita warga Lampung, tidak semestinya bersikap demikian! Akibat konflik di Lampung, banyak investor asing yg batal masuk ke Bumi Ruwai Jurai tahun ini, padahal investor2 tersebut berpeluang bisa membawa Lampung menuju peningkatan ekonomi!
Dukung proses damai antara Orang Lampung & Orang Bali di Lampung Selatan, kita semua satu, satu dalam INDONESIA!

Berdasarkan isi BBM tersebut memang perlu di cek dan ricek atas informasi kebenaraannya. Bagi yang tau tentang BBM ini silahkan anda komentari. Kami berharap kasus lampung bisa di selesaikan dengan cepat siapa yang bersalah agar bisa di tindak dengan adil. Kami berharap agar masyarakat Bali tetap bisa menyatu dengan NKRI (negara kesatuan Republik Indonesia).

Iklan

346 respons untuk ‘Buntut kasus lampung , BALI SIAP KELUAR DARI INDONESIA

  1. Menanggapi:”BALI SIAP KELUAR DARI INDONESIA”(NASIONALISME I MADE MANGKU PASTIKA GUBERNUR BALI DIPERTANYAKAN?)-Atas permasalahan yg timbul di Lampung,Gubernur BALI & perwkln masyarakat BALI menyatakan sikap,”Jika Lampung menghendaki orang BALI keluar dari Lampung,maka bukan hanya dari Lampung,bahkan orang Bali siap keluar dari Indonesia”.(PERNYATAAN ITU KELUAR PASTI KARNA INFO YG SALAH & NGAWUR YG DIDAPATKAN OLEH GUBERNUR BALI & SUKU BALI DI BALI TTG LAMPUNG.TDK ADA PERNYATAAN RESMI DARI GUBERNUR LAMPUNG ATAUPUN ORANG LAMPUNG YG MENYATAKAN “SUKU BALI HARUS KELUAR DARI LAMPUNG” BAIK DIMEDIA MAUPUN DI DPRD APALAGI DI DPR RI.YG ADA “ORANG DESA BALINURAGA kebetulan suku bali semua YG SELALU BUAT ONAR DI KECAMATAN WAY PANJI ITU HRS KELUAR DARI LAMPUNG SELATAN”,ITUPUN BARU SEBATAS PERMINTAAN TOKOH ADAT SETEMPAT DI MEDIA).”Jadi Indonesia di kenal selama ini di Mancanegara karena keindahan alam BALI,dan adat istiadat serta sopan santun orang BALI,bukan keindahan alam & adat istiadat Lampung,kata made”.(PERNYATAAN YG SANGAT MENYINGGUNG LAMPUNG.SEMUA ORANG DI INDONESIA TAHU SUKU LAMPUNG ADALAH SUKU YG PALING MENGHARGAI PENDATANG KARNA ADAT ISTIADAT DAN SOPAN SANTUN NYA.JADI TDK MENGHERANKAN,LAMPUNG SEBELUM & SEJAK INDONESIA MERDEKA MJD TUJUAN TRANSMIGRASI PERTAMA & UTAMA DI NKRI.BUKTINYA SEMUA SUKU DI INDONESIA HIDUP DAMAI DILAMPUNG (indonesia mini),TDK ADA KAMPUNG LAMPUNG DI BALI,TAPI ADA KAMPUNG BALI DI LAMPUNG.MASALAH KEINDAHAN ALAM,PANTAI TANJUNG SETIA KRUI DILAMPUNG MJD TUJUAN WISATA NO.3 SESUDAH BALI & LOMBOK.JADI HRSNYA GUBERNUR BALI DATANG DULU KE LAMPUNG,LIHAT SOPAN SANTUN,ADAT ISTIADAT & KEINDAHAN ALAM LAMPUNG.DI BALI TDK ADA TAMAN NASIONAL TNBBS:HUTAN YG INDAH,LUAS,LESTARI YG KAMI JAGA UTK INDONESIA & DUNIA). “Satu Nusa,Satu Bangsa,Indonesia. Dukung proses damai antara Orang Lampung & Orang Bali diLampung Selatan,kita semua satu,satu dlm Indonesia”.
    (KITA DUKUNG ITU,TAPI HARUS TETAP SALING MENGHARGAI).
    Buat yg Cinta INDONESIA,broadcast pesan ini,agar Lampung damai

    1. Kenapa kita hanya pintar menyembunyikan maksud dan tujuan kita dalam kata kata dan tulisan. Ternyata tindakanya???? Jangan jadi pengecut yang hanya berani pada kaum minoritas!!!!!! Jangan menyembunyikan kekecewaan dibalik kekerasan dan kata kata. Bersaing hiduplah secara seportif, jika ingin kaya kerja. Orang yang melakukan kekerasan di lampung, apakah orang Indonesia???????? Kalau orang Indonesia mestinya ingan dengan apa yang di genggam Burung Garuda. Kalau lupa berarti bukan orang Indonesia (MENYEDIHKAN). Dan orang orang yang mengingikan Indonesia menjadi SAMA adalah orang bodoh. Ingat PERBEDAAN ITU INDAH, PERBEDAAN TAKAN PERNAH HILANG. Janganlah kalian urus masalah kepercayaan orang lain, baik Agama, Ras dan Kebudayaan. Uruslah kelompokmu sendiri. Semua ada aturanya, HIDUP PERBEDAAN

      1. Kami orang sumatera cinta damai..
        anda sopan kami segan, nyantai bro..
        konflik etnis di wilayah sumatera bukanlah ancaman jika pendatang bisa bersosialisasi dng damai..diwilayah ini semua kalangan dan agama diterima tapi ada batasan2 yang harus kita jaga.

      2. Saya setuju dengan orang bali.. Karena orang lampung timur isinya hanya manusia maling tapi seperti binatang.. Yang main tebas aja.. Seharusnya kaalau ada warga jabung tertangkap didaerah lain.. Masukin karung gebukin.. Terus potong tanganya dan balikin keasalnya..
        Biar jadi contoh warga disana..
        Memang warga sana pemalas.. Hanya mau uang banyak dengan singkat.. Makanya tempatnya engga maju”.. Karena orang” takut kesana.. Karena hanya untuk nyetor nyawa dan harta benda.. Kalau perlu dibom dan diratain sama warganya.. Dari pada ratusan bahkan ribuan orang jadi korban..
        Maling pembegal aja dibela.. Sampe polsek dibakar.. Pantes polisi males ngurusin orang sana.. Ditangkepin malah ngamuk.. Nanti teriak ham kalau dilawan..
        Ga tua engga muda sama aaja disana..
        Engga ada berita bagus tentang lampung.. Hanya sifat kebinatanganya yang keluar dimedia..
        Warganya pun juga udah pada tau.. Dimalingin ditebus hasil jarahanya.. Kan toloool!!

      3. Originally writed from Iqbal:
        Saya setuju dengan orang bali.. Karena orang lampung timur isinya hanya manusia maling tapi seperti binatang.. Yang main tebas aja.. Seharusnya kaalau ada warga jabung tertangkap didaerah lain.. Masukin karung gebukin.. Terus potong tanganya dan balikin keasalnya..
        Biar jadi contoh warga disana..
        Memang warga sana pemalas.. Hanya mau uang banyak dengan singkat.. Makanya tempatnya engga maju”.. Karena orang” takut kesana.. Karena hanya untuk nyetor nyawa dan harta benda.. Kalau perlu dibom dan diratain sama warganya.. Dari pada ratusan bahkan ribuan orang jadi korban..
        Maling pembegal aja dibela.. Sampe polsek dibakar.. Pantes polisi males ngurusin orang sana.. Ditangkepin malah ngamuk.. Nanti teriak ham kalau dilawan..
        Ga tua engga muda sama aaja disana..
        Engga ada berita bagus tentang lampung.. Hanya sifat kebinatanganya yang keluar dimedia..
        Warganya pun juga udah pada tau.. Dimalingin ditebus hasil jarahanya.. Kan toloool!!

        JAWABAN DARI SAYA:
        Sebenarnya banyak keindahan di Lampung, ada berita bagusnya tentang:
        KOPI LUWAK (LAMPUNG BARAT)
        KOTA GAJAH (LAMPUNG TIMUR)
        DANAU RANAU (LAMPUNG BARAT)
        TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN (LAMPUNG BARAT)
        PANTAI TANJUNG SETIA (PESISIR BARAT)
        dll

        Marilah kita saling menghormati, salam hangat dari Kota Liwa (Lampung Barat)

      4. Woy (orang) BALI, jangan mentang-mentang kalian punya (BALI)HO sedangkan lampung tidak punya LAMPUNGHO ataupun JAKARTA dengan JAKARTAHO atau MEDANHO. Ingat, bangsa kita ini berbeda-beda tapi tetap satu jua (BHINNEKA TUNGGAL IKA).

        Kalian (orang bali) punya kelebihan, yaitu:
        BALIHO
        PANTAI BALI
        TURIS LUAR NEGERI YANG BANYAK

        Kami (orang lampung) punya kelebihan juga, yaitu:
        PANTAI TANJUNG SETIA YANG MERUPAKAN PANTAI NO 3 YANG PALING FAVORIT BAGI TURIS LUAR NEGERI
        PRODUSEN KOPI LUWAK PERTAMA DI INDONESIA MAUPUN DI DUNIA
        GAJAH-GAJAH YANG TERLATIH DI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS
        CERITA DI BALIK DANAU RANAU

        Jakarta juga punya kelebihan sendiri, yaitu:
        Kota terbesar & terpadat di Indonesia
        Banyak barang-barang asli dijual sangat murah
        Sinyal stasiun TV mudah sekali didapat
        Pusat pemerintahan Indonesia

        Dan untuk kota yang lain yang tidak saya sebutkan kelebihannya mohon maaf.

        Persamaan yang ada diantara provinsi Bali dan Lampung:
        Merupakan 2 provinsi yang berhasil menarik banyak wisatawan dari luar negeri secara bergantian.
        Periode I, Bali: Pantai Bali yang sangat laku sampai-sampai banyak sampah dari wisatawan maupun warga lokal
        Periode II, Lampung: Produsen Kopi Luwak pertama di dunia, berhasil menarik banyak wisatawan asing pada saat launching dan Pantai Tanjung Setia sebagai pelengkap lampung barat.

        Marilah kita (bali & lampung) damai, karena masing-masing dari kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing atau seperti pribahasa “Tidak ada gading yang tidak retak”

        Salam hangat dari kota LIWA, LAMPUNG BARAT

    2. kebetulan saja orang bali minoritas, seandainya mereka banyak, maka mereka akan membantai etnis lain seperti ba-bi, orang bali memang hipokrit.

      1. Orang bali tidak seperti yg anda cuapkan, Kalau emg orang bali kasar, Pernahkah anda mendengar orang bali menyerang klompok2 lain yg tinggal di bali. selama ini bali masih menghargai pendatang. Jadi jgn belagu deh kalian,,,! Kami slaku orang bali masih menghargai perjuangan leluhur yg rera mati demi persatuan nusantara. paham kalian dengan sejarah indonesia,,,,,

      2. Paling lu orang lampung.. Suku sendiri engga diakuin..
        Maluuu banget pasti ngakuin lampung.. Isinya “kebanyakan” binatang.. Yang main maling sama bunuh.. Sampah masyarakat.. Cuma jadi parasit rakyat indonesia.. Karena ini kota pengirim rampok ke daerah..

      3. Bagaimana jika kaum anda kami bantai habis dsisni? Suka….?..dmana pun tidak dnarkan sampai mebnuh… lo bali keluar dari indonesia…lo bkalan kehilangn bnyak pemasukan dari devisa

    3. kata sapa orang lampung sopan dan santun,,,yang ada bringas,brangas,jahil,dan tukang palak,tukang begal,kami sendiri yg asli orang mengala malu kalau akan memperkenalkan orang lampung…dan ini nyata,coba anda lihat di,jln pertigaan tegineneng,pertigaan terbangi besar,dijembatan layang kota bumi,dipasar kota bumi,dipasar mengala lama di pertigaan kota dalam,diterminal raja basa,di jabung,di jepara,di wono sobo,di,,semua pemalaknya suku asli kita(lampung)baik pemalak preman,maupun polisi dan llajrnya…semuanya suku kita..jadi anda alay jika mengatakan orang lampung itu sopan dan santun..

