Apakah kita pernah merasa sulit memusatkan perhatian (konsentrasi)berkonsentrasi karena terlalu banyaknya beban yang kita pikul. Seringkali , sholat kita tak khususyu karena banyak hal yang dipikirkan sehingga sewaktu sholat tak mampu berkonsentari dengan baik.Bahkan pikiran kita menerawang kepada hal yang terakhir kita kerjakan atapun ada hal yang terlupakan. Apakah motor yang kita parkir sudah di kunci atau belum.Banyak hal yang membuat kita tak mampu dengan baik .

Pengertian konsentrasi secara umum adalah : sebagai suatu proses pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Artinya tindakan atau pekerjaan yang kita lakukan dilakukan secara sungguh-sungguh dengan memusatkan seluruh panca indra kita, penciuman, pendengaran, pengelihatan dan fikiran kita.Bahkan yang sifatnya abstrak sekalipun yaitu perasaan. Konsentrasi ketika mendegar Boss kita meyampaikan perintah pastilah harus kita dengar oleh telinga dengan memastikan bahasa dan perintahnya jelas dan pesan itu untuk siapa dan apakah itu perlu di sampaikan lagi oleh orang lain apa tidak. Ketika memahami kata perkata tentu harus paham betul arti kata yang di maksud, pendengaran kita harus mampu menyerap apa yang disampaikan boss kita. Sehingga maksud dan tujuannya sampai. Ketika kita memahami dengan pendengaran dan mampu mengerti apa yang dimaksud dengan bersungguh -sungguh mendegar serta memperhatikannya dengan sungguh-sungguh maka itu dinamakan konsentrasi.

Pada saat berkonsentrasi bisa jadi terganggu dengan suara bising kendaraan , orang bicara dengan suara keras ataupun kita sedang ada masalah sehingga kita tak dapat berkonsentrasi dengan baik.Dan ganguan seperti ini bisa menjadi kebiasaan bila kita tak berlatih konsentrasi dengan baik. Untuk itu memang perlu adanya pelatihan konsentrasi secara terus menerus dan belajar konsentrasi dengan baik. Dengan mencintai pekerjaan kita meyukai apa yang kita perhatikan memahami ketika orang berkata-kata , berempati terhadap kesulitan orang lain dan memperhatikan dan membaca dengan baik isi tulisan ini serta mengerti masud tujuan dari penulisan ini. Sehingga kita mau bersungguh-sungguh dan memaksimalkan panca indra kita dengan baik. hingga kita mampu berkonsentrasi.

Selamat berkonsentrasi

Iklan