konsentrasi


Apakah kita pernah merasa sulit memusatkan perhatian (konsentrasi)berkonsentrasi karena terlalu banyaknya beban yang kita pikul. Seringkali , sholat kita tak khususyu karena banyak hal yang dipikirkan sehingga sewaktu sholat tak mampu berkonsentari dengan baik.Bahkan pikiran kita menerawang kepada hal yang terakhir kita kerjakan atapun ada hal yang terlupakan. Apakah motor yang kita parkir sudah di kunci atau belum.Banyak hal yang membuat kita tak mampu dengan baik .

Pengertian konsentrasi secara umum adalah : sebagai suatu proses pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Artinya tindakan atau pekerjaan yang kita lakukan dilakukan secara sungguh-sungguh dengan memusatkan seluruh panca indra kita, penciuman, pendengaran, pengelihatan dan fikiran kita.Bahkan yang sifatnya abstrak sekalipun yaitu perasaan. Konsentrasi ketika mendegar Boss kita meyampaikan perintah pastilah harus kita dengar oleh telinga dengan memastikan bahasa dan perintahnya jelas dan pesan itu untuk siapa dan apakah itu perlu di sampaikan lagi oleh orang lain apa tidak. Ketika memahami kata perkata tentu harus paham betul arti kata yang di maksud, pendengaran kita harus mampu menyerap apa yang disampaikan boss kita. Sehingga maksud dan tujuannya sampai. Ketika kita memahami dengan pendengaran dan mampu mengerti apa yang dimaksud dengan bersungguh -sungguh mendegar serta memperhatikannya dengan sungguh-sungguh maka itu dinamakan konsentrasi.

Pada saat berkonsentrasi bisa jadi terganggu dengan suara bising kendaraan , orang bicara dengan suara keras ataupun kita sedang ada masalah sehingga kita tak dapat berkonsentrasi dengan baik.Dan ganguan seperti ini bisa menjadi kebiasaan bila kita tak berlatih konsentrasi dengan baik. Untuk itu memang perlu adanya pelatihan konsentrasi secara terus menerus dan belajar konsentrasi dengan baik. Dengan mencintai pekerjaan kita meyukai apa yang kita perhatikan memahami ketika orang berkata-kata , berempati terhadap kesulitan orang lain dan memperhatikan dan membaca dengan baik isi tulisan ini serta mengerti masud tujuan dari penulisan ini. Sehingga kita mau bersungguh-sungguh dan memaksimalkan panca indra kita dengan baik. hingga kita mampu berkonsentrasi.

Selamat berkonsentrasi


36 respons untuk ‘konsentrasi

  1. ASSALAAMU’ALAIKUM..

    KEPADA SAHABATKU… SAMBUTLAH UCAPAN DARIKU. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI PERTEMUAN YANG BESAR. JARI SEPULUH KU SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAHABATAN KITA.

    SALAM DUNIA, SALAM SEMUA, SALAM HARI RAYA EIDUL ADHA DAN SALAM PERPISAHAN “BERJARAK” DARI SAYA DI BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD-

  2. Konsentrasi sangat diperlukan dalam beribadah dan segala aktivitas. Namun untuk ketigaaxxx tak perlu ilmu konsentrasi karena malah akn memecah konsentrasi pekerjaan dan sholat kita..salam

  3. wah.. baca tulisan ini aku langsung konsentrasi….

    emang kadang susah bnget bisa konsentrasi…
    apalagi waktu sholat….
    pikiran sering melayang kemana2..
    semoga Allah mengampuniku dan menerima ibadahku 🙂

  4. Memang benar Kawan, kalau terhadap hal-hal yang kita senangi secara otomatis akan mudah konsentrasi. Jadi menjadikan shalat sebagai suatu yang sangat menyenangkan pasti berbeda hasilnya dengan menganggapnya sebagai kewajiban-meskipun wajib.
    Beberapa metode yang saya baca tentang shalat khusuk setelah dterapkan biasanya berhasil sesaat tapi akan mengendor lagi seiring waktu. Jadi memupuk konsentrasi + kesenangan batin saat shalat memang harus dilakukan secara kontinu.
    Hal diatas berlaku juga untuk kegiatan sehari-hari.

  5. konsentrasi mudah didapat ketika otak dalam keadaan ‘alpha’ yakni rileks dan senang. usahakan santai dan senang segalanya akan mudah dipahami

  6. Akhir2 ini aku agak susah berkonsentrasi, pintu baru aja dikunci eh..udah balik lagi buat meriksa. Sepertinya sih gara2 terlalu banyak melakukan kesia-siaan…hal remeh temeh… 😦
    Mulai sekarang…marilah kita belajar berkonsentrasi… 🙂

  7. teman saya pernah ikut latihan tenaga dalam. enam bulan cuma latihan konsentrasi doang. tapi anehnya, semakin lama setelah ia semakin bisa berkonsentrasi, nafsu makannya tambah besar. dari situ saya tahu bahwa konsentrasi membutuhkan energi yang tidak sedikit.

  8. sulit memang melatih kosentrasi. Seperti mengkotak-kotakkan pikiran. Tapi memang harus dilatih dan dicoba agar pas lagi ngerjain sesuatu tidak kepikiran hal lainnya. Thanks tipsnya 🙂

  9. kalau saya malah berpikir saya stress, entahlah saya merasa diri saya sekarang bukanlahs aya yang sebenarnya …saya terkadang bingung apa karena rasa kepenatan atau apa

    tapi ssaya selalu berusaha mencari tahu kenapa

    postingan ini setidaknya mengignatkan kondisi saya sekarang

    salam hangat mas

  10. makasih dah mampir di blog vanie, dan makasih juga komentarnya, penasaran siapa dia? hehehe, dia seorang akhwat yang saat ini sedang menuju Banjarmasin >___<, jadi sedih lagi deh hehehe

  11. aku sedang berkonsentrasi pada jiwa dan keberadaanku sebagai aku sendiri dan bukan blue……..maafkan aku y bang
    salam hangat sellauMet lebaran haji
    selalu ada doa untuk kebahgiaan abang sekeluarga

  12. Konsentrasi & fokus diri perlu terus dilatih..tidak akan datang sendirinya..
    Ada banyak caranya…!! sholat yg khusu”’,, latihan pernapasan…yoga.. dst..dst..dst
    Salam Hangat

  13. PEMBUKAAN:
    numpang baca dan komeng lagi.

    ISI:
    dan tulisan yang besar dan tebal seperti ini membuat saya jauh lebih mudah untuk KOSENTRASI

    PENUTUP:
    sekian.
    suatu saat saya akan kembali lagi ke tempat ini.
    senang bisa membaca tulisan anda.
    terima kasih.
    mohon maaf.
    😮

  14. kalau lagi serius n suasana tenang ga da pikiran, serta da kemauan, kita bisa berkonsentrasi,,tp pikiran ga on berisik,,, n ga da niatan yang sungguh-sungguh buat kita susah konsen

  15. Ping-balik: Kawanlama95's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s