      1. aku bukan orang lampung, akuu juga bukan orang bali, tapi aku orang indonesia…,konflik hanya menimbulkan kesengsaraan,penderitaan dan kesedihan yang mendalam. hati ini terasa sakit apabila mendengar ada konflik yang bernuansa sarA di indonesia, ambon, sampit dan yang terbari konflik sara di lampung. MARILAH orang indonesia(lampung, bali,madura, ambon, komering dll) damai itu indah, tidak satu suku pun di indonsia yang orangnya jahat smua, itu oknum yangtidak bertanggungjawab

      2. saya ga suka orang suku ibu saya dihina,,(lampung),klo memang orang bali merasa terhina pergi saja dari lampung…ga usah diam dilampung,ini msih diam dlampung,,,kan ga pnya malu….klo mau kluar dri nkri,,keluar aja……ga usah sombong gara2 pnya keindahan alam,,,, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,memang ga pnya prinsip hidup

      3. Jadi lo mengala dimna nya biar gue lajarin and kasih tau gimana sopan nya kami orang lampung.
        Lo bilang orang lampung pemalak,pencuri,pembunuh,
        Apa lo mau juga
        Atau lo mau yawa lo yang di palak
        Hati2 dalam bicara yah
        Jaga mulut mu selagi bisa bicara. kolo lo udah gc bisa bicara lagi bru mikir

    4. Kami org Lampung Asli Tidak pernah Peduli Dengan Pendatang Atau Penumpang yg PENTING bagi Kami Adalah pandai-pandai Membawa diri untuk Pendatang, jangan penumpang Mau mengendali Kan Pribumi,dan KITA org Lampung Jangan JUGA menjadi biyang kerok di Negeri Sendiri.dan Kalau pun Bali MAU KELUAR dari NKRI alhamdulilahhirobil alamin…………itu Lebih Baik.

      1. Bali kalo keluar dari nkri akan jauh lebih maju seperti singapore, kalo lampung yang keluar dari nkri mau jadi apa baca tulis aja gak bisa

      2. orang bugis itu satu darah dg orang lampung termasuk orang batak. raja tulang bawang anak bungsu dari raja majapahit. sailampung bahasa kuno artinya lambat pulang yg disebut kan kepada raja tulang bawang makanya sampi saat ini melekat nama nya lampung. jadi semua nya dari maja pahit .

    5. saya setuju sama abang ini….banyak kenalan bahkan ttemN saya dari suku lampung..terutama di labuan maringgai….mereka tidak seperti apa yang di beritakan di media..solidaritas mereka tinggi terhadap warga pendatang….

    6. Engga salah ramah?? Apa kabarnya lampung timur jabung???
      Saya mau tanya dan jawab jujur..
      Tindak pembunuhan dan perampasan sudah berapa orang yang mati? Apa itu suatu hal yang lumrah disana??
      Saya lebih memilih lampung keluar dibanding bali..
      Karena lampung timur hanya mengirim sampah masyarakat kedaerah lain..
      Sehingga banyak orang mati karena kebinatangan mereka dalam membunuh..
      Coba searching tentang jabung lampung timur.. Apa ada berita bagus tentang daerah sana??
      Binatang aja engga gitu” banget..
      Lebih baik melihara 1000 ekor anjing masih bisa diajarin.. Dibanding 1 orang jabung..

      1. hooii mas isi nya jabung itu terutamanya para tukang begal nya ga sll org lampung asli,,,aku bnyk punya bukti mrk dr etnis jawa, jg ada…waktu itu tertangkap di kampung ku dia habis mbegal motor tp ga dpt dan dia tinggalkan motornya dlm keadaan bensin kosong,,,
        dan pas di tangkap dan di introgasi dia ngaku org bali [ maksudnya biar kami takut ] tp pas di lihat copy ktp nya alamatnya seputih banyak namanya budi santoso,,,jd jabung/lampung timur itu bkn hanya lampung penjahatnya…
        trus garong2 di daerah lampung tempo dlu smua org tahu mrk ada org jawa nya jg,,,knpa aku bnyk bilang org jawa karna garong cengkeh thn 1986 yg telah menembak sepupu ku yg msh kecil [ umur 6 thn ]
        ternyata jg org jawa timur….dia org trans mesuji…jd jgn bilang smua penjahat itu org lampung………….!!!

      2. bro lu orang gk usah sok iyes…
        klo lu milih 1000 anjing
        brarti lu gk lebih dari se ekor anjik kotor!!!
        otak u brarti udah bkan otak manusia lagi
        melainkan otak anjing…

      3. Setan kamu,kamu tinggal dimana emang,hati” klu ngomong sy orang lampung timur,malah km ntr yg sy mati’in

      1. Iyaa anjingnya kmu.. babi kok dmakan udah jelas2 di kesehatan sudah di jelaskan tidak layak dimakan malah dimakan itukan gx ada otakk.. udah tau sapi hewan malah disembahh kayek mana gx bdohh

    7. INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI GEN DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 11X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

      INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI GEN DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 11X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

      INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI GEN DARWO DI NMR (_0_8_5_3_2_5_2_9_1_9_9_9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 11X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

    8. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka 1430 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
      juta, wassalam.

      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….

      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1″Dikejar-kejar hutang

      2″Selaluh kalah dalam bermain togel

      3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..

      Solusi yang tepat jangan anda putus asah… KI .JAYA WARSITO akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]

      ANGKA GHOIB: SINGAPUR 2D/3D/4D/

      ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/

      ANGKA GHOIB; TEXAS

      ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/

      ANGKA GHOIB; LAOS

    9. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka 1430 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
      juta, wassalam.

      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….

      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1″Dikejar-kejar hutang

      2″Selaluh kalah dalam bermain togel

      3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..

      Solusi yang tepat jangan anda putus asah… KI .JAYA WARSITO akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]

      ANGKA GHOIB: SINGAPUR 2D/3D/4D/

      ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/

      ANGKA GHOIB; TEXAS

      ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/

      ANGKA GHOIB; LAOS
      ,,,

    10. Terima kasih Atas Bantuan Angka Ritual Anda…Angka Anda Tembus 100%…kami yang udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai utang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu nomor beliau..Saya coba beli paket 2D ternyata tembus…dan akhirnya kami pun membeli paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib ky supala Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…anda bisa Call 0852-2297-5877. Buktikan aja sendiri saudara…Terima kasih ky supala

    11. Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D SENIN 29 DESEMBER 2014 DENGAN ANGKA 1600 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 450 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub “KI JAYA” Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda

    12. Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D KAMIS 1 JANUARY 2015 DENGAN ANGKA 2973 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 470 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub “KI JAYA” Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda

    13. Pendatang harus mehargai pribumi jgan se enk ny nggp kampung ny sendiri blajar lh mehargai org lain bru kita d hargai walau pun bali bnyk dukun ataw santet lampung pantang mundur selangkh pun

    14. Saya sangat mendukung sekali proses damai antara suku melayu lampung jawa dan bali karena kita bersaudara satu bangsa bangsa indonesia jangan mau di adu domba oleh orang yang tidak ber tanggungjawab

  2. Kami orang lampung tidak akan bertindak, bergerak dan mengusik orang lain, selama tidak ada yang mengganggu dan mengusik harga diri kami dan keturunan kami.
    Prinsip kami adalah “Piil Pesenggiri”, jangan ganggu harga diri kami maka kami tidak akan mengganggu kalian.
    Semoga ini pertempuran yang terakhir.O:)
    Kami menghargai kalian sebagai pendatang di tanah kami, maka hargailah kami sebagai Tuan Rumah di tanah kami sendiri.
    Bersama menjaga kerukunan dengan berbagai macam suku di tanah lampung ini.
    SANG BUMI RUWA JURAI.

    1. Siapapun yang datang ke lampung bukanlah PENDATANG, dan kalian bukanlah Tuan rumah, karena tanah Lampung milik Indonesia. Semua orang Indonesia menjadi tuan rumah di Indonesia dimanapun dia tinggal. Jika KAMU ingin jadi tuan rumah di Lampung, maka bayarlah SEMUA Tanah lampung, dan buatkan sertifikat atas namamu. Karena kamu hanya bisa menjadi TUAN RUMAH di RUMAHMU dan diTEMPAT ATAU TANAH yang menjadi milikmu (APA KAMU BISA……..). Kami yakin yang benar dan salah akan mendapat balasan dari TUHAN. (PERDAMAINAN DAPAT TEERWUJUD JIKA KALIAN MENGHARGAI PERBEDAAN) yANG BENAR MENURUTMU BELUM TENTU BENAR BAGI KAMI YANG BAIK BAGIKU BELUM TENTU BAIK BAGIMU. jANGAN KAU MARAH JIKA AKU DAN Kau berbeda, selama aku tidAK MELANGGAR ATURAN HUKUM.

      1. ayo kita serbu bali, dari barat dan timur, ayo kita bantai si bali anjiinggg…!!!!!!!

      2. ya jelas lah…agama kita aja beda , otak nya pun beda, ya…gitu klo kebanyakan makan babi, otoak nya …ya….otak babi.tau sendiri babi mandi nya aja di kubangan.padahal air yg bersih banyak..KASIAN YA>>>

      3. orang lampung ini gak makan babi tapi sifat nya “pemalas nya kaya babi” jadi selama ini babi nya babi donk

      4. Bali itu Babi… kalo nyepi jalan ditutup, gak peduli ada orang non bali disana… kalo mau damai keluar aja dari sumbagsel, bukan hanya di lampung tapi juga di sumsel… makanya di tempat saya empat lawang orang bali di usir… soalnya babi nya bikin resah…

      5. Buat lo orang bali apa lo udah grasa hebat diam2 lah nanti lo beres
        Guai gham lappung dang sappai ago di yek2 lah pendatang gham culuk ke piil pesegiri gham

      6. Siapa juga yg mengatakan punya bapak lO. Orang bodoh sok pinter padahal otaknya gx lebih dari otak babi.. makaN tu babi banyak2 udah tu lo mati gw bakar gx perlu repot2 dteng aja ke jamban

      1. Kawan gak usah munafik, banyak kok orang muslim makan babi, sampean orang muslim bodoh coy, orang arab aja makan babi, nabi muhamad juga makan babi, saya sendiri orang muslim biasa makan babi, hidup BABI

      1. Pada intinya orang lampung iri dengan keberhasilan orang bali, orang lampung itu bodohnya minta ampun, pemalas dan begitu melihat orang lain berhasil ingin merampas apakah itu ajaran Muhamad

      2. Orang sunda kemanapun merantau pasti jadi lonte, emangnya orang sunda kalo gak jadi lonte gak makan ya, tapi kasian orang sunda itu cantik, neng gelis kalo dikasi uang suruh ngentot sama anjing pun mau

      3. Anda ga usah komen kalau cma bsa hina org..haha.. bali or lampung bantai? Anda yg hrus d bantai.. loe kira ini tanah loe.. tuhan loe yg ciptain.. ga usah saling smbongkn diri.. rugi blajar loe.. apa loe mank ga skolah..hahaha

    2. orang pendatang gak usah banyak tingkah kalau di lampung ..? salah satu kebencian orang lampung ama orang pendatang itu , orang pendatang banyak tingkah , sok jagoan , itu salah satu penyebab orang lampung asli ,
      benci ama orang pendatang

      1. haduuh yay, kerja kalo mau belagu, jgn tukang palak / negek, gaya lo sok alim klo ada orgen rusuh gelek, otak lo dimana yay gak punya otak lo yaa yay

    3. Setujuh saya banq sama cara bicara abanq.100%
      Ibarat kan….anda sopan kami seqan..anda sok”an..kami bantai.bener banqet banq….
      Shrus ny emq.salinq menqharqai 1 sma lain kan bang…..

    4. Smogaaa saja orang bali d musnahin, patung ajh d sembah goblokk,,, mkn nyaa babii pulaa,, emg udah dri sono nyaaa goblokk,, jdi jgn d ladeninn
      Buat lohh bali anjingggg,, bangsat

  3. ini isi BBM yang terlalu provokatif dari orang orang yang tidak bertanggung jawab. sumber yang tidak jelas. tidak perlu ditanggapi, saya yakin bahwa ini hanya pendapat pribadi dari pembuat BBM, karena kalau memang pernyataan gubernur bali seperti itu, maka pasti sudah menjadi headline diseluruh stasiun berita dan koran.

    jangan buat teknologi menjadi pembodohan masyarakat.

    1. Betul kawan setiap masalah pasti ada sebab dan akibatnya, maaf kalau orang lampung paham dengan uud 45 bahwa bumi air dan kekayaan alam lainya adalah milik negara mungkin tidak akan ada keinginan untuk mengusir kelompok tertentu, kita indonesia bersaudara satu nusa satu bangsa, apakah orang lampung saudaranya orang timur tengah, jangan munafik kawan, orang arab ketawa melihat kemunafikan anda.

