Manfaat Alang-alang untuk mengobati hepatitis,saluran kemih dan ginjal

Seingkat saya dulu ketika masih duduk di kelas 2 SD kami adalah anggota pramuka di suruh oleh guru kami untuk mencari alang-alang. Sang ibu guru bilang bahwa manfaat alang-alang adalah bisa mengatasi sulit buang air. Alang-alang mudah di cari  di tanah-tanah kebon bahkan lapangan yang tidak dibersihkan juga banyak. Di bawah ini adalah tulisan mengenai Manfaat Alang-alang untuk mengobati hepatitis,saluran kemih dan ginjal :

Alang-alang atau dikenal dengan nama latin Imperata Cilindrica, adalah jenis tanaman yang termasuk dalam kategori semak, menguasai semua permukaan tanah di daerah tropis yang terbuka, karena sifatmya yang menguasai semua tanah terbuka maka disebut “Imperata” dan karena batangnya yang bulat panjang maka diberi nama “Cylindrica“.

Mungkin semua orang tau tanaman ini, karena sangat mudah menemukannya dilahan/tanah terbuka dan masyarakat kebanyakan hanya mengenal sifat keburukan dari tanaman ini, bukan saja karena kategori semak tapi alang-alang ini batangnya menjulur masuk ke dalam tanah dan tumbuh saling kait mengait satu sama lain yang pada akhirnya menyebabkan tanah/lahan sulit untuk di olah, bukan hanya itu batang alang-alang yang terbabat oleh arit,pacul bahkan mesin pembajak tidak serta merta membuat alang-alang  mati dan hilang, tapi dia akan tumbuh kembali menguasai tanah/lahan kosong tersebut.

Tanaman alang-alang ini tidak mudah mati hanya kekurangan nutrisi tanah atau kekurangan air seperti tanaman lain,  alang-alang akan tetap bertahan, tapi mengapa alang-alang dianggap musuh bukan saja bagi para petani tapi juga bagi masyarakat, itu karena banyak unsur hara tanah tercuri oleh alang-alang sehingga tanaman produksi para petani menjadi kurus sementara alang-alang tumbuh dengan subur.Berikut gambar alang-alang tersebut :

alang alang

Tapi Tahukah Anda Manfaat Alang-Alang…?

Sifatnya yang tumbuh di tanah/lahan terbuka, secara alami menjaga tanah/lahan terbuka dari bahaya erosi yang disebabkan air hujan, disamping itu banyak sekali manfaat alang-alang ini bagi kesehatan manusia bahkan mampu mengatasi penyakit-penyakit ringan sampai penyakit cukup berat yang sering kali diderita oleh manusi.

Efek Farmakologi, dari alang-alang ini :
bersifat diuretikum, anti piretik (menurunkan panas), hemostatik (menghentikan/mengurangi pendarahan) dan amampu mengurangi rasa haus.

KHASIAT :

  • Infeksi saluran kemih
  • Hepatitis akut
  • Radang ginjal akut
  • Muntah darah
  • Mimisan

Didalam pengobatan suatu penyakit, alang-alang efek penyembuhannya akan lebih efektif jika dikombinasi dengan herbal lain yang saling menunjang seperti dengan samboloto yang bersifat anti biotik atau dengan tapak liman untuk mengatasi radang ginjal kronis , alang-alang dapat dikombiasi dengan herbal lain seperti, pegagan, kumis kucing, temu lawak, sambung nyawa yang fungsinya saling melengkapi dalam pengobatan.

Maha besar Allah, tidak ada yang sia-sia apa yang menjadi ciptaaNya…..
ternyata dibalik sifat keburukan alang-alang yang menguasai tanah/lahan terbuka, dan kerapkali menjadi musuh para petani karena dianggap mencuri unsur hara tanah yang diperuntukan tanaman produksinya alang-lang menyimpan manfaat yang begitu besar baik bagi alam dalam mencegah erosi dan manfaat bagi pengobatan penyakit yang menakutkan dan sering kali menimpa umat manusia.

BACK TO NATURE” kini pengobatan herbal sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena sifatnya yang aman bagi organ tubuh karena tidak mengandung kimia sintetis yang bersigfat sebaliknya jika dikosumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa menghubungi blog exbunderan.wordpress.com

Iklan