Nervous … Bagaimana cara mengatasi rasa gugup

Nervous euy kata seseorang yang mau tampil di depan pangung.Bisa itu sebagai MC ataupun memberi kata sambutan pada acara perayaan. Apakah anda pernah seperti itu? Nervous atau yang dalam bahasa indonesia sehari hari adalah gugup.Gugup adalah pikiran negatif atau ke khawatiran terhadap kemampuan diri sendiri yang mengangpa diri kita tidak mampu dalam melakukan sesuatu. Sebenarnya nervous atau gugup ini adalah hal yang positif bila kita bersikap lebih tenang dan yakin akan mampu melewatinya maka level kita akan terupgrade dengan sendirinya.

Banyak pembicara ulung atau penampil juga sebelumnya pernah mengalami hal seperti nervous atau gugup tapi mereka bisa melewatinya dengan baik. Dengan keyakinan penuh dan percaya diri yang baik maka nervous atau gugup bisa dilewati dengan baik. Untuk itu anda merasa nervous atau gugup tinggalilah rasa ragu ragu terhadap kemampuan anda. Karena keraguan itu akan mengerus kepercayaan diri kita.Lalu bagaimana cara mengatasi rasa gugup (nervous) tersebut

Tips Bagaimana cara mengatasi rasa gugup (nervous) :

1. Persiapan ,tentu saja persiapan lakukan persiapan ini dengan santai anda perlu persiapan apa saja yang akan dilakukan, bahan bahan yang akan di bicarakan dan tanyalah kepada yang lebih dulu atau yang berpegalaman.

2. Lakukan uji coba atau latihan bila anda akan tampil ke depan pangung atau di forum forum tertentu. Cobalah simulasi terhadap apa yang akan anda lakukan.

3. Tenang/rileks bersikap tenang lakukan pernafasan perut beberapa kali selonjorkan kaki anda di sofa,tempat tidur atau di tempat tertentu.

4. Sugesti/keyakinan, yakinkan ke dalam diri bahwa anda mampu dan tidak akan terjadi hal hal yang buruk pada diri anda dan hal ini akan bisa dilewati dengan baik.

5. Berpenampilan yang baik rapi yang membuat kita nyaman agar kita lebih percaya diri.

6. Bersama orang yang kita sukai , kita akan merasa nyaman bila ada orang yang kita sukai ada di samping kita

Tentu saja tips bagaimana mengatasi rasa gugup atau nervous banyak sekali . Bagi yang membaca silahkan tambahkan di kolom komentar. Bila banyak hal telah dilakukan ya tidak ada lagi hal yang dilakukan yaitu berdoa dan angaplah kita sudah melakukan langkah-langkah yang benar. Apakah anda pernah merasakan nervous atau gugup. Yang jelas coba apa hal yang terburuk pada diri anda bila merasa gugup? apakah nyawa anda melayang, atau anda masuk rumah sakit? Insya Allah tidak ada hal-hal yang buruk pada diri anda. Oke selamat pagi semoga Sukses . wassalam

Semoga artikel Nervous … bagaimana cara mengatasi rasa gugup bermanfaat. Silahkan tambahkan menurut pengalaman anda yang berkaitan dengan nervous atau gugup.