  4. untuk kasus yg berkepanjangan seperti ini,,, mestinya Pemerinta h, gubernur, bahkan bupati mestinya cepat cepat menyigapi,,, jadi jangan hanya menunggu Profokator lewat dunia maya terus mmperkeruh keadaan,,, tidak ada tempat yg tidak indah di indonesia, semua orang tanpa terkecuali juga ramah tamah dan memiliki JIwa religius tinggi, dg cara yg beraneka ragam,,,, Jadi kami memohon untuk Pemerintah agar turun tangan dalam hal ini agar pselisihan tidak terjadi lagi,,, kami kawatir ini akan menjadi Masalah SARA,,,,
    semoga masalah ini bisa membuka mata hati Pemerintah untuk memperhatikan masalah2 yg ada ddalam negeri,,, karena masyarakat hanya mempertahankan nilai kemanusiaan dg cara mereka masing2, dan pemerintah yg kontrol,,,
    Wahai pemerintah -pemerintah, ternyata masih banyak masalah2 yg belum selesai didalam negeri tercinta ini,,, jadi sebisa mungkin persoalan di dalam negeri di selesaikan sebelum memperhatikan masalah di luar negri sana,,,

  5. Broadcast tidak bertanggung jawab, karena sulit diketahui kebenarannya. Tujuannya baik, tapi isinya mengaburkan esensi dr masalah. Sebaiknya kita semua menyerukan STOP Broadcast utk hal ini. Agar masyarakat mendapat update informasi dr berita resmi saja. Saya yakin semua pihak punya itikad baik utk melakukan perdamaian dimuka bumi (that’s human being) tanpa keadaan terpaksa karena ancaman beberapa pihak yg blm tentu benar. Tengkyu.

      1. Kau orang ntb gak usah ikut campur, kau itu masih primitif dan wargamu 99 persen masih bodoh dan otaknya dibawah rata rata, sebagian besar wargamu itu kerjanya maling

      1. bali itu cinta damai,,
        dan cita persahabatan,,
        lmpung aja yang kaya kontoll
        kalo brani jangan di sna ajaaa,
        lo nindass orang bali d sna ,
        kami orang bali bisa lbih kejamm dari musang ekorr 6,
        fuckk lampung bantai bantai,
        sang hyang widhi sllu meridokan bali

      2. Ga usah loe saling hina.. rugi loe skolah.. apa jgn” loe ga skolah? Prnh loe d ajarim bantai org?haha.. loe yg blg bantai org bali? Jgn cma d dunia maya.. dtng dounk ke bali bantai org nya langsung.. gua ga brpihak kpda siapa..cma gue heran sam lu smua.. jgn” lu smua anak” sd ? Blajar dewasa.. klo gni anak indonesia kapan majunya? Lu kira diri lu dh baik? Daerah lu dah baik? Kita indo bro ga usah saling smbong.. klo lu memank ngrasa daerah dan diri lu trbaik dan trkuat dtng ke jakarta minta am presiden buat lepasin daerah lu dari indonesia.. am indo j lu ga maju.. apa lg lu mau bantai”.hahaha.. ngmong di muka org..jgn d muka layar hp atau laptop.hahaha..

      3. Kelihatan goblok nyaa,,, dsarr penyembah api, bali otak babi, udah tau babi bnyk cacing kremi ny malah d makan emg goblokk ajhh baliii keliatan kaya taikk emg taikk gk berguna cuihhh makan tuh taik nyaa orang lampunggg hahaaa pajuhh pajuhhh naaa khapass nyawa moo

  6. mana mungkin orang lampung mau menyerang orang kampung balinuraga klau tidak ada permasalahan yang sudah menyangkut harga diri, mana mungkin seorang gubernur bali mau ambil keputuasan sperti itu. hanya orang-orang yg tidak bertanggung jawab saja yg bicara seperti itu makanya dicerna dulu pokok permasalahannya baru bicara, kita di lampung tidak pernah rusuh klo tidak menyangkut harga diri. saya sudah lama hidup berdampingan dengan orang lampung tapi tidak ada permasalahan malah saya sering dibantu orang lampung

    1. Ya iyalah sering dibantu wong sampean sama sama budak orang arab kok, coba lihat ente punya saudara diarab dipukul, disetrika, diperkosa pernah gak ente bela, ente itu pecundang

      1. Kau dimana sekarang anjing jngan cuma mnggonggong aja congor anjing mu buktikan jika kau punya kontol bertujahan kit sampai mati sok x hidup kau,

  7. Boleh kita berasal dari suku dan agama yg berbeda tapi kita tetap manusia yg harus saling menghargai.Nilai kesukuan yg di besar2kan akan berakibat benturan dengan nilai kesukuan yg lain ..pemahaman nilai lokal memang penting tetapi nasionalisme kita sebagai orang indonesia lebih penting.konflik ini menandakan tipisnya kesadaran nasionalisme…..sangat disayangkan betapa RAPUH nya bangsa ini

  8. KETIKA ENGKAU MENGHARGAI (BHINEKA TUNGGAL IKA) MAKA INDONESIA AKAN KUAT, TAPI KALAU PERBEDAAN: MAKANAN, CARA BERSEMBAHYANG, KEPERCAYAAN KITA JADIKAN MASALAH, HANCURLAH KITA.

    1. Maaf Bli,, bentrok di Lampung Selatan setahu saya bukan masalah agama dan kepercayaan,, jangan buru2 mengambil kesimpulan, telusuri dulu akar masalahnya, benar dan tidaknya informasi yang terkait..di Lampung, ada kurang lebih 1 juta etnis Bali yang hidup menyebar di hampir seluruh wilayah Lampung, (Kab. Lampung Tengah, Kab. Way Kanan, Kab. Tulang Bawang, Kab. Lampung Selatan dan kabupaten2 lain.. ) mereka hidup berdampingan dengan masyarakat dari berbagai etnis, lampung, sunda jawa, sumatera selatan, padang, banten, bugis, dll sejak puluhan tahun lalu. selama saya hidup di Lampung, baru kali ini saya dengar ada permasalahan bentrok antar etnis,,lebih tepatnya bentrok antar Kampung, yang kebetulan adalah Kampung yg berpenduduk mayoritas di huni etnis Bali dan Kampung yang dihuni oleh mayoritas etnis lampung.. Penyebabnya apa? mari kita lihat dari argumen masyarakat yg ada di Lampung Selatan (khusunya Kec. Kalianda, Sidomulyo dan Way Panji), ada oknum masyarakat Desa Balinuraga (ingat! saya sebut Desa Balinuraga bukan Orang Bali) sering melakukan tindakan2 yang kurang menyenangkan, merasa diri jagoan (kebal senjata tajam), bersifat premanisme dan bersikap egoisme kesukuan terhadap penduduk / masyarakat desa sekitarnya, hal ini sudah berlangsung lama dan sering, sehingga muncul lah ‘kebencian’ masyarakat desa lainnya terhadap oknum2 dari desa Balinuraga, sampai saat ada pemicu, terjadilah aksi ‘pelampiasan kebencian” okt 2012.

      1. betul sekali pak, dia kira sudah paling hebat,,merasa kebal dari segala macam sejata. Eeeeeee gk tau nya mampus juga. apa lagi di kaliada tempat ny pahlawan lampung di lahir kan, orang lampung sedikit pun tidak akan mundur, KUNFAYAKUN

    2. kau orang idiot yg cuma berani mengandalkan minoritas sebagai tameng, seandainya kami mayoritas mau, udah dri dulu org bali kami sikat…

      1. Setahu saya orang yang paling bodoh di indonesia adalah orang makasar, saya sering lihat di tv tawuran itu di makasar, bentrokan dimakasar, coba kalau kau berani bela tki diarab yang disiksa, saya yakin kau akan mencret dan lari ketakutan, hai orang makasaar jangan sok jago, kalian itu pengecut

      2. orang lampung brani keroyokan kaya semuttt,,
        kami dari pulau bali sedikit pun tidak mundurr,,
        jika kami masih benarrr maka kami akan bela bali sampai titik darah penghabisan
        dan encammkan ituuu
        untung saja lampung tidak bikin onarr di bali kalo bikin onarr lahhh gue bantaii looo di bali lampung,,
        slam lampung sampah

      3. Anjing kalian bilang makassar bodoh,,kw berani lewat begini aja,,kutimpas kw anjing kalo bilang bgtu depan qwu,,sini nomor mu anjing,,qwu datangi kw dimana pun temapat muu,,assu lah kw,,makassar diam kw berani usik,,anjiang kw

      1. Wah kyknya org” nie hebat bisa tebas dan bantai? Kalau dh menang kalian emank obama? Putin raja” inggris bkal krumah loe blg waoooooooww? Haha.. ga usah sok kuat n bantai org.. sadar diri klo lu komen d sni doank ga bkal slesai.. mending lu pungut sampah yg buat indo nie kotor..bkan ny nyimpem d otak lu..hahahaha.. bentrok trus ga da krjaan lain? Ap mank nganggur?haha

  9. Semua yg resek di indonesia harus di hukum perlu saudaraku ketahui indonesia adalah hasil perjuangan para pahlawan yg mereka beli dengan darah dan air mata

    1. untuk orang bali yang ada di lampung,jangan sombong jangan merasa lebih……saya orang bali yang ada di perantaauan sulawesi…merasa prihatin,,,,,,,tapi ada asap pasti ada api…….jika kalian tidak salah hadapi sampai mati tanah indonesia adalah milik semua unthk apa takut mati dengan terhormat dan membela hak surga menantimu,,,,,,,,jika kalian salah minta maaf dan siap menerima hukuman

    2. emang lo bisa idup yay tanpa orang pendatang?? lo mau negek siapa lagi kalo gak pendatang?? tegek dulu sodara lo yg kaya

      1. Gapain kami gangu adik puaghi kami sendiri sedang kan ada pendatang ya pendatang itu sih derita lo

      2. Nama nya sanak waway pasti jawa yg numpang hidup di lampung kirim kan alamat mu main kita berdua jika betul2 kau punya kontol dan laki kuat,wak tinggal di pringsewu kau dimana, nie no ku kau catat nya anjing 082175064686
        Belajar ilmu anti peluru dulu klaw tak mau mati konyol
        Wak ikhlas dunia akhirat jika wak mati di tangan kau
        Karena wak berusaha sekuat kemampuan ku mempertahan kan hargai diri suku lampung, jawa bagelen anjing kao

    3. Setujuh..saya selaku prbumi lampunq..setuju…
      Apa lqie… Pahlawan” k’banyakan di lahirkan di lampunq…khusus ny di kalianda..
      Betul gak bAng

      1. Bantai aja Bali !!!
        Gorok aja bali matiin aja bali ,,
        bali anjing..
        Slam kenal romble kalianda..

      2. Ngomong itu di depan orang lampung langsung kalu berni
        Dasar macam tak punya kontol kao , wak Lampung buay babok cukuh tidak trima saudara kami Lampung Sai kalian usil, dan merendahkan kami suku lampung
        Apakah leher kalian terbuat dari beton yg sudah tak di tebas , kalaw ya jumpa kita dimana

  10. Pernyataan mau keluar dari NKRI harus diklarifikasi kebenarannya ! Baik lampung maupun Bali gak boleh sombong ! Hargailah jasa para pahlawan kita yg memperjuangkan NKRI.

  11. jika ada masalah masalah mari kita selesaikan dengan kepala dingin,Rasulullah banyak memberikan kita pedoman,bagaimana kita hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang baik..Insya Allah SABAR ITU ADALAH EMAS…

  12. orang bali kembalikan ke bali, orang lampung kembalikan ke lampung.
    lepas bali dari indonesia, lepas lampung dari indonesi.
    kita lihat…BALI vs LAMPUNG..mana yang jadi Anjing !!!!!!

    1. harus nya dulu orang lampung udah mati kena ledakan gunung krakatau, alhamdulilah masih diberi kesempatan kedua eehh malah kurang ajarr,

    2. Gue berani taruhan kalo lampung lepas dari nkri mau makan apa orang lampung, masih bagian nkri aja gak bisa makan apalagi lepas

  13. Gak ada warga Bali di Lampung, orang yang lahir di Lampung ya orang Lampung, mau dia keturunan Bali, Jawa, Sunda, Tionghoa semua orang Lampung. Yang jadi masalah kenapa gubernur Bali mengganggap warga Bali Nuraga itu warga Provinsi Bali? Kalo warga Bali ya mereka yang punya KTP Bali, begitu juga warga Lampung, ya yang punya KTP Lampung ya orang Lampung. Nah yang rasis siapa sekarang?

      1. gubernur kamu yg tolol dr dulu gak sejahtera lampung ini jalan rusak bnyk begal kalo nonton orgen rusuh,

    1. palestina di gempur israel siapa yg gupek, indonesia yg kan sok sok an ikut prihatin padahal mereka bkn orang indonesia, kalo lampung mah make sarung aja dirumah biar bini lo yang ke kebon hhaaa pemalas

  14. Orang Bali yang jumlahnya gak karuan kalo dikembalikan ke Bali, bisa bisa di usir sama orang Balinya sendiri. Tapi kalo orang Lampung yang di Bali dikembalikan ke Lampung maka tanah di Lampung sangat luas untuk menampung mereka, nah siapa yang rugi?

    1. KOg rugii ??

      BAli masihh BNYak ada tanah !

      bukitt masihh bnyakk yng kosonng/ belum ada penhuni nya !

      kogg rugii ???

      punya tnah luas bngga !!

      coba ga ada tuhann ada tnah ?? ga kann !

      1. bali merupakan satu pulau terpadat di indonesia, bahkan lebih padat dari jawa, kami orang non-bali siap akan nyerang bojok2 di bali, bali akan terkepung , (di utara ada sulsel, di barat ada jatim dan di timur ada NTB)… bojok2 akan dikepung HABISSSS…

      2. Sebagai masyarakat Pendatang seharusnya orang bali pakai prinsip orang Padang, DI MANA BUMI DI PIJAK DI SITU LANGIT DI JUNJUNG.

    2. Kalau GAK ADA BALI DI LAMPUNG,LAMPUNG MANA BISA MAJU??!! LiHAT JA SUKU BALI D LAMPUNG RAJIN DAN GIAT BEKERJA, SEDANGKAN YG LAIN NA APA?

      1. Bandan lo orang bali yang bauk babi tru muka lo orang yang kayak kontol itu yang lo orang banga in

    3. iyaa dilampung ini banyak tanah kosong tapi sayang nya mereka gak bisa ngurusin yaa wajar lah pemalas, ohh ia tanah kosong kan buat kuburan org lampung hahhaaha

      1. loo lampung jangan sombong loo baru mnang di kandang
        kalo loo ke bali habiss loooo,,
        orang bali di lindungii tuhan dan bnyak juga orang saktii,
        kami siap membantu bali,,
        BANTAI LAMPUNGG SMPAHH

  15. semua hal tersebut bisa terjadi dimana saja karena sebagai bagian dari ciri khas masyarakat tradisional, maka persamaan budaya, adat dan kebiasaan adalah sebuah dasar dari konsensi mayoritas yg dijadikan sebuh nilai yg wajib di akui dalam sebuah tatanan pranata sosial masyarakat,hingga sering muncul kepatuhan paksa yang terjadi antara si besar dan si kecil dan kejadian di lampung selatan adalah sebuah cerminan gagalnya negara membentuk atau memang belum pernah terbentuk national character building, dimana identitas masih dijadikan sebuah perkara dominan dalam proses kehidupan negara dan berwarga negara dan hal tersebut seringkali menjadi persoalan sebuah negara yang menuju pada proses transisi demokrasi. ada baiknya hal ini disikapi dengan bijak tanpa salah menyalahkan antara satu dengan lain apalagi jika membawa unsur SARA. penyelesaian hal seperti kasus lampung selatan hanya dapat diselesaikan dengan segenap partisipasi dan kontribusi publik masyarakat secara positif dalam bingkai kesatuan warga negara, bukannya malah diperuncing dengan jebakan ranah identitas yang sempit .

  16. perang dulu, baru boleh keluar dr NKRI, itupun kalo bs mengalahkan INDONESIA TUMPAH DARAHKU. ga usah neko2 ama indonesia. Panser anoi bserta SS2 SIAP DI UJI COBA.

  17. MALAH JADI PADA EMOSI…EMOSI TAK SELESAIKAN MASALAH…SEKARANG CARI DAN TANGKAP PELAKU KERUSUHAN…BIAR MASSAL TETAP BISA DICARI, KARENA PASTI ADA AKTOR INTELEKTUALNYA. INI TUGAS P[OLISI, KITA TINGGAL SERAHKAN AJA SAMA POLISI.

  18. jadilah masyarakat yang cerdas dalam menghadapi masalah.walaupun berbeda-beda tapi tetap satu,satu bangsa satu bahasa indonesia.

  19. Maaf saudara2,, bentrok di Lampung Selatan setahu saya bukan masalah agama dan kepercayaan,, jangan buru2 mengambil kesimpulan, telusuri dulu akar masalahnya, benar dan tidaknya informasi yang terkait..di Lampung, ada kurang lebih 1 juta etnis Bali yang hidup menyebar di hampir seluruh wilayah Lampung, (Kab. Lampung Tengah, Kab. Way Kanan, Kab. Tulang Bawang, Kab. Lampung Selatan dan kabupaten2 lain.. ) mereka hidup berdampingan dengan masyarakat dari berbagai etnis, lampung, sunda jawa, sumatera selatan, padang, banten, bugis, dll sejak puluhan tahun lalu. selama saya hidup di Lampung, baru kali ini saya dengar ada permasalahan bentrok antar etnis,,lebih tepatnya bentrok antar Kampung, yang kebetulan adalah Kampung yg berpenduduk mayoritas di huni etnis Bali dan Kampung yang dihuni oleh mayoritas etnis lampung.. Penyebabnya apa? mari kita lihat dari argumen masyarakat yg ada di Lampung Selatan (khusunya Kec. Kalianda, Sidomulyo dan Way Panji), ada oknum masyarakat Desa Balinuraga (ingat! saya sebut Desa Balinuraga bukan Orang Bali) sering melakukan tindakan2 yang kurang menyenangkan, merasa diri jagoan (kebal senjata tajam), bersifat premanisme dan bersikap egoisme kesukuan terhadap penduduk / masyarakat desa sekitarnya, hal ini sudah berlangsung lama dan sering, sehingga muncul lah ‘kebencian’ masyarakat desa lainnya terhadap oknum2 dari desa Balinuraga, sampai saat ada pemicu, terjadilah aksi ‘pelampiasan kebencian” okt 2012.

    Jangan bawa2 nama BALI dan LAMPUNG, toh masyarak etnis bali di Kabupaten lain di Lampung sampai saat ini masih hidup damai berdampingan dengan masyarakat dari etnis lainnya. tidak ada masalah antara Etnis Lampung dan Bali.titik.

  20. Tau nggak kalian akibat konflik ini , lihatlah Korban materi dan moral serta anak anak dan wanita, mereka orang orang tdk bersalah menjadi korban kebiadaban yg mengatasnamakan etnis. ini akibat isu SMS dan BBM yang disebarkan oelh oknum oknum yg tidak bertanggung jawab yang tdk menginginkan perdamaian di NKRI ini. Semuanya RUGI akibat konflik ini bukan masalah salah dan benarnya, Setau saya orang BALI menjadi kecewa akibat konflik ini akibat pemberitaan media yang berat sebelah bila ditelusuri berdasarkan penyelidikkan POLRI silakan baca ini http://www.polri.go.id/berita/15831 bahwa kejadiannya tidak ada pelecehan seksual itupun sudaj diakui oleh kedua wanita dan orang tua cewek tsb. keburu isu menyebar yang bukan bukan maka terjadilah penyerangan tsb. Sudahlah semuanya RUGI total nggak ada yg diuntungkan dari konflik ini baik Bali maupun Lampung. Semoga Perdamaian dan keadilan di tegakkan di NKRI ini.

    1. gimana mau merdeka, berani teriak merdeka, maka 1000 bom dari jawa akan jatuh ke-atas pulau bali….mampus kalian semua, hahahahaha…

    1. YG MAEN KROYOKAN SIAPA? Bali apa Lampung, BUKTI NYA LAMPUNG MENGUNDANG SUKU NA D SELURUH LAMPUNG,SEDANGKAN UNDANGAN DARI SUKU BALI D TAHAN DI JALAN? Jdi sudah jelaskan siapa yg maen kr0yokan

      1. ayo kita main keroyok, silakan panggil etnis masing2…BALI 3 juta melawan lampung plus jawa plus sunda dll jumlahnya 200 juta…ayo berani?????

      2. dI TAHAN DI jalan, belum sempet kalian sampai dari Bali ke lampung, orang banten akan bantai kalian dan di selat sunda kalian akan tenggelam.

      3. ay udah lah tanya orang/ suku yg lain yg pernah tinggal dilampung kaya udah berani aja orang lampung hhaaaa maen keroyokan, si tolol

    2. hahaa lampung banyak omong lo itu lah maen keroyokan, kalo kalah panggil satu kampung, inget lampung kamu itu provinsi miskin tau diri ajalah

      1. ah lampung banciiii,
        brani nya mengharapkan bantuannn hahaha,
        selagi kami benarr kami tidak akan mundurrr,
        sekali mati kami akan rela mati bersama demi masyarakat bali

  21. Tanah Lampung adalah milik kita semua.
    Saya orang lampung tapi mendukung NKRI. Yang terbaik adalah pendatang harus tahu diri, berusaha menghargai masyarakat asli, dengan segala atributnya; budayanya, agamanya, kebiasaannya, dsb. Begitupun masyarakat asli juga harus bersikap terbuka terhadap pendatang, menghargai, menerima dengan tangan terbuka.
    Sudah seyogyanya semua elemen menahan diri, tidka mudah terprovokasi, sehingga korban tidak berjatuhan lagi, hanya masalah sepele.

  22. UNTUK SEMUA SAUDARAKU BALI,LAMPUNG DAMAILAH,,JADIKAN PERSELISIHAN INI SEBAGAI PELAJARAN UNTUK SALING MENGHARGAI..KAMI DI BENGKULU BERTETANGGA BAIK DENGAN ORANG LAMPUNG,,DENGAN ORANG BALI,,BAHKAN WAKTU KEJADIAN KERUSUHAN ANTARA BALI DAN LAMPUNG MEREKA MENANGIS..MEREKA SANGAT MENYESALI SEMUA KEJADIAN INI..DAMAILAH SADARAKU

  23. seharusnya orang Indonesia tidak boleh saling menjatuhkan satu sama yang lainnya.. kita harus bersatu.. tidk boleh saling mengolok-olokkan..

  24. Assalamualaikum wr wb .kpd semua saudara saudara sebangsa dan setanah air segala hal yg datang itu adalah suatu hal yg di selesaikan dng jernih .dan kita semua saudara.saya harapkan .jangan mudah kalian terprofokasi. Wahai saudaraku kita bersatu bukan untuk suatu permusuhan .tapi bersatulah untuk membangun negara ini agar lebih baik. Sekali lagi saya himbaukan bersatulah jangan kalian berpecah belah diantara satu dan lainya. Wasalam (ustaz murrod)

  25. Assalamualaikum wr wb. Wahai saudaraku yg berada di lampung dan saudara saudaraku yg di bali. Saya himbau. Bersatulah jangan kalian berpecah belah kita semua saudara.saya himbau kpd gubernur bali jangan mudah terprofokasi dari suatu hal berita berita yg sekiranya bisa memecahkan persaudaraan. Dan saya himbaukan juga terhadap gubernur lampung. .selesaikanlah permasalahan ini dng musyawarah dan kejernihan hati. Dan terutama saudara saudaraku yg di lampung/bali. Khususya . Berdamailah berdamailah .wasalam. Ustadz murrod hasanuddin

  26. Bali itu cinta dmai, n bali itu indah, orang bali itu tulus iklas. klo mw nyerang bali siapkan dlu pekakas kalian, sebelum bali mampusin kalian.

    1. kami org lampung menjunjung tinggi sang bumi ruwai jurai
      darah putih keturunan kami
      sampai mati pun kami tetap mempertahan kan harga diri kami

      lampung soy enjoy klo lo enjoy kepada kami
      lo sopan gua sopan

      wujud kan perdamaian di seluruh indonesia jngan cma berpatok di lampung vs bali

      1. haaaa gores dikit mati, tidur aja yay dirumah ntr malam ada orgen jangan lupa maling ayam buat modal minum okeee hhahaa

  27. Sebagai pendatang (Bali) hargai tuan rumah (lampung).
    Jngan seenakny jdi jagoan d’tnah org.
    Klau klian Gg mau d’bantai jngan sok !!!
    Inget, org lampung mnjunjung,dn mmperthankan hrga diri org lampung wlaupun sampai titik darah penghabisan !!!
    “Sang Bumi Ruwai Jurai”

    1. Satu nusa, satu bangsa, tp saling memangsa. Maaf sebelumnya untuk masyarakat indonesia. Jika kami mencoreng perdamain di idonesia. Sebenarnya kami cinta damai,cinta indonesia,kami masyarakat balinuraga sangat menjunjung tinggi kebersamaan hidup berbangsa dan bernegara… Tp apa boleh buat sodara ku indonesia, kami yg hanya ingin menolong seorang gadis yg kecelakaan di jalan, di desa kami sendiri berumur 15 thn, kami di tuduh memegang dada anak gadis itu, hanya gara” di tuduh, dan sebenarnya tidak benar tuduhan itu, dan tiba” sore hari pukul 13:00 kami di serang masa lampung kurang lebih 200 masa, pada serangan pertama, dan kami hanya berjumlah 70 masa. Sebenar nya kami tidk ingin bentrok, apa boleh buat, jika kami tidk melawan, maka nyawa kami terancam. Akhirnya terjadilah bentrok itu dan ada korban jiwa dari masa lampung 2 orang tewas. Dan masa lampung membubarkan dirinya masing”, kami pun kembali kekampung kami. Serangan ke 2, malam nya kami di serang lg oleh masa lampung, kami pun harus melakukan perlawanan kembali, dan terjadi lg korban 1 tewas dari pihak lampung dan luka 10 orang masa lampung. Bentrok pun reda kembali. Esok harinya bentrok serangan ke 3 dari masa lampung. Kurang lebih masa 20000 jiwa masa lampung dari 2 kecamatan. Menyerang 1 desa, yaitu desa kami balinuraga yg hanya berjumlah 400 jiwa masa bantuan dari kampung sebelah. Alangkah tak seimbangnya masa 20000jiwa campur lampung dan banten vs 400 jiwa bali, mau tidk mau, kami harus melawan, agar kampung kami tidk di serang. Hanya keajaiban yg mampu menolong kami untuk melawan 20000jiwa itu. Kami pun menghadang, mereka pun menyerang kami.terjadilah bentrok itu, korban berjatuhan 1 persatu 1 dari kedua belah pihak. Rumah” kampung kami di bakar, harta” kami di jarah” nenek” dan kakek” yg ada di kampung kami di bunuh… Dan kampung kami pun hancur. Korban jiwa dari pihak bali nuraga 9 orang yg tewas itu semua lansia, pada serangan ke 3 itu.lampung 20 orang luka. Kebetulan saya iku saat bentrok itu, beruntung saya salamat dari serang itu berkat tuhan di atas. Sunguh kami sangat menyesal menolong gadis yg kecelakaan itu, karena dia kami di tuduh melecehkan dia, dan kami di serang. Alangkah tak adil tuhan kebaikan di balas dengan kekejaman. Hanya tuhan yg mengerti. Bentrok terjadi bukan faktok agama atau pun kepercayaan, tp hanya bentrok suku lampung dan bali saja. Kami tidak pernah menjelek jelekan agama lain, mungkin jika ada itu hanya adu domba dari lawan bentrok kami, karena supaya dia bisa medapat bantuan masa lebih banyak lg dari luar suku lampung. Kami sangat menghormati agama islam, kristen, budha dan semua agama yg ada di indonesia. Mohon pengertiannya untuk masyarakat idonesia. Salam damai dari kami balinuraga untuk semua agama, suku dan ras di indonesia,.. Kecuali suku lampung tidak ada salam”an…

  28. Intinya kalau orang bali bisa menempatkan diri. Gk akan di BENCI semua UMAT.

    Lihat semua suku indonesi benci bali, jadi siapa harusnya yg bercermin ?

    Jangan sombong kalian bukan TUHAN..

      1. mak lo itu butuh dicolok yay, bapak lo kan banyak bini kasihan memek mak lo, pantes dipanjang bnyk jablay

  29. Di kab brebes ,, prov jawa tengah …
    Terdapat populasi dari berbagai suku di pulau jawa diantara lain;
    -jawa : 79%
    -sunda : 15%
    -jawa cirebon ; 6% ,, dan belum keanekaragaman dialek bahasanya seperti ;
    -jawa tegalan
    -jawa banyumasan
    -jawa bumiayu
    -jawa cerbonan
    -sunda cerbonan
    -sunda kuningan(sunda tenggara),,
    yang kesemuanya bisa digolongkan bahasa dan masyarakat yang berbeda ,, tapi dari perihal tadi ,tidak lantas menjadikan brebes sbg daerah konflict yang diakibatkan SARA ,, cobalah kita saling berkaca di air sungai “jangan kaca kamar” karna orang bijak bukanlah katak dalam tempurung ,,,
    baik diantara minoritas dan mayoritas kami saling menghargai ,,,
    marilah kita jadikan kearifan timur kita sebagai acuan untuk membentuk masyarakan yang saling menghargai diatas perbedaan …

  30. Ulun Lampung adalah manusia profesional dan sportif, identitas lampung asli mereka tidak suka menantang siapapun tetapi jangan pernah mau menantang orang lampung karena mereka siap syahid dengan apapun kejadiannya, mereka tidak suka berkelahi secara keroyokan/tawuran dan mereka cenderung berusaha menyelesaikan masalahnya dengan sendiri2, jika mau tau mentalitas identitas lampung ajak lah mereka berduel jika iya itu benar2 Lampung bukan blesteran!!!tapi kalo keroyokan biasanya mereka pikir2 dulu kecuali benar2 dibutuhkan perang massa, kau tau siapa yang bunuh Patih Gajah Mada yang konon menaklukkan Bali dalam sekejap, namun apa yang terjadi di Lampung ketika gerakan Pamalayu oleh Majapahit lewat pesisir timur mampu menaklukan kerajaan2 Melayu, tapi ketika ia lewat pesisir barat dan dipimpin langsung oleh Patih Gajah Mada mereka tidak mampu menembus pertahanan harimau Sumatera dan kalau u mau tau Kuburan gajah Mada ada di Krui mati terbunuh oleh pendekar2 paksi pak Skala Brak,,, bukan propokatif tapi kami juga masyarakat lampung banyak yang merantau keseluruh pelosok Nusantara, dan terbukti kami merantau sendiri2 tanpa massal seperti halnya suku lain, kami merasakan betapa pedihnya ditanah rantau, tapi kami tau akan ukur diri, ketika ditanah orang lain, bukan berarti kita akan menguasai dan merasa paling jagok, kalau mau tau yaa, ada beberapa mafia di sekitar singapura itu beridentitas Lampung dan Komering Palembang mereka tidak akan pernah membawa suku tapi mereka profesional, kalian tau Hatta Radjasa itu komering, Ical Lampung, Henry Yosodiningrat Krui, Aziz Syamsudin Lampung, Rmyzar Ryakudu itu Lampung dan mereka tidak pernah rasis atau mereka kesukuan alias Nepotisme, mereka akan mengajak orang dari kampungnya ketika bisa/punya keahlian dan lihat rata2 org Lampung yang sukses dimana2 mereka tidak pernah mau melihatkan identitas aslinya karena mereka faham kita hidup berbangsa,
    terkait mau keluar dari NKRI gak masalah juga paling kalian akan menjadi budak2 Australia sebagaimana Timor Leste oleh Portugal,,, perlu difahami juga saudara ku di Sampit ada Saudara kita dari Madura telah berpengalaman dg Dayak, Bugis dengan Tidung di tarakan, Jawa di Aceh semunya bukan soal pendatang atau pribumi tapi soal cara bergaul, cara bersosial, dan ini akan menjadi lahan politik yang empuk bagi politisi ketika kita sebagai masyarakat awam tidak memanajemen dg baik, lihat konflik Sara dan Rasis di Negara ini semuanya bermuara dari ketidakpuasan daerah!!!! maka saya katakan Orang Lampung dengan Kepala tertegak tidak akan takut dengan konsekuensi apapun jika itu baik dan benar jika itu salah kamipun tidak segan meminta maaf dengan siapapun, Orang Lampun Tidak Pernah Rasis tapi Orang Lampung sangat menjaga harga dirinya!!! kami tidak mengentalkan nama kami dengan Marga tertentu, kami tidak menarik secara Nepotisme saudara2 kami dikampung jika tidak punya kemampuan apa-apa, kami tidak berbahasa Lampung seenaknya dewe ketika disekitar kami ada orang suku lain, kami tidak mengurusi urusan rumah tangga siapapun, kami siap ramah selagi orang menghargai kami,,,,!!!

    1. asli nya orang lampung mayoritas orang jawa perpaduan dg orang sunda dan bugis mereka sudah hidup di abat 19 dan mereka memekai bahasa kuno. dan sampai sekarang masih ada dalam sejarah.

  31. Dalam ilmu kanuragan tak ada kata damai
    secara politik kita damai tapi dalam ilmu hitam tidak ada orang bali yang menyatakan damai
    orang bali akan menyebarkan gerubug bencana akan selalu menimpamu

  32. jangan baru orang bali itu tinggal atau menetap di daerah lain orang bali itu kalian bantai kalau seandai saudara kalian yg dari lampung menetap di bali di bantai juga gimana perasaan kalian…tolong hargai pertolongan dari orang lain….jangan bentrok cuma maslah cwe malu kita….???

      1. okk mas kami dari banten siap membantu membersihkan bumi lampung dari orang2 bali yg sok jgoan,pdhal nyali ciut

  33. mending kita coli aja di rumah,sambil ngerokok,sambil megang cewek….

    ,lampung memang iri kepada bali,, apa terkenalnya lampung??????syapa tau lampung,gak ada yang tau !!!!,kalao bali di dunia di tanyain semua tau….!!semua negara tau,,
    kalian cuma terkenal bentrok2 dan bentrok!!!!!!!!!!
    kalo gini kapan indonesia maju…..
    kalian tau bhineka tunggal ika?kalo kalian tau pasti kalian .tidak melakukan hal semacam ini!!!!! menurut saya kalian orang lampung gak sekolah ,dan gak pernah ikut upacara bendera setiap hari senin,pas masa sekolah,,,,makanya kalo ada orang ngomong dengerin jangan kayak anjing yang gak tau apapa

      1. Oh ya , org luar negeri aja tau bali , indonesia nya kurang tau apalagi indonesia mini hihi

  34. gue pernah tinggal di lampung. dan sangat ngerti situasi di lampung seperti apa…..oh ya, disni selalu ada yg nyebut nyebut banten, jangan mencatut nama etnis lain di dalam arus pertikaian kalian semua, saya atas nama masyarakat banten merasa tersinggung nama banten disebut sebut dalam kasus murahan seperti ini, kalau ada masalah selesaikan sendiri, jangan bawa kelompok lain yg tidak ada sangkut pautnya

  35. indonesia primitif , gak akan pernah maju kalau begini … kalian semua malu dong .. apa yg kalian banggakan dengan daerah kalian … primitif

  36. yang merusak indonesia bukan orang jaman dulu (penjajah) , tapi orang-orang primitif seperti kalian … Tawuran tok .. aku lebih suka org jaman 45 dulu respect ,saling menghormati … maupun islam atau hindu , lampung atau bali …. apa kalian ingin spt dayak dan madura ? anak kecil mati dengan sia-sia bung …. indonesia cintai damai … Damai spt yg diajarkan Nabi Muhammad

  37. haaa tanya suku lain yg bermukim di lampung seperti apa sifat orang lampung yg sebenarnya, kalo gak tau?? mereka itu pemalas, mau nya sendiri, tukang preman, doyan poligami, banyak omong dan yg pasti mereka itu gak bisa ngomong R karena lidah nya cantengan.

  38. Lampung pokok nya is the best dah, apa lg buat masyarakt lam-teg salm kompak slalu buat PERMALAT salam kompak .
    Buat Bali diem aja dri pda ada masalh baru, Lampung Bersatu !!

  39. orang lampung itu wajar marah karna dia iri sama suku pendatang, karna orang pendatang pada maju dan sukses smua, orang jawa dan bali rumah nya udah bagus2 dan tanah nya lebar2 sdangkan orang lampung mna,,,,,,,,,,???? wajar aj kalau marah. pesan qw yg rajin2 krja dan jnggan saling iri dnggan suku pendatang…

    1. pilat kau, kalu pacak bali tu dibantai galo di tanah sumatera, nak keluar dari nkri silahkan bae, itulah bukti bali penakut macam babi nyo… cobo kalu brani serang bae pulau sumatera… kami tunggu

      1. Kenapa jadi pulau sumatera??? Lampung bukan sumatera.. Tolong baca topiknya ya baru coment..
        Kebiasan orang bodoh tidak baca topik.. Asal komentar aja.. Berarti anda komentar engga ada manfaat..

  40. Mending lampung nya aja keluar.. Apa lagi lampung timur.. Isinya kebanyakan sampah masyarakat doank..
    Apalagi daerah jabung.. Tempat paling hina.. Maling dibela.. Padahal udah jelas banyak yang mati karena ulah sampah seperti mereka..

  41. Lampung aja usir dari NKRI.. Biar maling engga gampang masuk ke NKRI..
    Mau berapa orang yang mati lagi??
    Kalau lampung keluar kasus pembegalan berkurang..
    Mungkin negara lampung jadi ngera termiskin dari terkorup no 1 didunia.. Karena kebanyakan orang pemalas.. Yang mau uang banyak dengan singkat..
    Cuma jadi parasit dan sampah masyarakat!!!

  42. Harusnya masyarakat Lampung itu sadar hukum, terutama Lampung Timur kecamatan Jabung, jangan sampai mati sia2 karena maling, rampok, dll.
    Kalo diTembak mati polisi aja gag kapok, kalo mati masuk Neraka baru kapok, mau insaf dah gag ada wktu coy(khusus muslim) mulailah berbuat kebaikan dari sekarang, Taubatan Nasuha sehingga menjadi pribadi yang cerdas, berakhlak mulia, beramal sholeh, saling menghormati, menghargai perbedaan, semua orang tentu mengidam-idamkan masuk surga pada akhirnya nanti, entah Agama Apapun dan siapapun.

  43. bajigan sudah makan geludah lagi menghina orang sumatra saya tidak suka orang pendatang bilang malas meleceh kan kamu bisa melek kerna numpang jadi diam saja hargai orang lampung saudara lampung masih banyak dari bali dan mereka muslim.

  44. saya orang jawa timur sangat berterima kasih dg orang sumatra husus nya orang lampung yg bisa menerima orang tua saya merantu sampai saya bisa kerja.

  45. hati2,,,pendatang jangan buat ulah.
    bisa2 kejadian sampit akan terjadi di lampung.
    pendatang bisa diantai. sudah cukup,,,,,,suku dayak saja di kalimantan
    yg melakukan sweeping kpd suku lain utk dibantai…….
    HIDUP DAYAK…
    HIDUP LAMPUNG

  46. Bagi saudara-saudara Muslim di Lampung, ingat Surat Hujurat dalam Al Qur’an sebagai landasan hidup damai dan aman. Bagi saudara-saudara Hindu di Bali, ingat Bhinneka Tunggal Ika, tan hana dharma wangruwa. Hidup Indonesia.

  47. Kami Dari orang Bali:

    Orang Bali itu Cerdas, Kaya KeIndahan Alam ,Situasi Liburan Yang indah.
    Banyak orang pendatang datang ke bali untuk Rileks,santai,Dll
    Turis Mancanegara Membantu Untuk Menjaga Kelestarian Bali
    Contohnya : Pernah Memainkan Musik Tradisional
    Belajar Tarian Khas Bali Dengan Cepat
    Diajak Oleh Turis Terkenal Ke Luar Negeri
    Kalau Ada Pendatang MEREKAK(SOMBONG) Mereka Akan Menjadi ”SAMPAH”

    yang membela bali

  48. kami etnis jawa, tapi kami bisa hidup tentram dan damai di tanah lampung. Itu karna kami tidak membuat ulah kepada masyarakat pribumi.

    mengenai perselisihan antara etnis lampung dengan etnis bali, mungkin saja etnis bali lah yg terlebih dahulu berbuat ulah kepada etnis lampung sehingga terjadi permusuhan sampai sekarang.

    Dan saya yakin, yg nama nya masyarakat pendatang tidak akan bisa menang melawan masyarakat pribumi.

    mengenai berita tentang bali yg akan keluar dari NKRI saya rasa tanpa bali pun NKRI pasti bisa maju kok… kalo EMANG mau keluar, ya keluar aja.. BODOAMAT….

    bali SONGONG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    1. Assalam. Ia sob kami sebagai org lampung menghormati semua etnis. Dan kami berterima kasih sangat banyak karna telah saling menghormati. Saya ucapka terimakasih wassalam

    2. Jawa kan bnyak numpang dibali, tp sekutunya lampung
      Kalo km suruh bali keluar dri nkri,
      suruh orang jawanya keluar dri bali , bisa ga bawa temen2 km kluar drisini.. bikin jorok bali jorok aja

  49. masalah sudah lama masih aja diperdebatkan !!!! urus diri sendiri aja sono , jgn sok jagoan kalian semua kalau begini caranya hapus saja lagu nasional “satu nusa satu bangsa” !!! kalok memang merasa jagoan dan paling sakti mending tolong saudara” setanah air yg sering disiksa diluar negeri !!!!

    pake otak kalian semua !!!!

  50. orang bali gak paham NKRI !!!!! RASIS !!!!! BANYAK JADI TENTARA. BANYAK JADI POLISI, TUJUANNYA : RASIS !!!!!! MUNGKIN MEREKA SAKIT HATI DENGAN ISLAMISASI MAJAPAHIT DULU……

  51. Asallam muallaikum w.r.b Saya sebagai orang lampung memahami benar apa yg terjadi. Org lmpung tak seperti yg klian ktahui. Org lampun it bersosialisasi tinggi. Mereka ramah.baik. mereka juga menghormati pendatang. Tp jika mreka terusik dan tidak di hormati. Jangan salahi org lampung karna mereka punya piil pesengerei yang ditegak kan pada raga org lmpung. Kau tau piil? Piil adalah HARGADIRI ORANG LAMPUNG. !. Jika kami merasa terusik. Maka kami rela MATI demi menegakan piil. Ingat itu . Org lampung tdk seperti ap yg kalian bilang. Kami saling menghormati. Jangan sampai ada salah kata yang menyinggung kami. Sehingga piil kami pecah dan kami mulai bertindak. Dan seluruh etnis termasuk bali juga kami hormati. Kami mohon maaf jika ada salah. Dan tidak ada salahnnya kita saling menjaga dan hidup berdamai. Tetapi semua itu tak indah jika pecaah nya peperangan antar saudara. Wasalam

  52. Gubernur bali jga ga perlu mengatakan hal demikian,mentang2 bali terkenal di dunia.tpi jgan lupa keberadaan bali jga tak lepas dri negara indonesia ini. Meskipun lampung blum sebegitu terkenal dbanding bali tpi gubernur ga perlu bicara seenak udel nya aja

  53. hidup lampung kami orang banten siap memberantas orang2 bali yg banyak tingkah dan sok jgoan,, apa perlu orang bali kami hujani dngan santen banten //untung ja dbanten tak ada orang bali klow ada udh diberantas broooww

    1. Lampung selimau,lampung kalianda,lampung semaka,lampung abung,lampung belalau,lampung pubian,lampung sungkay,lampung komering,lampung cikoneng dan lampung lain2nya…seluruh suku lampung disegala penjuru lampung…dan yang berada di sumatera selatan,bengkulu dan cikoneng banten.BERSATU

      1. Watak orang lampung memang keras dan pemberani,Orang lampung gak bakal nyubit kalo gak dicubit…
        Kami tidak akan mengganggu tapi Jangan coba2 menggganggu..
        Jangan coba2 mengusik harimau yang sedang duduk manis kalo tidak mau menanggung akibatnya.

        Orang bali dilampung pamer akan kekebalan dan kesaktiannya..emangnya orang lampung gak punya kayak gtu…tapi kami tidak pamer….sperti kalian yang sok jagoan…
        Semua ilmu itu milik tuhan…jadi kapanpun bisa binasa dgn skejap jika tuhan menghendaki…

        Orang bali yang merantau dilampung sok jagoan makannya berani karna ada sekampung makanya sok jagoan coba kalo dia merantau sendiri mana berani..
        Kami orang lampung merantau dimana2 berani walaupun sendiri.karna kami bukan pecundang…siap membela diri dalam keadaan apapun.
        Speri nenek moyang kami dahulu(SKALA BKHAK)

      2. Semoga pristiwa kemrin tidak terulang lagi Dan kita DAMAI selalu..Amin ya robbal alamin..

        HIDUP LAMPUNG

        (Bhineka tunggal ika)
        LOVE YOU INDONESIA

      3. Salam muakhi jama seunyini kham Lampung
        Jejama kham ngandan SANG BUMI KHUA JUKHAI
        LAMPUNG SAI.

  54. wooy udah2 ngpain sih sling sndr sono slng sndr sini kpn mao damai nya asal klian tau lampung dan bali adalah msh wilayah indonesia jdi tlng jngn lah brdbt lgi g ada untng nya tau g klian kta ini smua saudra ingt itu klian smua paham g klian…………………..???????????

  55. Saya orang Banyuwangi,tinggal dijombang dan kemudian hijrah di Pulau madura….. kalo masalah keberanian orang lampung,saya akui mereka paling berani di kandang sendiri…. saya menulis ini karena memang faktanya hanya 0,005% orang lampung yg merantau dan dikenal orang…. itupun bukan karena keberaniannya… sama seperti orang banten,persis…..silahkan agan2 liat dilingkungan sekitar…. paling banyak nantinya kita menemukan orang jawa,madura,sunda…..

  56. Udh2,,, indonesia hrus bersatu, lampung vs bali d gnti aja lampung vercis bali, dan sebaliknya, jadi jngn saling menghina, INGAT NEGARA LAIN MENTERTAWAKAN KITA, menunggu kehancuran kita, apa susahnya sih meneruskan perjuangan pahlawan kita, mari bli, minak, sama2 berdamai,,,,

  57. Bagi warga lampung yang beretitut primitif buka kan lah pintu hatimu.kita semua satu stop kekerasan.from jabar

  58. Babi Kok Di Makan Hahah….. Di Bali Itu Banyak Gigholo Kwkw Bali Terkenal Gigholo Nya hahaha Pohon Kok Di Sarungin Mau Sunat Apa? Patung Di Sembah Knapa Gak Sekalian Aja Kuburan Lu Sembah………
    Kalo Bali Mau Keluar Dari Nkri Silahkan gak Ada Yg Larang Kook

  59. bali merdeka………..?
    mimpi kali yee………..
    udah siap beli genset…….
    do bes tegeh ngelah munyi pasokan listrik masih mengandalkan jawa nu inget laat kabel listrik bawah laut pegat
    bali mengalami pemadaman bergilir, padahal dari 4 saluran cuma satu yang putus, mungkin perlu tiyang ingatkan kalo ombak diselat bali besar dan penyebrangan gilimanuk ditutup kita kelimpungan sing ngidang mebelanjo kalopun ada barang pasti mahal, kita harus sadari bahwa kita masih sangat tergantung dan menyusu dari pulau jawa semua yg terjadi karna karma kita memperlakukan orang etnis lain dibali yg terkadang sangat tidak manusiawi contohnya kipem diindonesia bagian manapun tidak ada warga negara indonesia yang ditarik pajak karena tidak punya ktp daerah setempat, diindonesia manapun tidak ada sweeping warga diperumahan penduduk yang mencari warga yang bukan putra daerah, dan semuanya ujung2nya duit, kita semeton bali harus berkaca, kita harus merubah sikap selama kita masih berperilaku jahat kepada perantau di bali, tiyang yakin akan ada orang bali yang di jahati orang diperantauan

  60. saya juga orang sumatera, tapi jijik melihat orang lampung, orang lampung itu PEMALAS, kalau ada orang dari daerah lain lebih berhasil dari mereka, maka Orang lampung Asli itu akan IRI, memang saya akui Orang lampung iti tidak baik wataknya, PEMALAS, dan mau kerja cumq mau yang kerja nya enak dan cepat kaya, seperti tukang begal, Merampok, maling, itulah orang asli lampung, ini fakta yang saya lihat, ORANG LAMPUNG pemalas, tapi iri melihat suku lain lebih maju. hai kalian Orang
    lampung bekerja keras lah kalian jangan jadi PEMALAS. dan IRI sama orang lain yang lebih rajin dan pasti berhasil dan Maju.

  61. buat putu yg ‘bukan org bali’ tolong diingat bali penyumbang terbesar devisa negara, apa mau dibilang negara menyusu pada bali? klo mau bali juga bisa membuat pembangkit listrik sendiri. bali salah satu tujuan wisata dunia jadi wajar bila keamanan diperketat dengan adanya sweeping ktp bagi pendatang. mau terulang kejadian bom bali? sangat banyak oknum teroris yg ingin menjatuhkan bali tapi skali lagi Hyang Widhi itu ada dan bali tetap menjadi tujuan wisata dunia. ingat jangan jadi takut karena minoritas dan jangan jadi benar karena mayoritas. singkirkanlah sifat IRI HATI… tidak ada berhasil itu tanpa kerja, hasilnya diterima dengan iklas, toh kita mati ga bawa harta tapi karma.
    -dirgahayu Indonesia-, salam damai

  62. .jika di disuruh memilih antara lampung dan bali maka pilihan banyak jatuh di lampung yang harus keluar karna bali lebih menguntungkan tapi tunggu dulu jika lampung keluar mka kerugiannya sangat wow pihak asing berebut ingin mengasuh lampu karna lampung bisa lebih menguntungkan dari segi pertanian jika di perbaiki oleh pihak yang punya dolar dari segi keindahan lampung sangat istimewa dengan pantai yang indah seperti di teluk kiluan yang banyak lumba2 kalau di pefbaiki oleh pihak yang punya dolar maka sangat istinewa belum lg dengan bukit hijaunya gunung2 yang masih sangat hijau ada gunung pesagi ,tanggamus,rajabasa dan gung seminung . belum lg dengan tambangnya didalam perut bumi ..jadi jngan terlalu mudah ingin membuang salah satu wilayah yang sangat kaya sekali lg lampung bukan timor2 yang emang miskin .
    Masih banyak keindahan dan kekayaan lampung ya g gk di tulis jadi mohon pngrtianya untuk komen yang di atas ingin membuang lampung ..sekali2 jalan2 kelampung ..terimakasih nkri harga mati!!!!

  63. Lampung begini begitu kita tidak bisa menghinaya karna mereka memang yang punya lampung ..setau saya dulu lampung gk kayak skarang merka dulu sangat menjaga adat istiadat dan alam mungkin keserakahan lah membuat merka cendrug berubah bukan berarti iri ..karna selama saya dulampung belum pernah menumukan orang lampung yang kelParan sampe ngemis dijalan ..
    Kalau iri bukan sifatnya karna lamptidak agresif bersaing ..seharunya anda dalami dulu prilaku orang lampung g
    Saking akrabnya mereka dengan kami bahasa kami bahasa jawa mereka sangat pandai berbahasa jawa coba kalau daerah lain boro3 jkalau tidak percaya silahkan keliling sumatra ..orang sumatra yang mana yang pandai.menghargai pendatang ..

  64. orang bali itu pemalas,,kalah bersaing dengan pendatang,,kerjaanya hanya mlorotin duwit bule ama cewek jepang,,,tapi turis sekarang udah pada tau…orang bali cara nipunya halus,,,seperti apa kata teman saya dari luar negri…..dan orang bali bodoh2.dia piker dunia hanya bali,,katak dalam tempurung..orang bali nggak nyadarkalau kebutuhan pokok paling bayak sebagian di ambil dari jawa…..

  65. Maaf saya gg setuju bali di bantai
    Apa kalian gg berpikir loc kalian bantai bali kalian bisa membunuh orang muslim asli di bali ada muslim asli bali bukan pendatang jika kalian bantai sma sja kalian bunuh saudara kalian
    Tolong orang bali jngan menghina nabi kami

    1. Banyak kali orang2 bodoh yang sok pinter, komen inilah itu lah nyuruh LAMPUNG keluar dari NKRI lah memang nya segampang omongan apa keluar dari NKRI butuh dollar dan banyak nyawa jika ingin melepaskan diri dari NKRI apa mereka tidak tau Slogan TNI. NKRI HARGA MATI. Aceh aja gagal jadi negara sendiri , Alhamdllah kami bersukur jika Kami. Di lepas kan dari NKRI , untuk bali yg inginkeluar dari NKRI apakah mereka mampu dan memilki kekuatan lebih untuk menang perang melawan NKRI , mikir pakai oatak dong sebelum ngomong jangan asal gonggong aja, untuk anjing 2 yang menghina Lampung teruma yg tinggal di lampung. Apakah mereka tidak di beritahu oleh kakek buyut mereka dahulu tentang. Ada nya sebuah. PERSATUAN LAMPUNG PESISIR
      ( PLP. ) Yang melarang orang jawa masuk tanah lampung jika mereka masuk hilang kepala. Karena apa leluhur kami dulu tau
      Jika tanah Lampung di masuki orang2 dari seberang Laut akan ada banyak musibah baik pertentangan suku, dan tanah lampung akan di kuasa pendatang. Tapi persatuan itu akhir nya di bubarkan dengan di saksi kan Langsung oleh presiden SOEKARNO di Kota Agung Tanggamus dan SOEKARNO sendiri menjamin tidak akan ada yang namanya pengusaan atas tanah Lampung tapi apa yg di takut kan buyut2 kami dahulu ternyata sama persisi dengan apa yg terjadi sekarang apakah kami salah mempertahan kan PIIL PUSENGGIKHI yang di wariskan puyang2 kami dahulu kala, disaat kami dilecehkan di BUMI LAMPUNG tentunya kami tak kan pernah diam bila menyangkut. PIIL. PUSENGGIKHI sampai kapan pun sampai anak cucu kami habis dari muka bumi ini

      Damai LAMPUNG KU

      SALAM. MUAKHI
      LAMPUNG. SAI
      SANG. BUMI. KHUA. JUKHAI

      1. Maaf nyela sebentar . Saya orang bali . Mohon maaf kalau banyak pemikiran tentang kami yg buruk di mata kalian . Sepertinya kami tidak tau , sama seperti kalian , kami tak paham apa yang bisa membuat kalian merasa di hormati dan kalian juga ga tau apa yg membuat kita saling menghormati .. Yang terjadi biarlah terjadi jadikan pelajaran . Saling menghargai akan menjadi hal yang lebih baik . Coba saja pergi ke bali . Takan ada satu orang pun yang mengancam nyawa kalian. Semasih kalian berbuat sewajarnya . , kami bukan mayoritas tp kami menjungjung tinggi persaudaraan . Di rumah saya sangat banyak orang jawa .sumatra . Kalimantan . Cuman kami hidup rukun karna saling menghargai …. Maaf apa pun yang terjadi kami takan terpancing oleh dunia maya, kita hidup bukan untuk mempermasalahkan ras , agama suku , atau apalah yg membuat kalian koar2 . Yang pasti bali takan pernah menjadi tmpt pembantaian bali tetaplah bali . Kalian datang kami sambut kalian pulang kami antar . Itu karna kami menghargai saudara kami . Di sini juga sangat banyak orang dr luar bali tp kami tak pernah mengusik mereka . Malah mereka melebarkan sayap . Entahlah . Kami akan tetap bukam dan diam atau menjadi seperti kalian . Tergantung kemampuan kalian menghasut kami . Tp ingatlah. Ada banyak orang yang lebih baik dari kalian maka dari itu pikirlah sebelum komentar terimakasi

  66. Saya orang lombok suka damai..kami semua cuman bisa mengingatkan doang, kita semua saodara, yang penting gia mna caranya kta majukan indonesia, dan menciptakan kedamaian di lingkungan kit…

    1. klo sya jdi orang lmpung mungkin juga demikian…hormatilah penduduk asli jgn miara babi smbrngan myoritas lmpung tu islam anda hrus menghargai itu juga jgn trlalu exslusif dlm kelompok mu sendri jadi kurang kau bersosialisasi jagn kau bngun pura prsmbhn di dpn rumah anda tau kan lampung itu bnyak orang islam?di bali pun punya aturan exslusif tiadak boleh orang yg ke bali menybleh sapi tidak boleh kluar rumah jika ada upacara nyepi dll aturan di lmpung pun anda hrus tau dan memahami bgemana orang isalm tentu bda dgn kalian hindu hormatilah itu jika klian mau di hormati #dame

      1. Orang luar Di bali termasuk lampung buat sate sapi di bali kami biasa , sedangkan kami gorok babi disana di marah . Apakah itu yang namanya menghargai ?

    2. klo sya jdi orang lmpung mungkin juga demikian…hormatilah penduduk asli jgn miara babi smbrngan myoritas lmpung tu islam anda hrus menghargai itu juga jgn trlalu exslusif dlm kelompok mu sendri jadi kurang kau bersosialisasi jagn kau bngun pura prsmbhn di dpn rumah anda tau kan lampung itu bnyak orang islam?di bali pun punya aturan exslusif tiadak boleh orang yg ke bali menybleh sapi tidak boleh kluar rumah jika ada upacara nyepi dll aturan di lmpung pun anda hrus tau dan memahami bgemana orang isalm tentu bda dgn kalian hindu hormatilah itu jika klian mau di hormati #dame

  67. Tempat tinggal saya memAng ∂ɪ̇ lampung tapi saya sangat beci sama orang lampung,orang lampung itu suka sok2an bisanya keroyokan kalo ngomong asal asalan suka ninggi2in daerah dia dari pada daerah daerah orang,udah kalo nggak orang lampung sembeleh aja semua

  68. Lampung itu indah dan bali itu juga indah tapi akan lebih indah bila sobat memakai Macam 2 batu ini :
    onesia dan Internasional
    NO INTERNASIONAL : INDONESIA
    1. Biru Lazuardi : Lapis Lazuli
    2. SunStone : Biduri Surya
    3. BloodStone : Akik Darah/Naga Sui
    4. Rose Quartz : Kuarsa Mawar
    5. Rock Crystal : Kecubung Es
    6. Green Jasper : Badar Lumut
    7. Emerald : Zamrud
    8. Ruby : Merah Delima
    9. Tiger’e Eye : Mata Macan/Biduri Sepah
    10. Green Obsidian : Zamrud Kalimantan
    11. Hawk’s Eye : Mata Elang
    12. Bixbite : Red Beryl
    13. Idocrase : Sungai Dareh/Bio Solar Aceh
    14. Chrysocolla : Batu Bacan
    15. Opal : Batu Kalimaya
    16. Agate : Akik
    17. Jade : Giok
    18. Rhodochrosite : Ruby Borneo
    19. Pearl : Mutiara
    20. Iolite : Safir Air
    21. Kyanite : Safir Australia
    22. Diamond : Intan/Berlian
    23. Amethyst : Kecubung
    24. Smoky Quartz : Kecubung Teh
    25. Prasiolite Quartz : Kecubung Hijau
    26. Pyrite : Badar Emas
    27. Petrified Shell : Kol Buntet
    28. Textite : Batu Meteor
    29. Chalcedony : Yaman
    30. Red Jasper : Ati Ayam
    31. Petrified Sea Coral : Badar Tawon
    32. Labradorite : Laburador
    33. Turquoise : Pirus
    34. Cat’s Eye : Mata Kucing
    35. MoonStone Feldspar : Biduri Laut
    36. Rutilated Quartz : Kecubung Rambut
    37. Moonstone : Biduri Bulan
    38. Chalcedony : Spritus/Lavender

  69. suku lampug dari dulu hingga sekarang selalu saja bikin ulah, mereka memang tidak suka dgn pendatang yg mayoritas lebih berhasil. dan utk thn 2015 ini bisa dilihat lagi siapa sebenarnya biang kerok nya, beberapa bentrokan sering terjadi dilampung timur dan lainya, masalah maling aja org lampung belain sampe menyerang membakar rumah rumah yg menangkap maling yg mayoritas pendatang. memang tidak semua org lampung, yg saya katakan hanya sebagian termasuk yg mendukung penyerangan. semoga warga pendatang semunya bersatu demi keamanan di lampung.

    1. Bersatulah kalian pendatang bila memang memiliki nyali dan banyak nyawa untuk menantang perang ulun lampung bisa kita bukti siapa yang lebih superior

  70. kalo mau perang pergi aja noh palestina, sekarang jamannya bercinta karo golek duit(cari uang) tp kerja dg halal.

  71. mau sampai kapan negara kita seperti ini ?? ayo lah negara kita negara yang multikultural sudah seharusnya menghormati suku bangsa lain dan jngan ada perpecahan karena SARA

  72. ASS..WR.WB.SAYA IBU RITA TKI HONGKONG INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA MBAH GENEP,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN MBAH SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN KEBUN YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH GENEP,YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA 4D HONGKONG KEPADA SAYA DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI NO HP: (((085-110-369-888))) MBAH GENEP JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL MBAH GENEP SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI..
    • لالله�أشهدألاإله إلاالله،وأشهدأن محمدرسوالله

  73. di tempat ku orang jawa,orang balli,orang sunda.dan berbagai suku lain nya hidup berdampingan ma orang lampung ( orang pribumi) tentram tentram aja tu,,malah kalok ada kesusaha di suatu suku,,suku suku yang lain ikut membantu,termasuk suku lampung,,begitu pun sebalik nya,,kami warga sekampung,cinta damai

  74. sering-seringlah bermusyawarah,,,,,,bergaul antara orang lampung dan orang bali atau yang lainnya, saling memahami dan menghargai perbedaan-perbedaan, semoga damai lampung seterusnya. jangan lagi ada pembunuhan. orang lampung jangan alergi sama orang bali atau orang indonesia lainnya. harus saling menghargai, bermusyawarah. jangan sedikit-sedikit pakai senjata. sebentar lagi orang asean bebas masuk indonesia untuk mencari kerja.

  75. Sebagai warga negara indonesia,kita harus bersatu jgn trpch blah sprti ini, klw kita trpcah blah sprti ini yang ketawa dan bhagia siapa coba? “BELANDA DAN NEGARA YANG LAIN” diam2 mereka mentertawakan kita, jdi stop “RASIS” dan stop “SARA”

  76. Saya orang jawa, dan saya memang tinggal di lampung, mnurut sya orang lampung tu sngat welcome dngan pndtang, dan mereka mnghrgai prbdaan, jdi sya tdak stuju jika warga lampung tu membnci dan tdk toleran trhdap wrga (suku) lain, karna gelar indonesia mini sdah di dapatkan oleh lampung, tu adlah slah satu bukti keramahan dan kebaikan warga lampung!

    1. asal kalian tau, pas perang bali nuragha banyak orang bali yg tewas. di media ditutup2’in.. cuma beberapa org.. padahal kenyataan nya banyak mayat org bali yg di masukin sumur.. di cincang-cincang.. ada org bali kata nya punya rawa rontek apalah, sama org lappung mati juga, kepala nya diledakin make bom ikan… rumah2 pada dijarahin… tapi sayang nya bali yg lain, yg ada di lampung pada menutup mata. mereka malah memampuskan sodara sendiri. bilang nya itu mah bali kasta terendah.. tetek bengek lah. lucu bali ini gak kompak.. aturan sodara sendiri mau salah atau bener dibela ini engga. bali bali mati aja lo jadi hantu. salah yg bilang org lampung berani nya keroyokan. kemaren gua ke jkt ada 2 pengamen minta uang, gua kasih 2 rb.. dia malah minta 15..? lah gua jenturin pala mereka ke korsi bus, gua di pantek make gitar sampe ngeliyeng pala gua.. gua ambil balik gitar nya, gua pantek balik salah satu pengamen itu sampe bubarf gitar kentrong nya. dan akhir nya ada ketua pengamen itu nyamperin gua, nanya asal gua dari mana..? gua bilang saya dari lampung bang, gua udah baik ngasih diaorg malah tua. dan akhirnya abng itu dan para peluncur nya minta maaf ke gua.. malah dia bilang, kapan2 main dek kesini. gua kasih tau, jangan sekali kali buat org yg suku nya lampung naik pitam, gua kasih tau dia rela mati konyol untuk mempertahankan sesuatu apa yg dia ingin pertahankan. contoh nya ngejaga harga diri. mau kata nya lo alingdarma tah gakada urusan kalo lo buat dia gak nyaman. jujur dalam lubuk hati yg paling dalam, gua Bersyukur dan BANGGA terlahir di suku Lampung. Walaupun bukan lampung asli. campuran Lampung palembang padang. tetap gua cinta suku lampung. mau orang luar nilai jelek tentang suku lampung.. jiwa raga gua udah menyatu dengan suku ini. orang yg suku nya lampung itu mempunyai karakter dan kharisma yang tidak dimiliki suku lain. assallamualaikum.

      1. Utk Sdr. Relvin fadilah Melihat komentar anda yg begitu congkak & sombong dengan menjatuhkan suku bali dlm kemonentar anda, sy sangat prihatin dgn generasi penerus bangsa ini khusus’nya seperti anda yg tidak menghargai bagaimana dulu para leluhur pendiri bangsa ini menumpahkan darah & mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan.
        Sy juga membaca anda menyombongkan diri atas suku anda suku lampung, oke mari kita lihat sejarah Nusantara ini dari zaman Majapahit maha patih gajah mada tidak bisa menahlukkan bali dlm pertempuran yg dipimpin oleh maha patih Kebo Iwa hanya dg tipu daya beliu bisa dikalahkan itupun karna menyerahkan diri, ada Patih I Gusti ketut Jelantik yg terkenal dlm perang Puputan melawan belanda, & yg paling terkenal ada di pecahan uang 50rb yg mungkin sering anda gunakan. I Gusti Ngurah Rai yg terkenal dlm perang puputan margarana melawan belanda.
        Di bali mengenal Puputan atau Pertempuran sampai titik darah penghabisan yg sudah ada dari zaman nenek moyang dulu.
        & di zaman skrng ini persatuan masyarakat bali sangat kuat sekali dg banyak’nya Ormas” bahkan salah satu’nya sangat d segani sampai” di angkat oleh media nasional & sejajarkan dg Yakusa jepang, & yg paling mengeringkan adalah Leak Bali yg bahan juga di takuti oleh org bali. Sekali lagi sy tidak ingin membandingkan kekuatan antar suku sy hanya ingin sedikit memberi tahu anda tentang bali agar anda tidak berbicara seenaknya mengatas nama’kan suku anda seolah” semua suku anda seperti anda.
        Semoga generasi bangsa ini tidak seperti anda!!!

  77. Saya sangat setuju dengan postingan diatas, buat perbedaan menjadi kekuatan dan keanekaragaman bangsa.
    saya sebagai orang lampung juga kecewa atas tindakan orang lampung kepada bali, saya tidak menampik banyak orang lampung yang bodoh dan mengandalkan otot, banyak orang lampung yang emosional dan anarkis seperti itu termasuk di desa saya sendiri.
    banyak diantara pemuda lampung yang bangga dengan nama kotanya tapi tidak mau mengharumkan nama kotanya.
    jika di bilang orang lampung bodoh, toh itu memang faktanya, saya selaku orang lampung tidak menampiknya.
    catatan :untuk teman-temanku orang lampung, balaslah caci maki dengan prestasi bukan dengan adu besi, jika tidak ingin di bilang “bodoh” maka buktikan dengan cara yang baik.
    jangan hanya bangga dengan nama Lampung, sambil menghisap batang rokok yang dapat ngutang

  78. bentroknya di bunga mayang lampung utara. …tv2 orang jawa dijarah…sapi orang jawa dibunuh kambing dibantai…apa gx gila itu orang lampung…hah pusing saya mikirin orang lampung

  79. bukanya handak umpat campur kita nih bangsa indonesia jngan nang handak maninmpas org bali org bali nih bngsa indonesia jua,,jngan main timpas haja kada kasian kah bebuhan ikam nih…ampihakan ja membantai org bali,,,damai ja lagi kada usah habut beklahian

    1. Yeah sudah bukan soal bali or lampung dasar etika individual nya yg harus di latih …PAKAIlah ilmu padi ..sudah hebat yah merunduk ajaa….kalian semua punya tuhan masing_masing ….biar tuhan yg tahu…apa yg kita perbuat ada balasan nya nanti…buka wawasan kalian semua …berfikir lebih maju…tuk di kedepan nya semakin rukun dan maju….

  80. Sy setuju dgn kedamaian,tlng para petinggi di lmpung untuk memberi pengarahan kepada pnduduk pribumi,jgn mendiskriminasikan pndatang,bgaimana mau maju sbuah daerah kl warganya ribut trs,tlng hormati pndatang krn kami ikut mndukung kemajuan provinsi lmpung..kami ikut pilkada,jd kami jg punya hak untuk hidup bebas di lmpung,tanpa diskriminasi,sy mewakili suku jawa,hidup lampung

  81. Orang Bali Sifatnya keras kepala dialah yg merasa paling hebat sbg Pengikut Dewa lebih hebat dan sakti dgn membandingkan Malaikat lebih rendah kedudukanya drpd Dewa. Org Bali di Lampung kompak itu yg lg dipersiapkan lagi kalau mereka adalagi terjadi masalah. Dan Org2 Bali di Lampung siap menguasai Lampung dan menganbil alih Lampung menjadi Daerahnya Bali ke 2…. Org Bali di Akun2 mereka selalu memjelek-jelekkan Lampung dgn tabe’atnya dan Islam dgn vonis teroris…. Congor org2 Bali tukang mengompori/provokato.

  82. Memang orag bali itu sangat2 kelewatan kalo di daerahnya sok jagoan dan karakter orang bali itu provokatif, percaya apa ??? kalo nggak percaya silah kan ke bali, rasakan ke mereka mendiskriminasi suku-suku yang ada di indonesia, seolah2 dia orang bali paling bener, paling baik, padahal semua kebalikan dari oomongan orang bali selama ini yg selalu bilang bali low profil, itu semua omong kosong saya ada tugas ke bali 3 bulan, dari kantor saya sangat merasakan kalo orang bali senang memusuhkan suku2 lain yang ada di indonesia, biasanya orang bali bilang suku2 yg ada di indonesia suku jawa mau ambon, papua, medan pasti disebut jawa… maklum bali kurang pengalaman di luaran. terbiasa sok2an di daerahnya sendiri merasa hebat dan merasa paling pinter.

    Orang bali juga banyak masalah di dalam bali sendiri, mulai dari segerombolan anak2 sma di bangli jadi komplotan curanmor, sampai pemerkosaan sapi oleh seorang kakek2 di singaraja, melakukan penipuan uang kesesama orang bali, kasus kasus lain juga banyak jangan bilang saya nggak tau bali, saya tau itu semua karena pelajarin karakter orang bali selama saya di bali.

    Orang bali nggak banyak menyembunyikan kasus kejelekan pribadinya sendiri dan di dukung sama orang bali itu sendiri, karena orang bali senang menyembunyikan bangkai di tanahnya sendiri.

    saya sendiri berfikir dulu sebelum ke bali, sangat positif dengan orang bali, “yang katanya ramah, sopan, dll lain2 yang bagus tentang orang bali” omong kosong semua itu. selama itu saya hanya mendengar sepihak dari oknum.

    Fakta kalo orang bali sering membuat ulah itu iyah, naik motor ngebut di jalanan kecil pake knalpot bising, sok gagah badan di tegap2in dipikir semua orang pada takut kali yah???

    Penjara kerobokan penjahat orang bali banyak banget, tapi penjahat kampung…mereka itu sok banget menguasai penjara kerobokan…. saya berharap sebagian orang bai yang preman2 laskar2 di kirim ke penjera ke luar bali biar mampus kalo sok2an….

    jujur saya benci banget sama orang bali sekarang ini….dari seluruh propinsi yang ada di indonesia cuma bali aja yang saat ini saya benci karena sok2an orang bali di daerahnya sendiri……

    alam bali bagus, tapi nggak sama orang2 bali lokal bali… orang lokal bali busuk nggak seindah alamnya….

    kalo bali mau merdeka, silahkkan ajukan diri ke PRESIDEN dan DPR RI biar di bahas. abis itu di buang dari indonesia….

    sok merasa bisa maju. hahahaha mimpi orang bali tolol…tanah orang bali yang beli orang jakarta dll. orang bali di kasih makan sama pendatang… sok2an goblok bali.

  83. salam buat orang lampung dan salam buat orang bali saya orang sunda maaf buat orang bali gak semua orang yg kau pikir jelek itu jelek dan yg baik blum tentu baik sekarang gini gua nanya sama kalian semu apa diri kalian ituh udah benar jadi jangan asal ngomong negri ini satu semua harus bisa saling menghargai dan jangan menghina semua manusia punya perinsip masing” dan pemikiran masing” kalo kalian bilang di daerah lampung banyak maling apakah di daerah kalian gak ada orang yg maling atau membunuh kalian pikir seindonesia itu banyak macam” manusia dan berbeda perinsip jadi gak usah saling meng hina apa di bali gak banyak lonte dan sebangsa nya lebihh banyak orang bali yg jadii lonte sekarang gak usah saling menghina kalian sopan kami sopan dan urusi diri kalian supaya benar.

    salam hangat untuk lampung

  84. Maaf y buknx sya nylahin orng lampung.ya sya hrap orng lampung hrus jga tatak rama..sopan.jgn sombong..ya jujur y dri pnglmn sya…sya pernh pcran dg orng lampung mnis di depan akhirny sya di jadikn lapp…gk puny hti..ya sya pingn klo ad masalh itu muswarah dg kluargax.tp mereka lbih baik tertutup tanpa memikirkn dri sya..pdhl sy pingin muswarah .hnya untk mnta maaf.tp y gtu deh ogis mereka terllu tinggi

  85. balii itu bodohh makanan nya anjing, babi udah tau gk baik buat kesehatan malah d makann, truss bikin patung yg tangan nya banyak mereka yg bikin mereka yg nyembah emg goblok, tolol musnahin ajhh tuh org balii sampe ke ank2 nya bakar habis kya bakar sampah gk ada yg tersisa satu pun, buat lo org bali semuaa suku gak sukaa sama lohh karna muka nya persis ky babii,, makan tuh taik orang lampung sama org bali hahaahaa,, andaa sopan kami pun segaannn buat orang bali budak setan ibliss cuihhhh makan tuh kotoran orang lampung sm klian org balii

  86. Suku lampung cinta damai dan menghargai semua suku tapi kadang2 suku bali tidak bisa menghargai adat istiadat setempat dan tdiak bisa menjaga prilaku yg baik dan tidak bisa menjaga mulut seenaknya melecehkan adat istiadat lampung

    Bukan hanya itu suku bali tidak menghargai agama yg di anut suku lampung yaitu islam selalu masjid yg di rusak dan rumah adat
    Kami terlalu sabar karena prilaku bali yg tidak bisa menghargai ada istiadat setempat dan semena mena

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s